Page 2 of 38 FirstFirst 123412 ... LastLast
Results 11 to 20 of 373
  1. #11
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Surabaya
    Posts
    27,420

    Default

    Quote Originally Posted by nouvoz View Post
    atau bahasa jawa nya gini nih

    AIDA is an acronym used in marketing that describes a common list of events that are very often undergone when a person is selling a product or service:

    * A - Attention (Awareness): attract the attention of the customer.
    * I - Interest: raise customer interest by demonstrating features, advantages, and benefits.
    * D - Desire: convince customers that they want and desire the product or service and that it will satisfy their needs.
    * A - Action: lead customers towards taking action and/or purchasing.

    Nowadays some have added another letter to form AIDA(S):

    * S - Satisfaction - satisfy the customer so they become a repeat customer and give referrals to a product.
    apakah semua hal di atas bisa dipenuhi oleh iklan?

    1. Attention/awareness (whatever...). kalo kamu lihat iklan di tv apa yang kamu lakukan? benar, cari channel yang lain.... kalo kamu lihat banyak iklan di suatu majalah, apa yang kamu pikir? "sialan, nih majalah banyak bener iklannya, rugi belinya...." kalo kamu dapat email iklan apa yang kamu lakukan? send to trash.....

    2. interest. apanya yang mau menarik kalo liat aja males. ok, mungkin ada merk mobil baru dengan iklan yang bagus. apa yang kalian pikir? "bener nih iklan....???" kalo kebetulan lihat iklan di tv sekarang, banyak adv agency saking kepingin jadi menarik, akhirnya malah berlebihan dan keliatan konyol....

    3. Desire. mungkin banyak yang iklan yang menumbuhkan keinginan kuat untuk membeli. tapi sampai berapa lama mereka mau membeli? tidak jarang orang yang beli tapi langsung kecewa.... sialan, guwe ketepu iklan nih.....

    4. action. ya, mungkin saja....

    5. satisfaction. what the hell? saya nggak pernah dengar ada perusahaan yang memuaskan konsumennya melalui iklan.....

    OK, apakah setelah memenuhi syarat di atas, sebuah iklan bisa disebut berhasil? ambil contoh rokok mustang? masih ingat? nah, itu iklan sangat berhasil. tiap orang pasti tahu, perokok pun mau mencoba. tapi kenapa sekarang produknya mati?

    ingat supertin? iklan yang "lho kok loyo.... cepat ambil supertin..." inget kan? suka kan? pesannya jelas kan? sekarang supertin kok gak ada (mungkin ada, tapi paling tidak sudah bertahun-tahun aku nggak lihat produk itu)?

    ayo, siapa lagi yang iklannya bagus tapi produknya mati. atau nggak ada yang ingat karena banyaknya iklan? ato karna gak ada iklan yang bagus?

    so, what the purpose of iklan?


    KAOS iOS 7....
    silakan pesan di sini : http://www.macclubindonesia.com/foru...23#post1367123

    ayo-ayo.... beli stiker apple di sini...
    http://macclubindonesia.com/forums/s...ad.php?t=50557


    silakan download majalah MciOS di newsstand Majalah MCI, gratissss....
    untuk versi pdf silakan download di majalahmci.imajalah.com



    mau konsultasi gratis atau sekedar main ke rumah, monggo.....

    Jl. Medokan Asri Barat RK V / N-11
    Surabaya

  2. #12
    Join Date
    May 2007
    Location
    kelapa gading
    Posts
    893

    Default

    makanya biar semua hal2 yg diatas bisa dipenuhi paling tidak medekati,
    makanya bikin iklan hrs sekreatif mungkin toh...

  3. #13
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Surabaya
    Posts
    27,420

    Default

    lho, yang aku bilang, walaupun sebuah iklan berhasil dan memenuhi kriteria di atas, tapi belum tentu membuat produk yang diiklankan jadi berhasil....

    malah aku pikir kok nggak ada iklan yang berhasil membuat produknya berhasil di pasaran.....

    bahkan banyak perusahaan yang tidak beriklan tapi sukses (salah satunya adalah biro iklan. pernah lihat iklan heboh dari biro iklan?), misalnya mercedez, microsoft, apple. yah, mereka beriklan sih, tapi kan jarang banget....

    perusahaan rokok yang gede paling-paling bikin iklan counter aja dari pemain-pemain baru....


    KAOS iOS 7....
    silakan pesan di sini : http://www.macclubindonesia.com/foru...23#post1367123

    ayo-ayo.... beli stiker apple di sini...
    http://macclubindonesia.com/forums/s...ad.php?t=50557


    silakan download majalah MciOS di newsstand Majalah MCI, gratissss....
    untuk versi pdf silakan download di majalahmci.imajalah.com



    mau konsultasi gratis atau sekedar main ke rumah, monggo.....

    Jl. Medokan Asri Barat RK V / N-11
    Surabaya

  4. #14
    Join Date
    May 2007
    Location
    kelapa gading
    Posts
    893

    Default

    ya kalo hanya mengandalkan hanya dari iklan aja untuk dongkrak penjualan ya pasti berat.

    dan iklan hanyalah salah satu dari kegiatan marketing biar bisa mendongkrak penjualan.

    selain iklan kegiatan2 marketing antara lain, dari kualitas produk, promosi, pengembangan produk yg baru, dsitribusi serta customer service tentunya mungkin ada yg mauu nambahin lagi :D
    Last edited by nouvoz; 04-02-2008 at 11:20.

  5. #15
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Surabaya
    Posts
    27,420

    Default

    nah, jadi bener nih, jadi desainer gak harus kreatif?

    yang kreatif kan harusnya orang marketing, desainer kan cuman disuruh-suruh bikin aja ya.....????

    trus apa gunanya adv agency ya?


    KAOS iOS 7....
    silakan pesan di sini : http://www.macclubindonesia.com/foru...23#post1367123

    ayo-ayo.... beli stiker apple di sini...
    http://macclubindonesia.com/forums/s...ad.php?t=50557


    silakan download majalah MciOS di newsstand Majalah MCI, gratissss....
    untuk versi pdf silakan download di majalahmci.imajalah.com



    mau konsultasi gratis atau sekedar main ke rumah, monggo.....

    Jl. Medokan Asri Barat RK V / N-11
    Surabaya

  6. #16
    Join Date
    May 2007
    Location
    kelapa gading
    Posts
    893

    Default

    yg lbh kreatif itu yah orang creative lah, makanya dalam agency, atau pun PH itu ada designer, art director, ada creative director, nah di tingkatan2 itu itu ada yg siapa yg cari ide siapa yg exekusi idea tersebut...

  7. #17
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Surabaya
    Posts
    27,420

    Default

    ya... ya... ya....

    kebanyakan desainer beranggapan bahwa dia harus orang yang paling kreatif. urusan kreatif adalah urusan desainer. itu salah. salah besar. setiap orang harus kreatif, nggak peduli pekerjaannya apa. kreatif bukan hanya untuk desainer saja.

    seperti 4 tahun lalu saat artikel itu saya buat, 90% tanggapan adalah dari desainer dan 100% tanggapan desainer tersebut menyalahkan saya. mereka beramai-ramai mengkounter anggapan tersebut.

    itu nggak salah, karena di otak mereka cuma tertanam bahwa desainer harus kreatif. kreatif cuma milik desainer. nah, anehnya, tanggapan desainer tentang pernyataan saya kok sama semua..... nggak kreatif ya...??

    harusnya, kalo mereka kreatif dan betul-betul terobsesi dengan kreatif, muncul pertanyaan : kalo bukan desainer, lalu siapa yang harus kreatif? inilah inti dari artikel yang saya buat, bukan perkara iklan atau yang lainnya.... itu cuman keisengan saya dan alasan saya untuk mencaci biro iklan yang dapat bayaran tinggi tapi hasilnya nggak seberapa, mengagungkan kreativitas tapi menghasilkan iklan konyol..... kerja ngomong ngalor ngidul nggak karuan, tapi dianggep orang pinter dan dapat bayaran besar..... saya mencaci karena iri kok, kenapa saya nggak bisa dapat bayaran sebesar itu..... he...he...he....

    ada dua hal yang harus diperhatikan setelah membaca judulnya, yaitu desainer dan kreativitas. siapa itu desainer? desainer apa yang dimaksud? siapa yang berhak disebut desainer? orang yang baru lulus sekolah desain? orang yang sudah 1000 kali bikin brosur? atau yang mencantumkan jabatan desainer di kartu namanya?

    setelah itu, apa itu kreativitas? apakah sekedar punya ide untuk bikin brosur atau iklan? atau bikin suatu iklan yang bisa bikin orang bilang wow? atau bikin sesuatu yang aneh?

    menurut saya, sebutan desainer itu harusnya disematkan oleh orang lain ke kita, bukan kita yang memproklamirkan diri sebagai desainer.

    sedangkan kreativitas, menurut saya itu adalah ajakan untuk berbagi pengalaman emosional maupun visual yang menurut kita sangat menarik dan bermanfaat.

    contoh implementasinya, misalkan ada sebuah produk juice buah yang ternyata mengandung kalsium tinggi. nah, apa salahnya kalo kita berbagi pengalaman mengkonsumsi juice buah dengan orang-orang tua?

    saran untuk yang mau berprofesi sebagai desainer : belajarlah marketing!


    KAOS iOS 7....
    silakan pesan di sini : http://www.macclubindonesia.com/foru...23#post1367123

    ayo-ayo.... beli stiker apple di sini...
    http://macclubindonesia.com/forums/s...ad.php?t=50557


    silakan download majalah MciOS di newsstand Majalah MCI, gratissss....
    untuk versi pdf silakan download di majalahmci.imajalah.com



    mau konsultasi gratis atau sekedar main ke rumah, monggo.....

    Jl. Medokan Asri Barat RK V / N-11
    Surabaya

  8. Default

    No offense, tapi justru menurut gw kreativitas paling penting.
    Belajar sopwer mah gampang aja. Kursus ato dowload Lynda.com aja dah bisa nguasai sopwer2 tertentu.

    but then again, this is just my humble opinion!


    =====================
    no crEATivity without EAT
    =================
    [ macintosh games inside ]

  9. Default

    tapi gw setuju ama bos onid, salah satu kelemahan orang disain adalah:
    KURANG BISA MARKETING

    Mungkin karna ada sisi 'idealisme' dalam diri orang2 disain yg kadang2 justru jadi bumerang kala menjual 'ide' disain kepada calon klien.

    so, jargon "Belajarlah marketing!" keknya perlu dijadikan kampanye baru buat orang2 disain kek gw!! huehuhe..
    [ macintosh games inside ]

  10. #20
    Join Date
    May 2007
    Location
    kelapa gading
    Posts
    893

    Default

    hiyuuu mariiii......

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •