PDA

View Full Version : Cacar Air!! Post Your Tips & Trick Here!!



RockLee58
02-11-2008, 07:29
aduuuh teman2, g kena cacar air neee....
siapa aja di sini yg udah pernah kena? yg belom pernah?
punya gag tips n trik yg oke, misalnya kata nenek harus begini, begitu hehehe..
pantangan apa yg gag boleh? apa yg harus dilakukan biar cepet sembuh?
di share dong tips nya, biar skrng g n nanti kalo ada yg kena bisa dapet tips yg berguna biar cepet sembuh....

kalo g c langsung ke dokter, dikasih sm dokternya obat Poviral 400mg Tablets dari Kimia Farma, makannya 5x1, wew!
terus ada jg pHisoHex, semacem antiseptik cair yg harus dipake saat kita mandi...
ada krim Clinovir..
ada bedak Salicyl, mengurangi gatal akibat biang keringat, wew..

terus kata dokternya, gag ada pantangan kecuali gag boleh makan ikan laut, terus mandi jg boleh...

ayo2 teman2 share pengalaman anda saat kena water cacar ini hehhe..:001_tt2:

-RiE-
02-11-2008, 07:35
mandi ga masalah, hoax tuh yg bilang ga boleh mandi..
yg jelas, kalo gatel tahan aja, jgn digaruk kecuali lu pgn cacarnya berbekas.

orisonmarden | Raja iTunes
02-11-2008, 07:35
WEheheheeheee ....

Ane gak tau , tapi katanya yg udah pernah kena cacar air dah gak bisa kena lagi ya ?? :confused:

Kalo dulu waktu ane kena sih , yg ane lakuin tu

- gak mandi seminggu, coz takut kalo cacarnya kena air bisa rentan pecah, nah kalo pecah kan ninggalin bekas yg pastinya nambah kita gak pede.
- pake bedak2 kalo habis sibin, sibin tu bahasa jawanya berbilas, tapi bikan mandi
- pake parutan jagung yg diolesin ke cacarnya. kata nyokap sih biar gak bekas n kembali seperti semula bekasnya. Ini bener bgt nih. sampe sekarang gak ada bekas sama sekali di wajah n badan walau dulu cacar air ane tergolong parah :tt2:
- karena lama, cacar air tu very frustating bgt ,,, jadi sabar aja deh lee !! hihihihi ,,, ditunda dulu nglembur sabtu minggunya :tt2:

Ayo lee ,,,, semangat semangat :clap: :clap:
Cepet sembuh bro!!

orisonmarden | Raja iTunes
02-11-2008, 07:38
mandi ga masalah, hoax tuh yg bilang ga boleh mandi..
yg jelas, kalo gatel tahan aja, jgn digaruk kecuali lu pgn cacarnya berbekas.

Emang mandi gak mslah bro ,,, yang bikin masalah tu kalo mandi ,kita takut cacarnya akan semakin lemah, karena kulit ari yg terrendam air bakal lebih rentan pecah. Apalagi kalo terkena sapuan handuk. Jadi itu preventif aja sifatnya ,,, :001_smile:

Fox88
02-11-2008, 07:40
yang gw tau tuh ada namanya daun jarak buat ngobatin cacar air

RockLee58
02-11-2008, 07:41
iy katanya kalo udah kena gag bisa kena lagi kan?!

yg jagung itu diparut sampe gimana yah? mp ancur banget kayak adonan, apa diparut biasa aja, masih berbentuk biji2 jagung?
jagung nya jagung apa?
kapan olesinnya? setelah cacarnya pada pecah?

RockLee58
02-11-2008, 07:42
yang gw tau tuh ada namanya daun jarak buat ngobatin cacar air

diapain bro?
di jus terus diminum?
di tempelin ke cacarnya?
gimana?:confused1:

b-tyo-p
02-11-2008, 07:48
mandi ga masalah, hoax tuh yg bilang ga boleh mandi..
yg jelas, kalo gatel tahan aja, jgn digaruk kecuali lu pgn cacarnya berbekas.

Selain bisa membuat bekas cacar lebih susah sembuh, klo cacar nya digaruk cacar tersebut malah lebih mudah menyebar kemana-mana. Misal ada cacar di pundak, trus kamu garuk, trus tangan kamu pegang muka yang misalnya belum ada cacarnya, nantinya cacarnya akan terbawa ke muka.

Fox88
02-11-2008, 08:05
diapain bro?
di jus terus diminum?
di tempelin ke cacarnya?
gimana?:confused1:


nah itu dia gw lupa di apain tuh daunnya:001_tongue:
yang jelas kalo kena cacar biasanya seminggu
gw dulu juga kena seminggu cuma bisa di rumah hehehe:D

RockLee58
02-11-2008, 08:29
duh!!
kalo ada yg gag sengaja terpecahkan, g apain yah?
huhuhu....

muhammadiq
02-11-2008, 08:52
aku dulu pernah pacaran 4x lee tapi keiket ama yg terakhir :D

RockLee58
02-11-2008, 08:56
aku dulu pernah pacaran 4x lee tapi keiket ama yg terakhir :D

huahahha....

itu jawaban yg cocok untuk thread dgn judul
Pacaran! Post your tips & trick here!

muhammadiq
02-11-2008, 08:58
lahh...eh salah ya...ooo cacar ??? ahahahahaha...masi ngantuk mataku lee hahaha...
dah lupa aku lee, dulu cacaran masi SD bro, ga inget lg aku...:D

kathmandude
02-11-2008, 10:51
Obat yg diminum itu isinya Acyclovir - antivirus
IMO cacar air pd masa dewasa bisa lebih berbahaya drpd pd masa kanak2
terapi suportif juga perlu, makan makanan bergizi.

Dvan_r
02-11-2008, 11:15
dulu gw sukses menhilangkan cacar dalam waktu 3 hari...
yang gw lakuin simple :
gak mandi and pake bedak salycil terus menerus....
selain minum obat yang di kasih dokter, jangan lupa banyakin makan sayuran dan vitamin E...untuk penyembuhan kulit...

meyoong
02-11-2008, 11:27
Poviral(paten), Asiklovir(generik), obat minum, dosis utk cacar air 5 x 400mg, 7 hari, trutama 3 hari awal sakit, antiviral, nekan replikasi virus, jadi diminum teratur ( misal tiap 4 jam), jadi kadar di darah slalu optimal
Parasetamol, 3 x 500mg, bila panas
CTM, 4 mg, kalo perlu / kalo trasa gatal, awas bikin ngantuuk
Salep antibiotik, bila pecah n luka biar ndak infeksi
Bedak, jelas ndak diminum he he ehe, isi asam salisilat 3%, keratoplasti, jagain dinding cacar ndak mudah pecah. Boleh mandi ( cacar na dikit ), tapi jangan pecah, pecah >> bekas ( kasihan yg di wajah, trutama daerah T, bekasnya lebih dalem )
Masih nular kalo msh da air/plenting (ati" yg punya anak/janan deket anak kecil dulu), bila kering/keropeng dah ndak nular
Bekas item nanti ilang, nunggu ganti kulit, kira" 28 hari ( bisa di bantu pake sabun scrub, seminggu 2 x ja, janan gosok keras" )

orisonmarden | Raja iTunes
02-11-2008, 14:41
^
^

Dokter ya bro ,,, lengkap amir resepnya ;)

Rmondx_private@hotmail.co
02-11-2008, 14:57
loh?
bknnya enakan pas anak kcil cacar nya?
jadi gk bgitu parah,
soalnya klo dh gde, parah.

dlu iik gw cacar ampe kna lidah.
parah bgdh.
ampe nangis gw dicritain kek gtu pas mulai cacar.
takut.
tapi gw gk ampe lidah sih.
dlu gw SD dan 2 minggu cacarnya =="
enaknya = bolos schl
hahaz

nvrbacmp
02-11-2008, 15:08
wah,,
cw gw jg lagi kena cacar nih,,
jgn2 dpt dr lee nih,,
tp dr jakarta ke surabaya >.<.........
gw dulu kena cacar pas masih TK ato SD gt..
dan gw ga inget apa2 ttg itu...

raradodo
02-11-2008, 16:19
aku punya bekas cacar nih. habis dulu, aku garuk sih. hiks. kenapa imunisasi cacar gak mempan ya?

RockLee58
02-11-2008, 19:00
aku punya bekas cacar nih. habis dulu, aku garuk sih. hiks. kenapa imunisasi cacar gak mempan ya?

mempan koq imunisasi cacar!!
tapi ada expired date nya, kyk g!
dulu di imunisasi, sekarang imunisasinya udah expire deh, sekitar stg abad gt...
jadilah ada orang2 yg cacar pas dewasa... huhu...
makanya kalo cacar cpt2 tularin ke anak kecil, nanti dy grateful...
kalo udah dewasa lebih bahaya? bisa mengancam jiwa dan raga gag? takuuuut!!!

belom kawin neee....

Fox88
02-11-2008, 19:05
mempan koq imunisasi cacar!!
tapi ada expired date nya, kyk g!
dulu di imunisasi, sekarang imunisasinya udah expire deh, sekitar stg abad gt...
jadilah ada orang2 yg cacar pas dewasa... huhu...
makanya kalo cacar cpt2 tularin ke anak kecil, nanti dy grateful...
kalo udah dewasa lebih bahaya? bisa mengancam jiwa dan raga gag? takuuuut!!!

belom kawin neee....

pokoknya jangan di garuk aja bro udah aman tuh
kalo sampe di garuk.....:bored:

RockLee58
02-11-2008, 19:14
gag sampe mengancam nyawa kann???:hang:

Fox88
02-11-2008, 19:19
gag sampe mengancam nyawa kann???:hang:

wah itu tergantung bro :closedeyes:
dari segi mana dulu kalo secara langsung ga
tapi secara tidak lansung...who knows :001_tt2:

RockLee58
02-11-2008, 19:23
The Butterfly Effect yah?

step one butterfly today, a dozen people gets killed tomorow..

aduh sial, kayaknya pecah 1 di punggung, keteken.... huhuhu...

PumpkinHead
02-11-2008, 19:31
Busettt padahal baru ketemu kemaren di gathering masih gak apa2 ya. Emang sekarang lagi musim lagi cacar. Kemaren temen gue juga ada yang kena dan dokternya bilang ati2 soalnya yang udah kena masih bisa kena lagi dalam situasi khusus soalnya ada cacar air dengan model sedikit baru update nya (gak mo kalah ma MB keluar baru) dan yang ini beberapa bugs udah diperbaiki jadi beberapa orang bisa kena lagi.

Gue udah pernah kena seh ada beberapa pantangan makan ya kalo gak salah yang gelap2 kayak kecap gitu gak boleh. Gak usah panik lah...dulu memang mematikan tapi sekarang udah santai aja. Lama2 juga sembuh. Apalagi udah ditemenin Laptop and MCI. Dulu jaman gue cuma bisa bengong doang belom secanggih sekarang banyak maenan. Cepet sembuh sob.

RockLee58
02-11-2008, 19:40
hahaha...
emang mendadak lah, wong paginya aja g masih lg mau mandi n brangkat kerja lembur...
g mah ini kena pertama kali, 1st Gen

iy skrng ada MCI n MB hehehe...

tq2 bro...

Bhaguz_403
02-11-2008, 20:08
gw dulu kena waktu kecil....badan berasa pannaaaass,gerah mulu gitu...
jadi sering di ajak jalan2 ke mall ngadem...hihihi...
asal udah kering di garuk gpp kok gw dulu...
tapi kalo masih basah ya jgn...ntar berdarah2 gitu...

meyoong
03-11-2008, 16:34
@RockLee
Cacar: badan panas, plenting isi cairan jernih, kulit sekitar ndak merah, plenting kaya tetesan air (khas), kena seluruh tubuh
Kena racun serangga: rasa panas/nyeri setempat, tempat yg ndak ketutup pakaian, kulit merah, plenting berkelompok >> putih/kaya nanah. Seringnya terasa pagi, serangga maen" na malam hari
Manakah yang cocok??
@OrisonMaden
Bantuin sesama MCI sob...

Buat bayi dan anak, sampe umur ... bulan (lupa) blum ada kekebalan didapat utk cacar, jadi kalo kena umur segitu, dewasa masih bisa kena.

Peace!!

riscMac
03-11-2008, 17:07
dulu teman pernah cerita2 soal penyakit cacar yang dialaminya. Alhamdulillah saya blm pernah sakit cacar n ga mau terjangkit penyakit cacar. Berdasarkan pengalaman teman saya selama 7 hari cacar, pelajaran yang dapat saya ambil terutama untuk cara pengobatannya dari cerita dia kepada saya adalah sbb :

1. Jangan mandi dulu pada saat badan panas dan setelah borok mengering
2. Usahakan banyak makan jambu biji (merah) dan buah jeruk
3. Setiap hari baju dan celana harus diganti
4. 4X dalam 1 hari taburkan bedak merk Salicly yang mengandung 2% Salicylicum dapat dibeli di kimiafarma dengan harga yang cukup murah (untuk leher, tangan, badan dan kaki)
5. 4X dalam 1 hari oleskan salep clinovir yang mengandung Acyclovir 5% buatan Pharos (harganya sekitar Rp 30.000) namun ada alternatif lain salep dengan kandungan Acyclovir 5% namun generik merk Acyclovir buatan indofarma (harganya sekitar Rp.4000) Keduanya untuk diolesakan di wajah yang timbul bentolan-bentolan cacar. salep ini juga mengurangi terjadinya gatal di wajah dan mempercepat proses pengempisan dan pengeringan bentolan cacar
6. Banyak minum air putih
7. Tidak boleh kena angin
8. Tidak boleh capai dulu karena memperparah timbulnya bentolan-bentolan cacar
9. Jangan digaruk terutama pada bagian muka karena menyebabkan kulit menjadi bopeng (bolong berbekas)
10. Jangan stress karena stress memperparah timbulnya cacar

Faktanya : setelah terkena cacar bentuk 1 yang disebabkan oleh Varicella Zoster dengan ciri penyebaran ke seluruh tubuh, maka jika daya tahan tubuh kita lemah dan sedang stress kita akan mudah terserang kembali penyakit cacar ini yang disebabkan oleh virus bentuk ke 2 dengan nama Herpes Zoster yang penyebarannya berbeda yaitu mengelompok di 1 tempat saja misalkan pada bagian dada saja.

semoga membantu n cepat sembuh....

dsg24h
03-11-2008, 17:09
aduuuh teman2, g kena cacar air neee....
kalo g c langsung ke dokter, dikasih sm dokternya obat Poviral 400mg Tablets dari Kimia Farma, makannya 5x1, wew!
terus ada jg pHisoHex, semacem antiseptik cair yg harus dipake saat kita mandi...
ada krim Clinovir..
ada bedak Salicyl, mengurangi gatal akibat biang keringat, wew..

terus kata dokternya, gag ada pantangan kecuali gag boleh makan ikan laut, terus mandi jg boleh...

ayo2 teman2 share pengalaman anda saat kena water cacar ini hehhe..:001_tt2:

udah bener tuh anjuran dokter mu....
jangan lupa mandi !...ngga ada masalah dan ga ada pengaruhnya....malah jadi lbh bersih dan segar....
kebayang kan udah luka, ber air dan ngga mandi....idih !....:cursing:
bau, gatel ,dsb..

percaya deh ama gw, gw udh kena cacar air 3 kali !

RockLee58
04-11-2008, 18:36
@RockLee
Cacar: badan panas, plenting isi cairan jernih, kulit sekitar ndak merah, plenting kaya tetesan air (khas), kena seluruh tubuh
Kena racun serangga: rasa panas/nyeri setempat, tempat yg ndak ketutup pakaian, kulit merah, plenting berkelompok >> putih/kaya nanah. Seringnya terasa pagi, serangga maen" na malam hari
Manakah yang cocok??
@OrisonMaden
Bantuin sesama MCI sob...

Buat bayi dan anak, sampe umur ... bulan (lupa) blum ada kekebalan didapat utk cacar, jadi kalo kena umur segitu, dewasa masih bisa kena.

Peace!!

cacar air lah, udah ke dokter koq...

RockLee58
04-11-2008, 18:39
10. Jangan stress karena stress memperparah timbulnya cacar


ini yg susah, krn cacar bikin g jd stress!!
untung ada MCI bikin lupa stress...
Hidup MCI:clap::clap::clap:

tonberry
04-11-2008, 18:39
you will look ugly for a moment, but that wont last longer. just use your time with something useful

RockLee58
04-11-2008, 18:41
udah bener tuh anjuran dokter mu....
jangan lupa mandi !...ngga ada masalah dan ga ada pengaruhnya....malah jadi lbh bersih dan segar....
kebayang kan udah luka, ber air dan ngga mandi....idih !....:cursing:
bau, gatel ,dsb..

percaya deh ama gw, gw udh kena cacar air 3 kali !

koq bisa kena 3 kali?
bukannya cacar cm bisa kena 1 x doang?
abis itu kalo dewasa ada manifestasi lagi namanya herpes zoster kyk kt riscMac??

btw cara nge-quote bbrp orang dalam 1 kali post gmn yah? ribet ne post berkali2..

muhammadiq
04-11-2008, 20:23
3x ???... gudig kali tu bro :D
kabuuuuurrrr.........:D

dsg24h
04-11-2008, 23:59
3x ???... gudig kali tu bro :D
kabuuuuurrrr.........:D

enak aja..... he he he
beneran 3 kali, gw jg bingung...
pertama pas SD kls 3, trus SMA kelas 2....na karena udh kena 2 kali, gw pede aja ngurusin anak gw pas TK ketularan cacar air dr temen sekolahnya, bini gw ga berani ngurusin krn blm pernah kena...pembokat ga gw bolehin ngurus anak gw...berabe deh pembokat gw ntar ketularan kena cacar air.... malah tambah repot...
5 hari anak gw cacar air..eh pagi2 gw bangun tidur ngaca di jidat ada benjolan berair....mati gw !...gw cek ke dokter, eh bener cacar air !...dokternya aja sampe bingung tau gw kena yg ke-3 kalinya....pdhl ya udah di vaksin waktu SD....
emang sih waktu itu badan lagi drop banyak kerjaan dan kurang tidur.... cuman 3x kena itu lho....kelewatan bgt
bedanya kena setelah kita dewasa itu lebih lama sembuhnya, gw 11 hari baru sembuh total... ( masih berbekas sih, tp udh kering )...lebih banyak cacarnya dan lebih sakit, ...cacarnya sampe ke dlm mulut, bawah lidah, lubang hidung, kelopak mata...belum di lipetan ketek...dan lipetan2 lainnya.... ampun deh...neraka bgt deh...
jgn pernah kena cacar air kalo udah umur 30 an..... ngga tau rasanya lebih sakit aja....
makanya jaga kesehatan bro.... sehat itu mmmmuuuuahhhaaaalllll....
:001_smile:

RockLee58
05-11-2008, 08:38
enak aja..... he he he
beneran 3 kali, gw jg bingung...
pertama pas SD kls 3, trus SMA kelas 2....na karena udh kena 2 kali, gw pede aja ngurusin anak gw pas TK ketularan cacar air dr temen sekolahnya, bini gw ga berani ngurusin krn blm pernah kena...pembokat ga gw bolehin ngurus anak gw...berabe deh pembokat gw ntar ketularan kena cacar air.... malah tambah repot...
5 hari anak gw cacar air..eh pagi2 gw bangun tidur ngaca di jidat ada benjolan berair....mati gw !...gw cek ke dokter, eh bener cacar air !...dokternya aja sampe bingung tau gw kena yg ke-3 kalinya....pdhl ya udah di vaksin waktu SD....
emang sih waktu itu badan lagi drop banyak kerjaan dan kurang tidur.... cuman 3x kena itu lho....kelewatan bgt
bedanya kena setelah kita dewasa itu lebih lama sembuhnya, gw 11 hari baru sembuh total... ( masih berbekas sih, tp udh kering )...lebih banyak cacarnya dan lebih sakit, ...cacarnya sampe ke dlm mulut, bawah lidah, lubang hidung, kelopak mata...belum di lipetan ketek...dan lipetan2 lainnya.... ampun deh...neraka bgt deh...
jgn pernah kena cacar air kalo udah umur 30 an..... ngga tau rasanya lebih sakit aja....
makanya jaga kesehatan bro.... sehat itu mmmmuuuuahhhaaaalllll....
:001_smile:

hua, gileee, 3x, gag bsa terbayangkan, 1x aja udah kapok2 gini g!!

Day 5.
Mau cobain resep bro orison pake parutan jagung di cacarnya hehe...
wish me luck..

dhanu
05-11-2008, 11:50
koq bisa kena 3 kali?
bukannya cacar cm bisa kena 1 x doang?
abis itu kalo dewasa ada manifestasi lagi namanya herpes zoster kyk kt riscMac??

btw cara nge-quote bbrp orang dalam 1 kali post gmn yah? ribet ne post berkali2..

Betul banget, Sob. yang pertama chicken pox, kalo virusnya ga musnah.... ntar naek pangkat jadi zooster nyang sakitnya mirip sakaw ( ngilu... demam, and...lemes ) acyclovir salep, and tablet 400mg, vitamin Theragram, plus antibiotik jika memungkinkan. Mandi dianjurkan, tapi, waspada saat menggosok badan. jangan sampai pecah, coz bisa menyebar. gityu tips dari akyu beybeh....:001_tt2:

desta_star
05-11-2008, 13:20
cepat sembuh ya.....
pake salisil, minum jus, makan sayur n sop..
n bnyak bobo....
:D

b-tyo-p
05-11-2008, 13:36
hua, gileee, 3x, gag bsa terbayangkan, 1x aja udah kapok2 gini g!!

Day 5.
Mau cobain resep bro orison pake parutan jagung di cacarnya hehe...
wish me luck..

Klo udah dicoba, di-review ya ampuh apa ga :001_tongue:

Semoga cepet sembuh ya bro :001_smile:

RockLee58
05-11-2008, 21:45
Klo udah dicoba, di-review ya ampuh apa ga :001_tongue:

Semoga cepet sembuh ya bro :001_smile:

tq2 bro..
udah coba c..
kyknya lumayan ampuh, yg pasti c menyegarkan abis pake jagung hahha..

meyoong
06-11-2008, 08:00
Herpes Zooster (reaktivasi virus cacar) Asiklovir 5x800(2biji) selama 7 hari.
Pada ortu,nyeri kdg mnetap >6 bln : Neuralgia Post Herpes
Peace..

RockLee58
06-11-2008, 08:02
Herpes Zooster (reaktivasi virus cacar) Asiklovir 5x800(2biji) selama 7 hari.
Pada ortu,nyeri kdg mnetap >6 bln : Neuralgia Post Herpes
Peace..

Ooooouuuuccchh:ohmy: