Page 1 of 38 12311 ... LastLast
Results 1 to 10 of 373
  1. #1
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Surabaya
    Posts
    27,343

    Default Desainer Grafis Gak Perlu Kreatif

    halo.... iseng-iseng saya lihat data-data lama dan menemukan sebuah artikel yang saya buat tahun 2004 dan dimuat di tabloid pcplus. judulnya sama seperti judul thread ini, silakan dinikmati......


    Jadi Desainer Grafis tidak Perlu Kreatif


    Bagi para desainer grafis, kreativitas adalah hal yang keramat. Jadi desainer grafis harus kreatif, kalau tidak kreatif tentu tidak bisa menyandang profesi sebagai desainer grafis.

    Hal itulah yang sekarang menjadi dogma dalam bidang desainer grafis. Menurut saya hal tersebut tidak terlalu benar. Jadi desainer grafis harus kreatif? Belum tentu! Cukup bisa CorelDraw atau PhotoShop, mungkin ditambah dengan PageMaker, FreeHand, Illustrator, atau software desain grafis lain, itu sudah cukup. Nggak percaya? Apa yang diajarkan oleh lembaga kursus dalam bidang desainer grafis? Pasti software untuk desain grafis seperti PhotoShop, CorelDraw, FreeHand, dan lain-lain. Kreativitas? Mana ada lembaga kursus yang mengajarkan hal tersebut?

    Sebetulnya apa sih yang dikerjakan oleh desainer grafis? Sampai saat ini, kebanyakan adalah alat-alat untuk periklanan, seperti brosur, poster, iklan di media cetak, dan yang paling prestisius adalah iklan di televisi. Harus kita akui, sebagian besar iklan-iklan tersebut memang menarik dan enak dilihat.

    Ini tentu tidak lepas dari dogma yang ada di bidang periklanan dan desain grafis, membuat iklan yang berhasil harus kreatif dan menarik. Iklan yang berhasil adalah iklan yang banyak menyedot perhatian masyarakat.

    Dogma tersebut memang benar, kecuali satu hal yang dilupakan : Iklan yang berhasil tidak sama dengan produk yang berhasil. Artinya, iklan yang bagus dan menarik perhatian masyarakat belum tentu mendongkrak penjualan produk yang diiklankan.

    Masih ingat iklan rokok Mustang? Ya…. sangat betul. Semua orang pasti tahu iklan rokok Mustang, tapi tidak semua orang mau merokok Mustang. Anda juga pasti tahu gang Hijau yang mewakili Sampoerna Hijau kan? Tapi apakah Sampoerna Hijau mampu meruntuhkan dominasi Gudang Garam dalam penjualan rokok kretek? Tidak. Tapi yang jelas mereka membuat Gudang Garam tergopoh-gopoh hingga membuat iklan : Merah Euy!

    Apakah seseorang merokok A-Mild karena suka dengan barisan iklan How Low can You Go, Bukan Basa-Basi, Go with The Real Low? Tidak. Seratus persen orang yang saya tanyai kenapa mereka merokok merek tersebut adalah karena rasanya. Mereka tidak peduli iklannya seperti apa. Apa yang mendorong mereka untuk ganti merk? Seratus persen dari mereka menjawab adalah rasanya. Jadi, mungkin jawaban dari pertanyaan kenapa perokok mild masih suka A-mild adalah karena A-mild masih yang paling enak dibanding merk lain. Lalu kenapa Star Mild repot-repot bikin iklan? Yang paling aneh adalah Inspiro, kenapa mereka bilang this is not mild kalau mereka sebetulnya rokok mild? Mungkin salah satu cara kreatif di periklanan adalah : buatlah masyarakat bingung.

    Artikel ini saya tulis karena ada kenyataan yang sangat menggelitik, yaitu kenyataan bahwa iklan yang bagus tidak selalu membawa keberhasilan produk yang diusungnya. Bahkan beberapa iklan yang tergolong sangat bagus tapi tidak mampu mencegah produk yang dibawanya dari kehancuran. Anda bisa mencari sendiri, kira-kira produk apa yang dulu iklannya sangat bagus tapi saat ini sudah mati.

    Nah, kalau iklan memang ternyata terbukti tidak berhasil, kenapa industri periklanan makin marak? Kenapa periklanan masih tetap digunakan untuk memperkenalkan produk ke masyarakat? Dan pertanyaan utamanya adalah : kenapa iklan itu gagal membuat produk itu berhasil padahal iklannya diingat baik oleh masyarakat luas? Ukuran apa yang membuat iklan berhasil atau gagal? Nah, kalau iklan tidak efektif, buat apa desainer harus kreatif?

    Jika Anda hanya mempunyai palu, maka jawaban dari setiap masalah adalah memalunya. Jadi jika Anda bertanya kepada biro iklan apa yang harus Anda lakukan untuk menjual produk, jawabannya pasti : bikin iklan yang bagus dan intensif! Padahal Anda pasti sudah tahu seberapa efektifnya periklanan.

    Apakah iklan memang efektif? Mungkin juga, sebab ternyata iklan-iklan yang bagus banyak mendapat penghargaan. Tapi tunggu dulu, siapa yang memberi penghargaan terhadap iklan-iklan yang bagus tersebut? Wah, ternyata orang iklan sendiri.


    KAOS iOS 7....
    silakan pesan di sini : http://www.macclubindonesia.com/foru...23#post1367123

    ayo-ayo.... beli stiker apple di sini...
    http://macclubindonesia.com/forums/s...ad.php?t=50557


    silakan download majalah MciOS di newsstand Majalah MCI, gratissss....
    untuk versi pdf silakan download di majalahmci.imajalah.com



    mau konsultasi gratis atau sekedar main ke rumah, monggo.....

    Jl. Medokan Asri Barat RK V / N-11
    Surabaya

  2. #2
    Join Date
    Sep 2007
    Location
    Bogor the Rain City
    Posts
    4,437

    Default

    waduh....makasih nieh mas Dino atas artikelnya....:thumbup:

    tapi mo nanya nieh mas..apakah kita wajib menguasai beberapa dari software desain grafis tersebut..??

    trus misal kita mo melamar kerja di desain grafis,wajib kan tetap kita membuat portfolio dengan mengandalkan kreativitas kita tersebut....????

    boleh aku tambahin sedikit mas,sebenarnya kreatifitas itu bisa tumbuh dengan mengeluarkan segala bentuk macam hal yang ada dalam pikiran kita,tak peduli apakah hal tersebut memang bagus ato tidak.....

    makasih sekalo lagi mas atas artikel yang mas Dino buat...:thumbup1:

    salam

    MikEZzZZ...!!!!
    :lols: *G-Club Member* :lols:
    Twitter :
    http://www.twitter.com/mikezzzz
    Facebook :
    www.facebook.com/MikhailTPribadi
    Flickr :
    www.flickr.com/mikezzzz

    My BB pin
    227ADFFC

  3. #3
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    jakarta selatan-bandung utara
    Posts
    1,841

    Default

    Quote Originally Posted by onid
    yaitu kenyataan bahwa iklan yang bagus tidak selalu membawa keberhasilan produk yang diusungnya
    jadi inget iklan Bentoel yang I Love The Blue of Indonesia. setahu gw tuh iklan habis sampe beberapa milyar tapi ternyata gak mampu mendongkrak penjualan sama sekali. agak lupa, entah penjualannya stagnan ato menurun.

    menurut hemat saya (jaaah,,bahasanya!),ada yang kurang dari artikel tersebut, bung onid. penulis bisa dibilang memberi vonis terlalu cepat. lihat kembali kutipannya.

    Nah, kalau iklan memang ternyata terbukti tidak berhasil, kenapa industri periklanan makin marak? Kenapa periklanan masih tetap digunakan untuk memperkenalkan produk ke masyarakat? Dan pertanyaan utamanya adalah : kenapa iklan itu gagal membuat produk itu berhasil padahal iklannya diingat baik oleh masyarakat luas? Ukuran apa yang membuat iklan berhasil atau gagal? Nah, kalau iklan tidak efektif, buat apa desainer harus kreatif?
    dari tulisan yang ada, data yang tersedia cuma sedikit. penulis cuma membeberkan kecenderungan pemilihan para ahli hisap yang belum diketahui jumlah pastinya berapa. dan juga itu hanya ahli hisap yang ditanyai, sedangkan konsumen iklan selain mereka masih banyak sekali. kembali ke pernyataan saya di atas, penulis terlalu terburu2 memberikan vonis bahwa iklan terbukti tidak berhasil.

    kenapa industri periklanan masih marak? kembali ke fungsi dasar, iklan adalah sarana promosi. promosi diperlukan untuk memberikan informasi yang layak kepada konsumen agar mereka mau membeli produk perusahaan. promosi bisa dibilang sebagai salah satu kebutuhan dasar perusahaan agar bisa bertahan & berkembang.

    udah keliatan benang merahnya kan? gampangnya, selama yang namanya pebisnis/perusahaan masih ada, industri periklanan akan terus berkembang. karena mereka membutuhkan orang2 periklanan untuk mengelola sebagian dari kegiatan promosi mereka.

    satu hal yang menurut saya harus diletakkan di atas kreativitas untuk para desainer, kemampuan berkomunikasi. percuma kan bagus2 ngebuat sebuah karya tapi orang2 pada gak ngerti maksudnya apa?

  4. #4
    Join Date
    Apr 2007
    Location
    jakarta selatan-bandung utara
    Posts
    1,841

    Default

    Quote Originally Posted by onid
    Apakah iklan memang efektif? Mungkin juga, sebab ternyata iklan-iklan yang bagus banyak mendapat penghargaan
    saya kurang sependapat, bung, dengan kutipan di atas. saya melihat iklan terbagi kepada dua sisi, satu sisi ekonomis, yang lainnya sisi kreativitas. sisi ekonomis berhubungan dengan keefektivitasan sebuah iklan dalam menggaet konsumen sehingga berefek pada penjualan. sedangkan kreativitas menunjukkan "nyawa" dari iklan tersebut. hal tersebut tidaklah sama. banyak iklan2 kampungan yang ternyata bisa meningkatkan penjualan dan di sisi yang lain tidak mendapatkan penghargaan.

    saya pikir wajar jika orang2 periklanan juga yang memberikan penghargaan kepada iklan2 yang ada, sama wajarnya dengan aktor&aktris yang diberikan penghargaan piala oscar pada Academy Award. yang mengadakan Academy Award kan orang2 perfilman juga. contoh yang lebih deket lagi, Piala Citra dari FFI (bener gak nih namanya?)

    sekian kritisi dari saya, kalo kurang.....nanti nambah lagi :D

  5. #5
    Join Date
    May 2007
    Location
    kelapa gading
    Posts
    893

    Default

    tapi kan tujuan iklan bukan hanya untuk dongkrak jualan juga bos onid, ada juga tujuan yg lain.

  6. #6
    Join Date
    Jun 2007
    Location
    Surabaya
    Posts
    27,343

    Default

    Quote Originally Posted by nouvoz View Post
    tapi kan tujuan iklan bukan hanya untuk dongkrak jualan juga bos onid, ada juga tujuan yg lain.
    dan itu adalah..............??


    KAOS iOS 7....
    silakan pesan di sini : http://www.macclubindonesia.com/foru...23#post1367123

    ayo-ayo.... beli stiker apple di sini...
    http://macclubindonesia.com/forums/s...ad.php?t=50557


    silakan download majalah MciOS di newsstand Majalah MCI, gratissss....
    untuk versi pdf silakan download di majalahmci.imajalah.com



    mau konsultasi gratis atau sekedar main ke rumah, monggo.....

    Jl. Medokan Asri Barat RK V / N-11
    Surabaya

  7. #7
    Join Date
    May 2007
    Location
    kelapa gading
    Posts
    893

    Default

    Tujuan pertama dan paling mudah dicapai adalah:
    mendapat perhatian (Attention) dari konsumen. Apabila iklan ditujukan untuk mendapatkan perhatian, effektifitasnya bisa dilihat dari seberapa banyak orang yang tahu tentang brand yang diiklankan.

    Tujuan yang 2 adalah:
    menarik minat (Interest) konsumen terhadap brand. Dengan kata lain merangsang konsumen untuk membuat penialain atau image yang positif tentang brand yang bersangkutan. Pada konteks ini effektifitas iklan bisa diukur dari sejauh mana image konsumen berubah terhadap brand setelah iklan dipublikasikan.

    Tujuan 3 dari iklan adalah:
    menumbuhkan keinginan (Desire) di hati konsumen untuk membeli brand. Apabila tujuan ini yang dipakai, seberapa banyak konsumen yang mempunyai keinginan untuk membeli brand yang diiklankan menjadi tolok ukur effektifitas iklan.

    Tujuan iklan ke 4 adalah:
    merangsang konsumen untuk membeli (Action) brand yang diiklankan. Effektifitas iklan diukur dengan cara melihat perubahan penjualan setelah iklan beredar.

  8. #8
    Join Date
    May 2007
    Location
    kelapa gading
    Posts
    893

    Default

    atau bahasa jawa nya gini nih

    AIDA is an acronym used in marketing that describes a common list of events that are very often undergone when a person is selling a product or service:

    * A - Attention (Awareness): attract the attention of the customer.
    * I - Interest: raise customer interest by demonstrating features, advantages, and benefits.
    * D - Desire: convince customers that they want and desire the product or service and that it will satisfy their needs.
    * A - Action: lead customers towards taking action and/or purchasing.

    Nowadays some have added another letter to form AIDA(S):

    * S - Satisfaction - satisfy the customer so they become a repeat customer and give referrals to a product.

  9. #9
    Join Date
    May 2007
    Location
    Surabaya.....
    Posts
    1,547

    Default

    lho...nid itu kan tulisanmu sendiri yg terbit di pcplus kaann??? mengingat2 jaman kejayaan kaah???
    DOMBABUJEL yang tak pernah kunjung BUJEL.....

  10. #10
    Join Date
    Jan 2008
    Location
    jakarta
    Posts
    812

    Default

    waw! sebagai desainer grafis pemula thread ini lumayan membantu.. makasih yak semua!
    Ym:ascard_the_doom@yahoo.com
    msn:ascardthedoom@hotmail.com

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •