PDA

View Full Version : Desainer Grafis Gak Perlu Kreatif



Pages : [1] 2

onid
04-02-2008, 06:38
halo.... iseng-iseng saya lihat data-data lama dan menemukan sebuah artikel yang saya buat tahun 2004 dan dimuat di tabloid pcplus. judulnya sama seperti judul thread ini, silakan dinikmati......


Jadi Desainer Grafis tidak Perlu Kreatif


Bagi para desainer grafis, kreativitas adalah hal yang keramat. Jadi desainer grafis harus kreatif, kalau tidak kreatif tentu tidak bisa menyandang profesi sebagai desainer grafis.

Hal itulah yang sekarang menjadi dogma dalam bidang desainer grafis. Menurut saya hal tersebut tidak terlalu benar. Jadi desainer grafis harus kreatif? Belum tentu! Cukup bisa CorelDraw atau PhotoShop, mungkin ditambah dengan PageMaker, FreeHand, Illustrator, atau software desain grafis lain, itu sudah cukup. Nggak percaya? Apa yang diajarkan oleh lembaga kursus dalam bidang desainer grafis? Pasti software untuk desain grafis seperti PhotoShop, CorelDraw, FreeHand, dan lain-lain. Kreativitas? Mana ada lembaga kursus yang mengajarkan hal tersebut?

Sebetulnya apa sih yang dikerjakan oleh desainer grafis? Sampai saat ini, kebanyakan adalah alat-alat untuk periklanan, seperti brosur, poster, iklan di media cetak, dan yang paling prestisius adalah iklan di televisi. Harus kita akui, sebagian besar iklan-iklan tersebut memang menarik dan enak dilihat.

Ini tentu tidak lepas dari dogma yang ada di bidang periklanan dan desain grafis, membuat iklan yang berhasil harus kreatif dan menarik. Iklan yang berhasil adalah iklan yang banyak menyedot perhatian masyarakat.

Dogma tersebut memang benar, kecuali satu hal yang dilupakan : Iklan yang berhasil tidak sama dengan produk yang berhasil. Artinya, iklan yang bagus dan menarik perhatian masyarakat belum tentu mendongkrak penjualan produk yang diiklankan.

Masih ingat iklan rokok Mustang? Ya…. sangat betul. Semua orang pasti tahu iklan rokok Mustang, tapi tidak semua orang mau merokok Mustang. Anda juga pasti tahu gang Hijau yang mewakili Sampoerna Hijau kan? Tapi apakah Sampoerna Hijau mampu meruntuhkan dominasi Gudang Garam dalam penjualan rokok kretek? Tidak. Tapi yang jelas mereka membuat Gudang Garam tergopoh-gopoh hingga membuat iklan : Merah Euy!

Apakah seseorang merokok A-Mild karena suka dengan barisan iklan How Low can You Go, Bukan Basa-Basi, Go with The Real Low? Tidak. Seratus persen orang yang saya tanyai kenapa mereka merokok merek tersebut adalah karena rasanya. Mereka tidak peduli iklannya seperti apa. Apa yang mendorong mereka untuk ganti merk? Seratus persen dari mereka menjawab adalah rasanya. Jadi, mungkin jawaban dari pertanyaan kenapa perokok mild masih suka A-mild adalah karena A-mild masih yang paling enak dibanding merk lain. Lalu kenapa Star Mild repot-repot bikin iklan? Yang paling aneh adalah Inspiro, kenapa mereka bilang this is not mild kalau mereka sebetulnya rokok mild? Mungkin salah satu cara kreatif di periklanan adalah : buatlah masyarakat bingung.

Artikel ini saya tulis karena ada kenyataan yang sangat menggelitik, yaitu kenyataan bahwa iklan yang bagus tidak selalu membawa keberhasilan produk yang diusungnya. Bahkan beberapa iklan yang tergolong sangat bagus tapi tidak mampu mencegah produk yang dibawanya dari kehancuran. Anda bisa mencari sendiri, kira-kira produk apa yang dulu iklannya sangat bagus tapi saat ini sudah mati.

Nah, kalau iklan memang ternyata terbukti tidak berhasil, kenapa industri periklanan makin marak? Kenapa periklanan masih tetap digunakan untuk memperkenalkan produk ke masyarakat? Dan pertanyaan utamanya adalah : kenapa iklan itu gagal membuat produk itu berhasil padahal iklannya diingat baik oleh masyarakat luas? Ukuran apa yang membuat iklan berhasil atau gagal? Nah, kalau iklan tidak efektif, buat apa desainer harus kreatif?

Jika Anda hanya mempunyai palu, maka jawaban dari setiap masalah adalah memalunya. Jadi jika Anda bertanya kepada biro iklan apa yang harus Anda lakukan untuk menjual produk, jawabannya pasti : bikin iklan yang bagus dan intensif! Padahal Anda pasti sudah tahu seberapa efektifnya periklanan.

Apakah iklan memang efektif? Mungkin juga, sebab ternyata iklan-iklan yang bagus banyak mendapat penghargaan. Tapi tunggu dulu, siapa yang memberi penghargaan terhadap iklan-iklan yang bagus tersebut? Wah, ternyata orang iklan sendiri.

MikEZzZZMpDt
04-02-2008, 07:27
waduh....makasih nieh mas Dino atas artikelnya....:thumbup:

tapi mo nanya nieh mas..apakah kita wajib menguasai beberapa dari software desain grafis tersebut..??

trus misal kita mo melamar kerja di desain grafis,wajib kan tetap kita membuat portfolio dengan mengandalkan kreativitas kita tersebut....????

boleh aku tambahin sedikit mas,sebenarnya kreatifitas itu bisa tumbuh dengan mengeluarkan segala bentuk macam hal yang ada dalam pikiran kita,tak peduli apakah hal tersebut memang bagus ato tidak.....

makasih sekalo lagi mas atas artikel yang mas Dino buat...:thumbup1:

salam

MikEZzZZ...!!!!

oza
04-02-2008, 07:53
yaitu kenyataan bahwa iklan yang bagus tidak selalu membawa keberhasilan produk yang diusungnya

jadi inget iklan Bentoel yang I Love The Blue of Indonesia. setahu gw tuh iklan habis sampe beberapa milyar tapi ternyata gak mampu mendongkrak penjualan sama sekali. agak lupa, entah penjualannya stagnan ato menurun.

menurut hemat saya (jaaah,,bahasanya!),ada yang kurang dari artikel tersebut, bung onid. penulis bisa dibilang memberi vonis terlalu cepat. lihat kembali kutipannya.


Nah, kalau iklan memang ternyata terbukti tidak berhasil, kenapa industri periklanan makin marak? Kenapa periklanan masih tetap digunakan untuk memperkenalkan produk ke masyarakat? Dan pertanyaan utamanya adalah : kenapa iklan itu gagal membuat produk itu berhasil padahal iklannya diingat baik oleh masyarakat luas? Ukuran apa yang membuat iklan berhasil atau gagal? Nah, kalau iklan tidak efektif, buat apa desainer harus kreatif?

dari tulisan yang ada, data yang tersedia cuma sedikit. penulis cuma membeberkan kecenderungan pemilihan para ahli hisap yang belum diketahui jumlah pastinya berapa. dan juga itu hanya ahli hisap yang ditanyai, sedangkan konsumen iklan selain mereka masih banyak sekali. kembali ke pernyataan saya di atas, penulis terlalu terburu2 memberikan vonis bahwa iklan terbukti tidak berhasil.

kenapa industri periklanan masih marak? kembali ke fungsi dasar, iklan adalah sarana promosi. promosi diperlukan untuk memberikan informasi yang layak kepada konsumen agar mereka mau membeli produk perusahaan. promosi bisa dibilang sebagai salah satu kebutuhan dasar perusahaan agar bisa bertahan & berkembang.

udah keliatan benang merahnya kan? gampangnya, selama yang namanya pebisnis/perusahaan masih ada, industri periklanan akan terus berkembang. karena mereka membutuhkan orang2 periklanan untuk mengelola sebagian dari kegiatan promosi mereka.

satu hal yang menurut saya harus diletakkan di atas kreativitas untuk para desainer, kemampuan berkomunikasi. percuma kan bagus2 ngebuat sebuah karya tapi orang2 pada gak ngerti maksudnya apa?

oza
04-02-2008, 08:00
Apakah iklan memang efektif? Mungkin juga, sebab ternyata iklan-iklan yang bagus banyak mendapat penghargaan

saya kurang sependapat, bung, dengan kutipan di atas. saya melihat iklan terbagi kepada dua sisi, satu sisi ekonomis, yang lainnya sisi kreativitas. sisi ekonomis berhubungan dengan keefektivitasan sebuah iklan dalam menggaet konsumen sehingga berefek pada penjualan. sedangkan kreativitas menunjukkan "nyawa" dari iklan tersebut. hal tersebut tidaklah sama. banyak iklan2 kampungan yang ternyata bisa meningkatkan penjualan dan di sisi yang lain tidak mendapatkan penghargaan.

saya pikir wajar jika orang2 periklanan juga yang memberikan penghargaan kepada iklan2 yang ada, sama wajarnya dengan aktor&aktris yang diberikan penghargaan piala oscar pada Academy Award. yang mengadakan Academy Award kan orang2 perfilman juga. contoh yang lebih deket lagi, Piala Citra dari FFI (bener gak nih namanya?)

sekian kritisi dari saya, kalo kurang.....nanti nambah lagi :D

nouvoz
04-02-2008, 09:51
tapi kan tujuan iklan bukan hanya untuk dongkrak jualan juga bos onid, ada juga tujuan yg lain.

onid
04-02-2008, 09:53
tapi kan tujuan iklan bukan hanya untuk dongkrak jualan juga bos onid, ada juga tujuan yg lain.

dan itu adalah..............??

nouvoz
04-02-2008, 10:00
Tujuan pertama dan paling mudah dicapai adalah:
mendapat perhatian (Attention) dari konsumen. Apabila iklan ditujukan untuk mendapatkan perhatian, effektifitasnya bisa dilihat dari seberapa banyak orang yang tahu tentang brand yang diiklankan.

Tujuan yang 2 adalah:
menarik minat (Interest) konsumen terhadap brand. Dengan kata lain merangsang konsumen untuk membuat penialain atau image yang positif tentang brand yang bersangkutan. Pada konteks ini effektifitas iklan bisa diukur dari sejauh mana image konsumen berubah terhadap brand setelah iklan dipublikasikan.

Tujuan 3 dari iklan adalah:
menumbuhkan keinginan (Desire) di hati konsumen untuk membeli brand. Apabila tujuan ini yang dipakai, seberapa banyak konsumen yang mempunyai keinginan untuk membeli brand yang diiklankan menjadi tolok ukur effektifitas iklan.

Tujuan iklan ke 4 adalah:
merangsang konsumen untuk membeli (Action) brand yang diiklankan. Effektifitas iklan diukur dengan cara melihat perubahan penjualan setelah iklan beredar.

nouvoz
04-02-2008, 10:03
atau bahasa jawa nya gini nih

AIDA is an acronym used in marketing that describes a common list of events that are very often undergone when a person is selling a product or service:

* A - Attention (Awareness): attract the attention of the customer.
* I - Interest: raise customer interest by demonstrating features, advantages, and benefits.
* D - Desire: convince customers that they want and desire the product or service and that it will satisfy their needs.
* A - Action: lead customers towards taking action and/or purchasing.

Nowadays some have added another letter to form AIDA(S):

* S - Satisfaction - satisfy the customer so they become a repeat customer and give referrals to a product.

dombabujel
04-02-2008, 10:09
lho...nid itu kan tulisanmu sendiri yg terbit di pcplus kaann??? mengingat2 jaman kejayaan kaah???

ascard
04-02-2008, 10:27
waw! sebagai desainer grafis pemula thread ini lumayan membantu.. makasih yak semua!

onid
04-02-2008, 10:34
atau bahasa jawa nya gini nih

AIDA is an acronym used in marketing that describes a common list of events that are very often undergone when a person is selling a product or service:

* A - Attention (Awareness): attract the attention of the customer.
* I - Interest: raise customer interest by demonstrating features, advantages, and benefits.
* D - Desire: convince customers that they want and desire the product or service and that it will satisfy their needs.
* A - Action: lead customers towards taking action and/or purchasing.

Nowadays some have added another letter to form AIDA(S):

* S - Satisfaction - satisfy the customer so they become a repeat customer and give referrals to a product.

apakah semua hal di atas bisa dipenuhi oleh iklan?

1. Attention/awareness (whatever...). kalo kamu lihat iklan di tv apa yang kamu lakukan? benar, cari channel yang lain.... kalo kamu lihat banyak iklan di suatu majalah, apa yang kamu pikir? "sialan, nih majalah banyak bener iklannya, rugi belinya...." kalo kamu dapat email iklan apa yang kamu lakukan? send to trash.....

2. interest. apanya yang mau menarik kalo liat aja males. ok, mungkin ada merk mobil baru dengan iklan yang bagus. apa yang kalian pikir? "bener nih iklan....???" kalo kebetulan lihat iklan di tv sekarang, banyak adv agency saking kepingin jadi menarik, akhirnya malah berlebihan dan keliatan konyol....

3. Desire. mungkin banyak yang iklan yang menumbuhkan keinginan kuat untuk membeli. tapi sampai berapa lama mereka mau membeli? tidak jarang orang yang beli tapi langsung kecewa.... sialan, guwe ketepu iklan nih.....

4. action. ya, mungkin saja....

5. satisfaction. what the hell? saya nggak pernah dengar ada perusahaan yang memuaskan konsumennya melalui iklan.....

OK, apakah setelah memenuhi syarat di atas, sebuah iklan bisa disebut berhasil? ambil contoh rokok mustang? masih ingat? nah, itu iklan sangat berhasil. tiap orang pasti tahu, perokok pun mau mencoba. tapi kenapa sekarang produknya mati?

ingat supertin? iklan yang "lho kok loyo.... cepat ambil supertin..." inget kan? suka kan? pesannya jelas kan? sekarang supertin kok gak ada (mungkin ada, tapi paling tidak sudah bertahun-tahun aku nggak lihat produk itu)?

ayo, siapa lagi yang iklannya bagus tapi produknya mati. atau nggak ada yang ingat karena banyaknya iklan? ato karna gak ada iklan yang bagus?

so, what the purpose of iklan?

nouvoz
04-02-2008, 10:40
makanya biar semua hal2 yg diatas bisa dipenuhi paling tidak medekati,
makanya bikin iklan hrs sekreatif mungkin toh...

onid
04-02-2008, 10:50
lho, yang aku bilang, walaupun sebuah iklan berhasil dan memenuhi kriteria di atas, tapi belum tentu membuat produk yang diiklankan jadi berhasil....

malah aku pikir kok nggak ada iklan yang berhasil membuat produknya berhasil di pasaran.....

bahkan banyak perusahaan yang tidak beriklan tapi sukses (salah satunya adalah biro iklan. pernah lihat iklan heboh dari biro iklan?), misalnya mercedez, microsoft, apple. yah, mereka beriklan sih, tapi kan jarang banget....

perusahaan rokok yang gede paling-paling bikin iklan counter aja dari pemain-pemain baru....

nouvoz
04-02-2008, 11:03
ya kalo hanya mengandalkan hanya dari iklan aja untuk dongkrak penjualan ya pasti berat.

dan iklan hanyalah salah satu dari kegiatan marketing biar bisa mendongkrak penjualan.

selain iklan kegiatan2 marketing antara lain, dari kualitas produk, promosi, pengembangan produk yg baru, dsitribusi serta customer service tentunya mungkin ada yg mauu nambahin lagi :D

onid
04-02-2008, 11:28
nah, jadi bener nih, jadi desainer gak harus kreatif?

yang kreatif kan harusnya orang marketing, desainer kan cuman disuruh-suruh bikin aja ya.....????

trus apa gunanya adv agency ya?

nouvoz
04-02-2008, 11:42
yg lbh kreatif itu yah orang creative lah, makanya dalam agency, atau pun PH itu ada designer, art director, ada creative director, nah di tingkatan2 itu itu ada yg siapa yg cari ide siapa yg exekusi idea tersebut...

onid
04-02-2008, 12:24
ya... ya... ya....

kebanyakan desainer beranggapan bahwa dia harus orang yang paling kreatif. urusan kreatif adalah urusan desainer. itu salah. salah besar. setiap orang harus kreatif, nggak peduli pekerjaannya apa. kreatif bukan hanya untuk desainer saja.

seperti 4 tahun lalu saat artikel itu saya buat, 90% tanggapan adalah dari desainer dan 100% tanggapan desainer tersebut menyalahkan saya. mereka beramai-ramai mengkounter anggapan tersebut.

itu nggak salah, karena di otak mereka cuma tertanam bahwa desainer harus kreatif. kreatif cuma milik desainer. nah, anehnya, tanggapan desainer tentang pernyataan saya kok sama semua..... nggak kreatif ya...??

harusnya, kalo mereka kreatif dan betul-betul terobsesi dengan kreatif, muncul pertanyaan : kalo bukan desainer, lalu siapa yang harus kreatif? inilah inti dari artikel yang saya buat, bukan perkara iklan atau yang lainnya.... itu cuman keisengan saya dan alasan saya untuk mencaci biro iklan yang dapat bayaran tinggi tapi hasilnya nggak seberapa, mengagungkan kreativitas tapi menghasilkan iklan konyol..... kerja ngomong ngalor ngidul nggak karuan, tapi dianggep orang pinter dan dapat bayaran besar..... saya mencaci karena iri kok, kenapa saya nggak bisa dapat bayaran sebesar itu..... he...he...he....

ada dua hal yang harus diperhatikan setelah membaca judulnya, yaitu desainer dan kreativitas. siapa itu desainer? desainer apa yang dimaksud? siapa yang berhak disebut desainer? orang yang baru lulus sekolah desain? orang yang sudah 1000 kali bikin brosur? atau yang mencantumkan jabatan desainer di kartu namanya?

setelah itu, apa itu kreativitas? apakah sekedar punya ide untuk bikin brosur atau iklan? atau bikin suatu iklan yang bisa bikin orang bilang wow? atau bikin sesuatu yang aneh?

menurut saya, sebutan desainer itu harusnya disematkan oleh orang lain ke kita, bukan kita yang memproklamirkan diri sebagai desainer.

sedangkan kreativitas, menurut saya itu adalah ajakan untuk berbagi pengalaman emosional maupun visual yang menurut kita sangat menarik dan bermanfaat.

contoh implementasinya, misalkan ada sebuah produk juice buah yang ternyata mengandung kalsium tinggi. nah, apa salahnya kalo kita berbagi pengalaman mengkonsumsi juice buah dengan orang-orang tua?

saran untuk yang mau berprofesi sebagai desainer : belajarlah marketing!

joeant
04-02-2008, 12:39
No offense, tapi justru menurut gw kreativitas paling penting.
Belajar sopwer mah gampang aja. Kursus ato dowload Lynda.com aja dah bisa nguasai sopwer2 tertentu.

but then again, this is just my humble opinion!


=====================
no crEATivity without EAT
=================

joeant
04-02-2008, 12:41
tapi gw setuju ama bos onid, salah satu kelemahan orang disain adalah:
KURANG BISA MARKETING

Mungkin karna ada sisi 'idealisme' dalam diri orang2 disain yg kadang2 justru jadi bumerang kala menjual 'ide' disain kepada calon klien.

so, jargon "Belajarlah marketing!" keknya perlu dijadikan kampanye baru buat orang2 disain kek gw!! huehuhe..

nouvoz
04-02-2008, 12:56
hiyuuu mariiii......

Mac_Vee
04-02-2008, 13:06
tapi gw setuju ama bos onid, salah satu kelemahan orang disain adalah:
KURANG BISA MARKETING

Mungkin karna ada sisi 'idealisme' dalam diri orang2 disain yg kadang2 justru jadi bumerang kala menjual 'ide' disain kepada calon klien.

so, jargon "Belajarlah marketing!" keknya perlu dijadikan kampanye baru buat orang2 disain kek gw!! huehuhe..

sepakat bang joeant..!!!.....
masalahx ide kreative kadang bs mental......terkait dengan keinginan customer yang begitu aneh2 alias karepe dewek akhirnya desainer hanya manut2 and ngikut..MARKET-lah kuncinya....coz customer is a king......

onid
04-02-2008, 13:13
kreativitas adalah hal yang terpenting, bukan saja untuk desainer, tapi untuk semua profesi. hanya desainer saja yang mengklaimnya sebagai hal yang terpenting dalam profesinya.

nah, apa kreativitas menurut kamu?

kalo nggak bisa menjabarkannya dengan kata-kata, mana bisa jadi desainer...????

ayo share di sini, biar kita bisa saling mengambil manfaat..... dengan begitu kita bisa punya spektrum wawasan yang luas tentang kreativitas.....

mulai dari aku : kreativitas adalah ajakan untuk berbagi pengalaman emosional maupun visual yang menurut kita sangat menarik dan bermanfaat untuk siapa saja yang menikmati.....

joeant
04-02-2008, 13:28
Kalo menurut gw, Kreativitas adalah Kemampuan menuangkan hal abstrak (dalam hal ini adalah ide dalam otak) ke dalam sebuah wujud visual maupun verbal.

Ini yg membedakan orang kreatif dengan orang 'tidak kreatif'.
Hal paling kelihatan dari orang 'Tidak kreatif' adalah omongan: "Nah kayak gini ini yang gw mau.!!"

Mac_Vee
04-02-2008, 14:14
kreativitas adalah hal yang terpenting, bukan saja untuk desainer, tapi untuk semua profesi. hanya desainer saja yang mengklaimnya sebagai hal yang terpenting dalam profesinya.

nah, apa kreativitas menurut kamu?

kalo nggak bisa menjabarkannya dengan kata-kata, mana bisa jadi desainer...????

ayo share di sini, biar kita bisa saling mengambil manfaat..... dengan begitu kita bisa punya spektrum wawasan yang luas tentang kreativitas.....

mulai dari aku : kreativitas adalah ajakan untuk berbagi pengalaman emosional maupun visual yang menurut kita sangat menarik dan bermanfaat untuk siapa saja yang menikmati.....

kreativitas adalah kemampuan menghasilkan sesuatu yang baru. Artinya, produksi oleh satu atau lebih orang dalam bentuk ide dan penemuan yang pribadi, orisinil dan mempunyai arti. selain itu Kreativitas lahir dari talenta dan kemampuan yg alami.

dikaitkan dg desainer....
Kreativitas bukanlah hal baru didalam dunia desain, demikian juga ekonomi (marketing). Yang baru adalah hubungan dan kombinasi antarkeduanya, sedemikian rupa, sehingga menghasilkan nilai dan kekayaan alias dpt meraup fulus gituu. Manusia dengan gagasan, manusia yang memiliki ide sendiri, jauh lebih dahsyat ketimbang manusia yang bekerja dengan mesin. Bahkan, jauh lebih dahsyat dari manusia pemilik mesin.

nouvoz
04-02-2008, 15:00
kreativitas= menghayal tinggi dong :D

onid
04-02-2008, 16:03
kreativitas= menghayal tinggi dong :D

tapi dibayar dan dapet duit.....

nouvoz
04-02-2008, 16:28
lha kalo menghayal miyabi sampeyan mau bayar tah? :D

onid
04-02-2008, 17:03
kalo dibayar mau.....

wah, katanya di sini banyak desainer dan calon desainer..... kok nggak ada suaranya? masa takut sih....????

Mac_Vee
04-02-2008, 17:29
bung momod kyk-nya mo menggalang para desainer ya....?:001_rolleyes:

onid
04-02-2008, 17:33
nggak, pingin tahu aja, banyak nggak desainer yang berkeliaran di mci....

cendana
04-02-2008, 18:03
designer baju termasuk ngga??? :scared::scared::001_tt2:

cies
04-02-2008, 19:39
kalo menurut gue seh, seorang desainer harus lah KREATIF, karena tanpa kreatifitas dia ga akan bisa punya ide2 cemerlang ato terobosan baru. jadi bisa di katakan klo nafas dari seorang desainer adalah kreatifitas. tanpa kreatifias desainer akan mati. klo masalah penguasan software, seorang desainer ga perlu ahli2 amat dalam sofware, yang penting tau garis besarnya. software yg digunakan nanti dipengaruhi saat EKSEKUSI. yg memegang peran penting dalam eksekusi adalah DRAFTER. dengan kata lain, untuk menguasai software secara mendalam adalah DRAFTER, bukan DESAINER. klo masalah iklan, iklan hanyalah salah satu cara untuk memasarkan/mengenalkan suatu produk. jadi klo nantinya si produk tidak mengalami peningkatan penjualan. itu bukan salah dari si iklan saja. namun salah dari pemasaran yang ada.

:mellow:
-salam-

dombabujel
04-02-2008, 20:12
halaahh...mbok ya sudah walau seorang desainer itu cmn bs oprek2 software jg gpp kan??? namanya juga cari duit, itupun juga tuk menghidupin kluarganya dan lagean jg itu juga salah satu ibadah...

kl seorang desainer hrs bs marketing itu jg bener biar slalu laku....cmn juga itu ada negatipnya lhooo...kasihan orang2 yg bekerja sbg marketing, sesekali ya bagi2 rejeki sapa tahu lebih enak kl dikerjakan bersama

kl seorang desainer hrs kreatip dan idealis juga gpp, mungkin dia bs makan hanya dr keidealisannya itu...mungkin dgn itu seorang marketing bs mendapatkan porsi rejekinya

Pokok dari semuanya ini kan ujung2nya pasti duit....sudahlah mending kita saling bantu membantu, toh rejeki sdh ada yg mengatur jatahnya masing2 kan???

getoo aja kok repooott.....

HABIB
05-02-2008, 02:30
Kalo menurut gw, Kreativitas adalah Kemampuan menuangkan hal abstrak (dalam hal ini adalah ide dalam otak) ke dalam sebuah wujud visual maupun verbal.

Ini yg membedakan orang kreatif dengan orang 'tidak kreatif'.
Hal paling kelihatan dari orang 'Tidak kreatif' adalah omongan: "Nah kayak gini ini yang gw mau.!!"



ndak jau beda jau ama penyair

HABIB
05-02-2008, 02:40
desainer menuangkan karyanya ke dlm gambar
penyair menuangkan karyanya ke dlm untain kata. toh mereka sama2 artis, yg penting kreatif

Mac_Vee
05-02-2008, 02:45
syip...syip..buat semuanya....two thumbs up:thumbup::thumbup:

owalah GhostBanong...(untuk yg di bold, jgn dikomentarin ya...cm ekspresi koq)

7-request
05-02-2008, 02:49
setuju ma judul threadnya... :)

HABIB
05-02-2008, 03:47
Desainer Grafis Gak Perlu Kreatif, betul tapi jangan lupah mendesain itu kreatif

Mac_Vee
05-02-2008, 05:38
Nyolong desain juga kreatif lho.........

kutukandewata
05-02-2008, 05:57
dan itu adalah..............??
menurut saya iklan bukan hanya untuk ajang jualan aja bos....tapi juga adu gengsi antar perusahaan...setiap perusahhan juga bakal trenyuh liat nama sampoerna...karena mereka tau itu perusahaan besar...tapi tujuan utama iklan adalah menanamkan pada pemirsa ato pendengar bahwa ada produk tertentu yg bernama ini..jadi sewaktu kita pergi entah kmna trus cari rokok sampoerna gak ada dan adanya diantaranya cuma bentoel dan 1 jenis rokok dgn merk gak jelas kita pasti akan pilih bentoel karena rokok itu telah ada di dalam otak qt karena iklan....

tapi disini qt membahas iklan ato menjadi DG....kalo menurut judul nya asli saya gak setuju....seorang desainer pasti nya harus kreatif....tapi kalo desaigner grafis gak bisa gambar itu mungkin lebih masuk om....karena skill dasar itu gak bnyak dimiliki seorang desainer grafis sekarang ini.....karena pada dasarnya pekerjaan desainer itu menuntut pikiran yg "out of the box" karena kita hanya diksi konsep bukan contoh pada waktu mengerjakan pekerjaan qt...jadi kalo gak kreatif gak usah jadi desainer mending jadi tukang reparasi karena semuanya sudah ada jalan nya dan gak perlu ngutak ngatik lagi kan.....jadi menurut pengalamana dan kesimpulan saya itu yg bisa saya katakan..bukan sok tau tapi cuma gak setuju...

:: PEACE LOVE AND RESPECT :::blushing::blushing:

onid
05-02-2008, 06:11
menurut kalian desainer grafis harus kreatif.... nah, menurut lo, --para desainer grafis-- kreatif itu apa? jangan ngomong kreatif-kreatif tapi nggak tahu artinya apa.....

Mac_Vee
05-02-2008, 06:18
hi....bung momod...nadanya agak tinggi neh.....
kabur ahhhhhhh

onid
05-02-2008, 06:22
agak tinggi...?? berapa oktaf..??

kutukandewata
05-02-2008, 07:00
menurut kalian desainer grafis harus kreatif.... nah, menurut lo, --para desainer grafis-- kreatif itu apa? jangan ngomong kreatif-kreatif tapi nggak tahu artinya apa.....

wedew sadis amat...di otakku sndri kreatif adalah masa dimna kita dapet ilham warna..garis...bentuk dan hasil yg memuaskan....emang kalo diliat garis cuma ada 2 macam lurus dan melengkung...warna dasar hanya 7 jadi pasti wajar kalo suatu saat om onid bakal nemuin desain yg "mirip" tapi gak sama...sama kaya orang ngarang lagu ada 27 jenis huruf dan pasti merka akan gunakan itu jadi gak mungkin mereka dibilang gak kreatif pas nulis kata "kamu" karena lagu lain pake kata yg sama.....

jadi dari segi kreativitas emang kita di tuntut om...karena spt yg saya bilang sebelum nya kerjaan kita ini berdasarkan "konsep" semua dari nol...dan itu juga kita harus memenuhi berbagai aspek seperti logika, estetika dan etika....juga bnyak hal yg tidak terduga....spt customer request.....misalkan dia minta warna dasar hijau dgn konsep yg sebenernya cocok dgn warna merah....disitu qt harus memenuhi permintaan customer tapi gak lupa untuk memenuhi segi artistik dari konsep kita.....

kita dibayar mahal bukan karena qt copy paste tapi karena kemampuan kita untuk menuangkan ide kita dan memenuhi kebutuhan pasar....kalo kita gak kreatif om kita gak akan pnya ciri....soalnya qt selalu nyontek kerja orang...kaya pemusik aja mereka pasti pnya ciri sndiri...om pasti tau gimana tarikan suara once dan ahmad dani...om juga pasti tau lengkingan suara gitar yngwie ama suara yg dikeluarin kalo gitar itu dipegang ama Ian antono...dan om pasti tau kalo gambar ini tao itu dikerjain temen om yg ini ato yg itu karena om dah knal dia dan cirinya....jadi dari sini kita tau kalo sebernya kreativitas itu sebernya ada dan dimiliki semua....bahkan om sndiri kreatif pas masukin thread ini.....

:blushing::blushing:

graphonlabour
05-02-2008, 15:25
menurut kalian desainer grafis harus kreatif.... nah, menurut lo, --para desainer grafis-- kreatif itu apa? jangan ngomong kreatif-kreatif tapi nggak tahu artinya apa.....



Kalo menurut saya Desainer grafis memang kreatif
dengan pengertian Kreatif disini adalah ; sketch, small study & experimental

seorang desainer grafis dalam membuat karya yang dia lakukan adalah melakukan sketsa kemudian dia jg melakukan research /studi kecil dan memerlukan sedikit eksperimen untuk mematangkan idenya.

Dari tiga hal yg dilakukan tadi hasilnya adalah sebuah karya kreatif.




"terus berkarya"
:001_smile:

onid
05-02-2008, 15:51
mmm..... pendapat yang sangat menarik. apa itu bukan penjelasan tentang langkah-langkah seorang desainer untuk membuat sebuah karya?

kalo tidak keberatan, boleh dong urun pendapat di sini....
http://macclubindonesia.com/forums/showthread.php?t=11952

igen
06-02-2008, 21:48
tapi gw setuju ama bos onid, salah satu kelemahan orang disain adalah:
KURANG BISA MARKETING

kasian kalo desin jago marketing.....kasian ntar orang2 marketing ga dapet kerjaan :001_tt2:..........minimal orang desain ngerti marketing ama ccounting dikit2..........pertanyaan terberat adalah

1. berapa lo jual desain lo........
2. mahal banget.....

igen
06-02-2008, 22:02
Cukup bisa CorelDraw atau PhotoShop, mungkin ditambah dengan PageMaker, FreeHand, Illustrator, atau software desain grafis lain, itu sudah cukup. Nggak percaya? Apa yang diajarkan oleh lembaga kursus dalam bidang desainer grafis? Pasti software untuk desain grafis seperti PhotoShop, CorelDraw, FreeHand, dan lain-lain. Kreativitas? Mana ada lembaga kursus yang mengajarkan hal tersebut?



wakakkakkakaka......inilah yang jadi bikin banyak desainer dadakan......baru bisa sopwer grafis langsung ngaku desai grafis,........kalo cuma bisa sopwer doang itu paling jadi drafter.....ada yang ga dinajar dilembaga ato kursus2 grafis......urusan desain biasanya ada 5W (what, when, where, who, why) 1H (how) ditambah SWOT ato TOWS (ini gw lupa apa aja isinya).....hal itulah yang ada di desain yang nantinya dipake dalam suatu konsep dalam desain..........kursus ga pernah diajarin itu kan :001_tt2:

cipan
07-02-2008, 00:10
menurut kalian desainer grafis harus kreatif.... nah, menurut lo, --para desainer grafis-- kreatif itu apa? jangan ngomong kreatif-kreatif tapi nggak tahu artinya apa.....

sorry saya kurang mengerti banyak akan desain grafis, apalagi dikaitkan dengan nilai kreativitas seperti yang diposting oleh mas2 n mbak2 sekalian.
tapi menurut pengalaman dan jam terbang, kreativitas adalah perbuatan yang nyata bersifat baru, unik, berguna, benar, atau bernilai bagi diri kita atau orang lain. dan yang jelas memberikan keuntungan. duit duit duit !!!

cies
07-02-2008, 02:21
menurut kalian desainer grafis harus kreatif.... nah, menurut lo, --para desainer grafis-- kreatif itu apa? jangan ngomong kreatif-kreatif tapi nggak tahu artinya apa.....

klo buat gue mah, kreatif artinya bisa memanfaatkan semua yg ada untuk menghasilkan sesuatu yang berguna.

:001_tt2::001_tt2::001_tt2:

onid
11-02-2008, 06:10
desainer grafis harus kreatif? hmmmmm..... sebetulnya begini, perusahaan-perusahaan advertising saat ini sudah mulai berubah, kalo dulu melulu urusan iklan, sekarang sudah mulai menyebut-nyebut marketing. mereka kini melakukan seluruh kegiatan promosi, mulai dari launching produk, promo keliling, pokoknya semua seluruh kegiatan promosi.

intinya, advertising agency kini tidak lagi mengandalkan desain yang bagus atau indah, tapi sudah mengandalkan jargon-jargon marketing untuk menjual perusahaannya. mereka kini sudah mengandalkan kreativitas dalam bidang marketing, bukan lagi kreativitas dalam membuat suatu desain.

yah, paling tidak inilah yang saya lihat akhir-akhir ini.....

igen
11-02-2008, 11:00
sebenernya bukan cuma desainer yang harus kreatif.........untuk adv agency paling tidak punya tim kreatif, toh bukan kumpulan orang grafis yang ngetem di tim kreatif.

onid
11-02-2008, 15:01
bukan cuma desainer yang harus kreatif..... semua orang harus kreatif.....

bawes
12-02-2008, 00:12
nah itu SETUJU banget pakde....
......semua orang harus kreatif.....

hehehe...gak kreatif ya ... cuma copy paste aja...ada lah ditambahin satu kalimat di atas dikit

ady.Sumady
12-02-2008, 14:29
bukan cuma desainer yang harus kreatif..... semua orang harus kreatif.....

Saya pikir desainer -bagaimanapun dan atau apapun kemudian artinya- haruslah seorang yang kreatif, mampu mengambil tanggung jawab arah dari suatu desain, harus mampu memberi ide positif yang maksimal terhadap suatu tema yang telah disepakati.

Saya pikir agak sulit bila kesuksesan suatu iklan (atau sesuatu hasil publikasi kreatif) dibebankan hanya pada desainer, sebab didalamnya ada beberapa kepala pintar yang juga harus kreatif dan taat pada tema yang telah diambil. Kepala pintar itu seperti art director, penanggungjawab script, atau apalah.

Saya pikir, maksud dari tulisan mas onid 'desainer kreatif gak perlu kreatif' adalah bermakna permudahan dari sesuatu yang oleh sebagian orang dianggap rumit.
Adalah ajakan bagi desainer grafis baru dan miskin ide. Takut dikira hasilnya gak kreatif.
jadi mungkin ajakannya, Bikin saja!!! jangan perduli dengan kata orang, dengan begitu dengan sendirinya anda telah belajar...

Saya pikir saya kebanyakan bicara...

onid
12-02-2008, 15:01
saya pikir, saya terlalu memikirkan hal ini.....

ady.Sumady
12-02-2008, 16:12
...dan kayaknya jarang ada threat yang membahas sesuatu seberbobot ini..
Salut mas..:001_rolleyes:

onid
12-02-2008, 16:32
halah mas.... wong saya ini cuma iseng aja.....

but i really mean what i've said..... hehehehe.....

bawes
12-02-2008, 16:43
saya pikir, saya terlalu memikirkan hal ini.....

makin tua mbah kalo dipikirkan....
yang enteng-enteng aja... udah maem apa blum hr ini :001_tt2::001_tt2:

slowee
12-02-2008, 22:16
muantab tajam dan menusuk wkwkwk

btul sih kata bung onid ,, sebenarnya itu berlaku di negara kita ini kreatifitas kita ditahan berbeda dengan negara lagin orang yang kreatif dia yang sukses

karena gue ingat kata p.Picasso
nothing is imposible with ur imagine,

cipruk
13-02-2008, 00:17
ibaratnya kalo di music industri sini nih yaa.. lagu di indonesia yang laku kbanyakan yang gak bermutu.. yang kreatip dan bermutu ahirnya dikorbanin buat yang komersil..

7-request
18-02-2008, 23:58
pendapat dari orang bego (gw sendiri)

kreatif, itu = selama menurut mata/telinga/idung sendiri bagus dan nyaman dipandang (kalo grapis) didengar (kalo audio) diendus (kalo boga).

keknya salah (sangat tidak menghasilkan kenyamanan keknya kreatif model gitu)

danank
19-02-2008, 07:24
KREATIF YANG MENJUAL ato MENJUAL SECARA KREATIF ???????
pro kontra ampe sekarang
....klo prinsipku keep orisinil iku thok ae wis, ora iso ngomong ngalor ngidul maaf....

onid
19-02-2008, 09:31
pro dan kontra? lha wong kreatif yang menjual dan menjual secara kreatif itu beda kok......

ndandrian
19-02-2008, 10:08
Sebenernya seh saya gak stuju2 bgt kl dibilang Disain Grafis ga kreatif....some of them may be yes...karna di Indonesia masih mengikuti trend dari sono nya Hahahahaha....n terkadang si klien ikut menentukan hasil akhir disain yang di buat si kreatif...

tinus
01-03-2008, 04:58
mohon maaf.. baru baca tread ini, mencoba share poin of view saja karena kebetulan saya belajar dan bekerja di bidang yang dibahas...

1. Kreatif sangat bagus jika dimiliki oleh semua orang whoever it is, tetapi bukan sebuah keharusan, sebuah pilihan dan suatu hal yg bisa dipelajari dan diasah.
2. Designer apapun tidak harus kreatif, tetapi akan punya nilai plus jika selain pintar konsep, seni dan software dia juga kreatif. Kreatif tidak hanya melulu pada penuangan buah karya atau ide, bisa jadi kreatif dalam eksekusi, kreatif dalam produksi, kreatif memanfaatkan cost yg minimal dgn hasil yg maksimal, kreatif mencari kenalan tukang printing dan sablon, sampai kreatif memilih milis macclub untuk berbagi ilmu, dan masih banyak lagi.
3. Pada dasarnya designer sebuah pilihan akan ketertarikan (prefferences)
anda memilih untuk jadi konseptor yang mikir a-z sebuah ide dan karya (disini kreatifitas menemukan ide seluas-luasnya diperlukan)
atau jadi visualizer yang mengeksekusi ide menjadi sebuah karya artwork dalam bentuk apapun, media apapun dan dengan tools apapun, termasuk software (disini pintar software akan sangat membantu)
4. Masalah kreatif-menjual-mendongkrak produk, dsb. merupakan satu keterkaitan yg tidak dapat dipisahkan, banyak komponen2 yang melatarbelakangi. Sebagai contoh, di adv. agency ada banyak komponen2 yg satu sama lain saling menguatkan, seperti strategic planner/researcher, art director, creative director, copywriter, visualizer, dll. Kalaupun kesemuanya itu bisa dilakukan oleh satu orang saja, wah akan menguntungkan perusahaan karyawan efektif seperti ini, mungkin dia justru sudah jadi bos.
5. Kalo menurut poin of view saya pribadi (namanya juga poin of view, tidak ada benar salah, boleh setuju boleh juga tidak) Kreatifitas tetep pemegang kunci pokok. Dengan kreatifitas banyak hal yg tadinya gak kepikir atau gak kebayang jadi kewujud, gak pinter software juga kalo dia kreatif akan cepet pinter karena kalo kreatif dia pasti punya banyak cara untuk menuju tujuan yg diinginkan.....

mudah2 an membantu dan memberi pencerahan...

terima kasih

p.s : daripada kita pusing memikirkan "designer grafis harus kreatif" bagaimana kalo dibalik, "semua orang bisa kreatif, bahkan bisa jadi designer"... toh semua hal kan bisa dipelajari dan diasah... apalagi teknologi & informasi sekarang sangat maju & mendukung.. okay?

onid
01-03-2008, 08:37
saya setuju.....

untuk yang no 2 itu betul sekali...... desainer grafis tidak harus kreatif, sesuai dengan judul thread ini, desainer grafis gak perlu kreatif.....

orang-orang advertising agency itu pembohong besar (ini menurut saya). advertising agency harusnya cuma ngurusi iklan, kenapa pekerjaan orang marketing diembat sekalian (strategic planner, media planner, researcher....)

kalo udah seperti itu harusnya jadi marketing agency, bukan advertising agency...... dan kalo sudah marketing agency, harusnya motor kreatif pada orang marketing, bukan desainer grafis......

ady.Sumady
01-03-2008, 13:14
....orang-orang advertising agency itu pembohong besar (ini menurut saya). advertising agency harusnya cuma ngurusi iklan, kenapa pekerjaan orang marketing diembat sekalian (strategic planner, media planner, researcher....)

kalo udah seperti itu harusnya jadi marketing agency, bukan advertising agency...... dan kalo sudah marketing agency, harusnya motor kreatif pada orang marketing, bukan desainer grafis......

Setuju..
Setuju..:closedeyes:

gama
02-03-2008, 02:01
ya, kreatif ga kreatif yang penting client/bos seneng, gaji dinaekin, .. udah cukup koq..:001_tt2:

onid
02-03-2008, 10:30
jadi semua pada setuju nih kalo desainer grafis gak perlu kreatif....????

cipruk
02-03-2008, 10:50
gimana kalo dibalik aja judul trednya

"gak kreatif gak perlu jadi desainer grafis"

udah pasti bner..

Aspalzz
02-03-2008, 12:37
Desainer grafis ga perlu kreatif kalo ga ada project

Kalo iklan seh tergantung pesan yang mo disampaikan...

Salut tuk bos Onid

onid
02-03-2008, 15:31
gimana kalo dibalik aja judul trednya

"gak kreatif gak perlu jadi desainer grafis"

udah pasti bner..

gimana kalo : gak perlu jadi desainer grafis untuk kreatif.....???

7-request
02-03-2008, 15:39
gimana kalo : gak perlu jadi desainer grafis untuk kreatif.....???

gimana musisi, dj, VJ, sound designer, koki,

btw, pa sih bedanya kreatip ma inopatip,..??? keknya mirip mirip gitu de,..

NeoSentra
02-03-2008, 16:49
gimana musisi, dj, VJ, sound designer, koki,

btw, pa sih bedanya kreatip ma inopatip,..??? keknya mirip mirip gitu de,..


Judul awal adalah Desainer Grafis Gak Perlu Kreatif. Kesimpulan sementara adalah:

"Semua profesi membutuhkan Kreatifitas".
"Desainer Grafis adalah sebuah profesi",
"Maka Desainer Grafis memerlukan Kreatifitas".

Kalo menurut saya sih Kreatifitas adalah Daya Cipta yang dimiliki semua Manusia (Innate/Birth Wired Gift). Dan semua manusia memang menggunakannya, setidaknya untuk memilih dan mendapatkan jenis makanan yang dibutuhkannya. Memilih jalan hidupnya. Mencapai cita2nya. Dan termasuk memilih tetap pakai Jendela atau beralih ke Apel. Nah, perbedaannya adalah dalam bidang apa kita menggunakannya dan seberapa optimal kita memanfaatkannya. Karena kalo dibilang bahwa harus diasah dan dilatih ya hanya teknikal skill dalam hal menungkannya saja.

Tetapi Kreatifitasnya sendiri kan ga bisa dipelajari dari siapapun maupun lembaga manapun. Ada saja saatnya dimana kita mendapat Insight pas lagi 'e'e, dan ternyata sangat oke hasilnya. Ada juga kalanya jawaban itu muncul dari cara berpikir anak2 kecil. Jadi kemunculannya bisa melalui proses panjang (riset dan kontemplasi) ataupun melalui pencerahan seketika/singkat saja. Makanya saya memisahkan antara Daya Cipta (Kreatifitas) dengan kemampuan (Technical Skill) untuk memanifestasikannya dalam bentuk Komunikasi Audio maupun Visual (baca: Karya).

Semua orang bisa bermimpi, tetapi tidak semuanya mampu melukiskan mimpinya di atas kanvas maupun pake CorelDraw sebagaimana yang dialaminya (setidaknya berusaha mendekati). Jadi Kreatifitas adalah anugerah dari Yang Maha Kreatif yang perlu di-elaborate dan didukung dengan Technical Skill yang memadai apabila memang dianggap perlu dituangkansecara nyata, baik dengan alasan cari duit maupun sekedar hobi.

Kreatifitas adalah Daya Cipta dalam bentuk ide dan imajinasi yang orisinil. Makanya tidak bisa digunakan sebagai kata benda karena belum maujud jadi karya, kecuali bila disandingkan dengan kata lainnya seperti Creative Director, nah yang ini udah berbentuk orang nih.

Inovasi adalah kemampuan menciptakan metode/karya baru berdasarkan sesuatu yang sudah pernah ada sebelumnya dan mengandung unsur perbaikan (improvement).

Waaaaaa...nape jadi serius gini yak....?!?!?! :sweatdrop:

tinus
03-03-2008, 12:42
gimana kalo : gak perlu jadi desainer grafis untuk jadi kreatif.....???

stuju.... hyukk ganti judul tread :001_tongue::001_tongue:wah Bung Onid emang jempolan!!

cipruk
03-03-2008, 15:10
Judul awal adalah Desainer Grafis Gak Perlu Kreatif. Kesimpulan sementara adalah:

"Semua profesi membutuhkan Kreatifitas".
"Desainer Grafis adalah sebuah profesi",
"Maka Desainer Grafis memerlukan Kreatifitas".

Kalo menurut saya sih Kreatifitas adalah Daya Cipta yang dimiliki semua Manusia (Innate/Birth Wired Gift). Dan semua manusia memang menggunakannya, setidaknya untuk memilih dan mendapatkan jenis makanan yang dibutuhkannya. Memilih jalan hidupnya. Mencapai cita2nya. Dan termasuk memilih tetap pakai Jendela atau beralih ke Apel. Nah, perbedaannya adalah dalam bidang apa kita menggunakannya dan seberapa optimal kita memanfaatkannya. Karena kalo dibilang bahwa harus diasah dan dilatih ya hanya teknikal skill dalam hal menungkannya saja.

Tetapi Kreatifitasnya sendiri kan ga bisa dipelajari dari siapapun maupun lembaga manapun. Ada saja saatnya dimana kita mendapat Insight pas lagi 'e'e, dan ternyata sangat oke hasilnya. Ada juga kalanya jawaban itu muncul dari cara berpikir anak2 kecil. Jadi kemunculannya bisa melalui proses panjang (riset dan kontemplasi) ataupun melalui pencerahan seketika/singkat saja. Makanya saya memisahkan antara Daya Cipta (Kreatifitas) dengan kemampuan (Technical Skill) untuk memanifestasikannya dalam bentuk Komunikasi Audio maupun Visual (baca: Karya).

Semua orang bisa bermimpi, tetapi tidak semuanya mampu melukiskan mimpinya di atas kanvas maupun pake CorelDraw sebagaimana yang dialaminya (setidaknya berusaha mendekati). Jadi Kreatifitas adalah anugerah dari Yang Maha Kreatif yang perlu di-elaborate dan didukung dengan Technical Skill yang memadai apabila memang dianggap perlu dituangkansecara nyata, baik dengan alasan cari duit maupun sekedar hobi.

Kreatifitas adalah Daya Cipta dalam bentuk ide dan imajinasi yang orisinil. Makanya tidak bisa digunakan sebagai kata benda karena belum maujud jadi karya, kecuali bila disandingkan dengan kata lainnya seperti Creative Director, nah yang ini udah berbentuk orang nih.

Inovasi adalah kemampuan menciptakan metode/karya baru berdasarkan sesuatu yang sudah pernah ada sebelumnya dan mengandung unsur perbaikan (improvement).

Waaaaaa...nape jadi serius gini yak....?!?!?! :sweatdrop:
setujuu......





...ajah.. males bacanya.. kekekek

Aspalzz
03-03-2008, 23:41
gimana musisi, dj, VJ, sound designer, koki,

btw, pa sih bedanya kreatip ma inopatip,..??? keknya mirip mirip gitu de,..

Kreatif orangnya ...

... inovatif produknya

mirip ga?

skaventh
03-03-2008, 23:59
Wah thread yang menarik banget jadi inget kata om David dulu...

"In the modern world of business, it is useless to be a creative, original thinker unless you can also sell what you create."

Peace Yo!:001_tongue:

cipruk
04-03-2008, 01:03
stujuh.. its all bout selling apapun.. selling skill, knowledge, creativity, ideas.. smua gak penting kalo gak bisa kejual ato dipake buat jual..

kalo laku gw dah jual diri dah dr kmaren2..

deon
17-03-2008, 14:46
bener sih kata bang onid, ga cuma designer grafis yg musti creative, semua org must be creative,....buktinya wa creative designer, and my wife bukan dari org graphic, tp dia punya pemikiran2 yang lebih creative than me....jadi kadang wa dapet ide creative seudah brief ma dia...so cool isn't?? :001_tt2:

so....anyone can be creative, doesn't matter who you are sob!!!

geoti
28-03-2008, 09:44
Hlo semua, kami dari GeoTi butuh orang yang bisa ngajarin strata 3D selama 1 minggu (atau lebih). atau bahkan bisa kerja di sini kalau mau (tersedia posisi lainnya).

Kalau tertarik bisa menghubungi kami di 022 2022058.

Trima kasih!:001_smile:

powerbook
28-03-2008, 20:30
humm..gimana yaa.. ini artikel kayaknya agak2 ga nyambung deh.. karena menurut gw argumen yg ditulis itu berdasarkan advertising.. sedangkan design graphic itu TIDAK sama dengan Advertising.. Creative di advertising itu bisa dari macem2 background.. tidak harus design graphic.. sedangkan untuk bisa jadi Graphic Designer itu harus dari background Graphic Design (unless utk org2 yg berbakat) dan emang HARUS kreatif.. kalo cuma bisa software2 aja itu namanya Operator bukan graphic designer.. emang masih bias sih boundary antara graphic designer dan operator.. karena banyak yg cuma bisa software2 design trs menyebut dirinya graphic designer..

tapi gw setuju dengan pendapat2 yg lain bahwa kreatifitas itu harus dibarengin sama communication skills.. bukan di atas kreatifitas.. tapi sejajar..

ya gitu lah pokoknya.. huhuhu kok jadi ngurusin giniaaann.. banyak kerjaaan hooyyy di kantoorrr.. ayo kerjaaaa..

onid
28-03-2008, 21:09
akhirnya muncul juga orang yang jeli......

nesken
25-04-2008, 13:39
hahahaha terus terang aja gw suka nih yang giniaan..
masalah kreatif itu emang harus di punyai semua orang dalam berbagai macam profesi.. terus terang aja gw ngga bisa memonopoli sisi itu (kreatif) hanya untuk diri gw sendiri.. bener sekali kalo design graphic itu berbeda dengan advertising.. jadi kalo ada orang yang bilang dia mau jadi designer siap2 aja kalian jadi operator ditempat kerja kalian... karena banyak orang sekolah design tapi banyak yang punya kemampuan biasa2 aja.. alias ujung2nya jadi operator itu tadi..

Tapi kalo kalian merasa punya kemampuan untuk menjadi CREATOR maka bersiap2lah menjadi orang yang mumpuni dalam bidang advertising..

Gw dulu waktu ngambil s2 design (walau ngga lulus karena males) diajarkan sisi2 marketing.. karena kalian harus bisa membaca kemampuan marketing diluar sana.. kalian harus bisa memasukkan ide2 yang ada kepala para costumer kita dengan ide2 yang ada dalam kepala anda.. lalu kita observ dengan apa yang diinginkan masyarakat akan nilai dari sebuah produk.. yang nantinya akan kita masukkan dalam materi2 iklan yang akan kita buat.. try to mix that..

jadi intinya keep learning and hearing.. karena itu yang menurut gw akan bisa bikin lo tambah maju...

me and my self
sorry kalo kata2 saya ada yang menyinggung perasaan..

onid
25-04-2008, 13:45
me and my self
sorry kalo kata2 saya ada yang menyinggung perasaan..

kata-kata yang bagus.... aku jadi punya ide... setelah memaki-maki, sebaiknya di bagian terakhir diberi kata-kata itu.... hehehehe....

nesken
25-04-2008, 13:53
huauhahuauhahuahuahuauhhua

rinocard
25-04-2008, 14:24
menurut saya desainer grafis itu bukan hanya sekedar bisa menghasilkan suatu yang yang mementingkan estetisnya sbuah visual, tetapi yang perlu diperhatikan adalah konsep2 dibelakangnya seperti :

1. brainstorming (ini paling penting)
2. filosofi pemilihan warna, huruf, dan visual yang dipakai yang dipakai (apakah maksud desainer di balik pemilihan warna tersebut?? kan kita ketahui stiap warna dan huruf memiliki makna yang berbeda, contoh : warna merah sebagai penanda bahaya / marah / panas dsb... untuk font misalnya memilih garamond yang berbentuk serif karena mungkin sebagai pununjukan sbuah keformalan atau classic)
3. jangan lupa kita itu mendesain untuk siapa (target market), yang paling dipentingkan kan kita mendesain untuk siapa, sbuah desain yang keluar di dalam bidang periklanan sendiri tidak smuanya mendapatkan feedback, makanya kita tahu sendiri dari untuk berhasilnya sebuah desain ya tanpa feedback public sudah mengerti apa yang tujuan, maksud dari desain tersebut, apakah desain tersebut untuk persuade, inform, ataupun hanya sekedar visualitas penghibur belaka
4. dan yang paling terakhir TASTE... kalo memang seorang desainer sudah tidak memiliki TASTE yang baik, ya bgmana pun sulit menghasilkan visual yang menarik

intinya hal yang paling penting sebagai desainer grafis adalah sebuah KONSEP, anda mendesain dengan tujuan apa, untuk siapa, dari siapa, menyampaikan pesan apa...

nesken
25-04-2008, 15:16
berarti desain grafis = komvis yah??
yang menjadi substansi dari statement yang dilempar oleh mas onid adalah desainer grafis gak perlu kreatif.. apa mas rino setuju dengan hal itu?

rinocard
25-04-2008, 16:31
berarti desain grafis = komvis yah??
yang menjadi substansi dari statement yang dilempar oleh mas onid adalah desainer grafis gak perlu kreatif.. apa mas rino setuju dengan hal itu?

kalo menurut saya sih kreatifitas itu diperlukan tetapi mungkin bukan hal utama dan yang terpenting untuk seorang desainer... kalo judulnya threadnya "untuk desainer grafis kreatifitas bukan segalanya" saya stuju deh itu..huehue...

onid
25-04-2008, 18:39
kalo itu judulnya jadi kurang bombastis dong.....

rinocard
25-04-2008, 20:13
kalo itu judulnya jadi kurang bombastis dong.....

bner jg yak? huheuheue... bagusan gini jadi kontroversial...huheuehue...

nugenic
25-04-2008, 22:44
wah...bos onid... profesi anda apa?? maaf saya newbie didunia digital ini!!! terutama desain...T-T semakin kebuka mata saya. bahkan kebanyakan desainer yg saya kenal tidak berlatar belakang dr institut desain. malah ada yg cuma lulusan sma dan otodidak. cm krn kreatif dia dari marketing alias jiwa dagang dia bisa survive... walaupun sbnrnya briefing lah yg menentukan apa yg nanti dia buat. tp yg pasti di negeri ini,... desainer masih dianggap kecil di dunia marketing, gajinya juga (sebagian besar) kecil. karena sepenuhnya jika hanya mengandalkan sisi kreatif dalam mengomposisikan bentuk, warna serta typography. Kita gak akan bisa makan dari itu. mungkin menurut saya (maaf klo salah) kita harus kreatif menuangkan segala aspek pikiran dalam proses kreatif, bukan dari sisi seni semata. Apalagi berharap bnyk jika kita hanya berkutat dgn ide tanpa eksekusi yg jelas... maaf saya hanya ingin menyampaikan pendapat. Saya ingin sekali lebih banyak belajar...

leemac
27-04-2008, 18:04
96.........

ebcoolmac
27-04-2008, 18:04
yang penting menghasilkan

lavitabell
27-04-2008, 18:04
ayooo dapeeettttttt ^_^

suhadiw2
27-04-2008, 18:05
salah tempat... buat dapet simbadda

ebcoolmac
27-04-2008, 18:05
dapet duit

hari_acdt
27-04-2008, 18:05
96....waawawawawawawa

retromac
27-04-2008, 18:05
96! 96! 96! 96!

leemac
27-04-2008, 18:06
sembilnnnnnn nammmmmmmmmmmm...maaf buat teman2 yg laen,sy tdk punya waktu menjelaskan.its dumm competition!

nvrbacmp
27-04-2008, 19:16
sayaaaaaaaaa.........

hari_acdt
27-04-2008, 19:17
Dapettttt....

rinocard
27-04-2008, 21:53
wah...bos onid... profesi anda apa?? maaf saya newbie didunia digital ini!!! terutama desain...T-T semakin kebuka mata saya. bahkan kebanyakan desainer yg saya kenal tidak berlatar belakang dr institut desain. malah ada yg cuma lulusan sma dan otodidak. cm krn kreatif dia dari marketing alias jiwa dagang dia bisa survive... walaupun sbnrnya briefing lah yg menentukan apa yg nanti dia buat. tp yg pasti di negeri ini,... desainer masih dianggap kecil di dunia marketing, gajinya juga (sebagian besar) kecil. karena sepenuhnya jika hanya mengandalkan sisi kreatif dalam mengomposisikan bentuk, warna serta typography. Kita gak akan bisa makan dari itu. mungkin menurut saya (maaf klo salah) kita harus kreatif menuangkan segala aspek pikiran dalam proses kreatif, bukan dari sisi seni semata. Apalagi berharap bnyk jika kita hanya berkutat dgn ide tanpa eksekusi yg jelas... maaf saya hanya ingin menyampaikan pendapat. Saya ingin sekali lebih banyak belajar...

desainer di dunia kan dibagi menjadi 2 pak, ada desainer below the line atau above the line... ya kalo jadi desainer above the line ya gajinya uenak toh... design logo feenya ratusan juta ampe milliar toh ya...hehehehe... yang desain first media aja bayarannya 128 jt... yang desain logo RCTI (dosen saya) Milliaran bok... asik khan? hehehe...

bruce lee
28-04-2008, 09:16
kayaknya dunia desain grafis juga udah 'masuk kamar', bro ...
sudah mentok dan hampir semua orang bisa ... hehehehe ...
Asal bisa ngejalanin aplikasi, cita rasa seni dikitlah plus bisa ngomong ...
jadi tu desain ...

kayaknya seh ....

onid
28-04-2008, 09:56
iya seh......

suhadiw2
28-04-2008, 11:08
mangkanya itu... sama dengan setiap orang bisa masak, meskipun cuman masak mi instan dan telor mata sapi apakah sudah bisa dianggap 'koki'?

ini yang salah kaprah.... desain grafis sekarang sudah dianggap bisa ngoperasiin sopware bisa menyebut diri desainer grafis.

ya gapapa lah... mungkin bisa dikasih istilah kali ya.
Desain grafis Super
Desain grafis KW super
Desain grafis KW 1 / 2 / 3 dst...

gimana hehe

rinocard
28-04-2008, 19:02
kayaknya dunia desain grafis juga udah 'masuk kamar', bro ...
sudah mentok dan hampir semua orang bisa ... hehehehe ...
Asal bisa ngejalanin aplikasi, cita rasa seni dikitlah plus bisa ngomong ...
jadi tu desain ...

kayaknya seh ....

maka dari itu desainer grafis dibagi menjadi 2... yaitu desainer grafis below the line atau above the line... hayo hayo... masuk yang mana kita kita ini?

bruce lee
29-04-2008, 09:29
heheheh ....
kayaknya gw masuk yg gampang-gampang tapi duitnya cepet aja deh :001_tt2:

o iya itu istilah di dunia periklanan ...
tapi kayaknya below dan above itu strata pada pembagian media komunikasi saja ...

penerjemahan creative brief ke bahasa visual grafis perlu kejelian ... butuh keahlian art direction dan design ...
sebuah desain packaging/booklet kadang lebih berat dibanding desain visual iklan loh ...

kayaknya dilihat dari kondisi 'tuntutan' project, keilmuan, tingkat (proses) kreatifitas, orisinilitas dan ketepatgunaannya, bro .. yg membedakan desainer grafis 'gede-gedaan' atau bukan heheheheh ...
Perlu pake MARTIL guede atau enggak hehehehe
atau cukup pake jarum pentul terus diteken pake jari sambil siul-siul?
- soalnya permukaannya lunak ...

rinocard
29-04-2008, 16:25
selain itu sih masalah untuk besar kecilnya fee tergantung siapa clientnya donkkk... ya gak? hehehe... sama tergantung history dari desainernya sendiri (desainer tersebut pernah ngerjain project apa aja alias portfolio jg) hehehe

nugie11
02-05-2008, 01:24
udah ada yg liat "Ries" yg terbaru?:001_rolleyes:

kreatifvitas dalam arti yang paling murni = baru, orisinil

jadi

periklanan itu tidak kreatif, :sleep:

above the line dan below the line itu cuman pembagian strategi media, dan [tuut]...

kalo clientnya pelit gmana?:closedeyes:
hwakakakak

pis ah:001_smile:

hailrasta
02-05-2008, 21:47
intinya gimana menyampaikan pesan lewat visual, ini yang membedakan designer dengan seniman....
meski semua orang bisa mengoprasikan software2 grafis tapi blom tentu karyanya mengandung pesan yg kuat dan membekas mungkin malah bisa menghipnotis....bahkan mungkin seorang graphic designer hanya membutuhkan kertas dan pinsil untuk melakukan semuanya...

contohnya mungkin bisa di temukan pada produk air mineral.....mau pesen aer mineral pasti pesan AQUA, meski kadang bukan AQUA yg didapat..

atau "Pak idupin SANYO nya" meski pompa air di rumah bukan sanyo


bener ga sih tulisan gw :001_tt2::001_tt2::001_tt2:

mireru
10-05-2008, 16:19
Thread yg aneh...br ngliat niy. Sori kalo telat ya, cuma pengen ngasi opini jg.

Namanya aja udah Graphic Designer.
Meaning: Designer Grafis. Yg tukang nge-desain apapun dalam bentuk grafis ----> visual. Yg target utamanya adalah mata. Trus nyambung ke otak. Dr situ bs dinilai visualnya bisa menyampaikan pesan yg dimaksud apa ga. Kalo ga kreatif gmn dia bs nyiptain 1 karya sesuai order klien.

Kreatif/Creative: Punya kemampuan untuk mengkreasikan sesuatu. Have the ability to create. (diambil dr wikipedia)

Speaking of iklan-iklan yg keliatannya ajaib di mata orang2 awam, bukan berarti iklannya ga kreatif. Mesti diketahui kalo jaman sekarang, iklan ga selalu dipergunakan untuk mendongkrak penjualan. Mereka cenderung punya target yg lain.
Misalnya: cuma sekedar brand awareness doang, ngasih tau ke masyarakat ttg social responsibilities produk, atau justru sekedar narik para investor, and there's plenty of other reasons why a certain product decided to make an advertising.

Then again, untuk mendongkrak penjualan, trend skrg, produk biasanya pake jasa PR, makanya kan skrg sering ada acara2 yg diadakan oleh suatu produk tertentu. Tp bagaimana nama suatu produk bs sampai ke masyarakat? Ya advertising. Dan siapa yg menciptakan trend ini? Orang-orang kreatif tentunya.

Kalo sampe ada kantor yg menerima org2 yg tidak kreatif untuk kerja sbg desainer dikantornya. Tinggal diliat 2-3 thn lg aja d. Tuh kantor masi bs bertahan apa ga.
Seperti kata David Ogilvy:
"If each of us hires people who are smaller than we are, we shall become a company of dwarfs. But if each of us hires people who are bigger than we are, we shall become a company of giants."

Btw, ga semua graphic designer itu menggeluti bidang advertising. Bs ke majalah, bs ke brand designer, bs ke bagian photography. Banyak kali.

Salah kali niy judulnya...
"Desainer grafis ga perlu original"
Itu baru pas...susah lah original hari gini...
Kalo ga kreatif, ga perlu jadi designer kali ya?
Jd sekretaris aja kadang2 mesti kreatif buat ngadepin bos-nya.
Apalagi designer??

no_name
11-05-2008, 01:37
hhmmm...this thread raises questions :s

chalix
19-05-2008, 09:20
kreativitas adalah hal yang terpenting, bukan saja untuk desainer, tapi untuk semua profesi. hanya desainer saja yang mengklaimnya sebagai hal yang terpenting dalam profesinya.

nah, apa kreativitas menurut kamu?

kalo nggak bisa menjabarkannya dengan kata-kata, mana bisa jadi desainer...????

ayo share di sini, biar kita bisa saling mengambil manfaat..... dengan begitu kita bisa punya spektrum wawasan yang luas tentang kreativitas.....

mulai dari aku : kreativitas adalah ajakan untuk berbagi pengalaman emosional maupun visual yang menurut kita sangat menarik dan bermanfaat untuk siapa saja yang menikmati.....

Kreativitas adalah Faktor "X" pemberian Allah SWT yang apabila di tuangkan dalam segala aktivitas atau sebuah karya akan menjadikannya lebih wah:001_tt1: (ampe bingung gimana bahasanya) pokoknya lebih dari yang kita inginkan
...entah hal itu untuk tujuan positif maupun negatif...


contoh positif :
om onit dengan bumbu rawonnya, karena dia kreativ dia memasarkan tidak hanya dengan cara konvensional, tapi memanfaatkan teknologi, berjualanlah ia di dunia maya:closedeyes:

para desainer grafis meskipun paham cara membuat sebuah text dan gambar menjadi indah tapi kalo asal teplok dan main numpuk aj kan ga ada artinya tapi karena kreativitas, makanya mudah di mengerti dan enak memahaminya..

contoh negativ : apa ya yang negativ ... ah temen2 pasti dah pada ngerti kok isi sendiri aj deh...:001_tongue:

mungkin itu saja sedikit dari saya... semoga bermanfaat

terima kasih:001_smile:

onid
19-05-2008, 10:00
Thread yg aneh...br ngliat niy. Sori kalo telat ya, cuma pengen ngasi opini jg.

Namanya aja udah Graphic Designer.
Meaning: Designer Grafis. Yg tukang nge-desain apapun dalam bentuk grafis ----> visual. Yg target utamanya adalah mata. Trus nyambung ke otak. Dr situ bs dinilai visualnya bisa menyampaikan pesan yg dimaksud apa ga. Kalo ga kreatif gmn dia bs nyiptain 1 karya sesuai order klien.

Kreatif/Creative: Punya kemampuan untuk mengkreasikan sesuatu. Have the ability to create. (diambil dr wikipedia)

Speaking of iklan-iklan yg keliatannya ajaib di mata orang2 awam, bukan berarti iklannya ga kreatif. Mesti diketahui kalo jaman sekarang, iklan ga selalu dipergunakan untuk mendongkrak penjualan. Mereka cenderung punya target yg lain.
Misalnya: cuma sekedar brand awareness doang, ngasih tau ke masyarakat ttg social responsibilities produk, atau justru sekedar narik para investor, and there's plenty of other reasons why a certain product decided to make an advertising.

Then again, untuk mendongkrak penjualan, trend skrg, produk biasanya pake jasa PR, makanya kan skrg sering ada acara2 yg diadakan oleh suatu produk tertentu. Tp bagaimana nama suatu produk bs sampai ke masyarakat? Ya advertising. Dan siapa yg menciptakan trend ini? Orang-orang kreatif tentunya.

Kalo sampe ada kantor yg menerima org2 yg tidak kreatif untuk kerja sbg desainer dikantornya. Tinggal diliat 2-3 thn lg aja d. Tuh kantor masi bs bertahan apa ga.
Seperti kata David Ogilvy:
"If each of us hires people who are smaller than we are, we shall become a company of dwarfs. But if each of us hires people who are bigger than we are, we shall become a company of giants."

Btw, ga semua graphic designer itu menggeluti bidang advertising. Bs ke majalah, bs ke brand designer, bs ke bagian photography. Banyak kali.

Salah kali niy judulnya...
"Desainer grafis ga perlu original"
Itu baru pas...susah lah original hari gini...
Kalo ga kreatif, ga perlu jadi designer kali ya?
Jd sekretaris aja kadang2 mesti kreatif buat ngadepin bos-nya.
Apalagi designer??

seperti kata bro Mireru : Mesti diketahui kalo jaman sekarang, iklan ga selalu dipergunakan untuk mendongkrak penjualan. Mereka cenderung punya target yg lain.
Misalnya: cuma sekedar brand awareness doang, ngasih tau ke masyarakat ttg social responsibilities produk, atau justru sekedar narik para investor, and there's plenty of other reasons why a certain product decided to make an advertising.

Then again, untuk mendongkrak penjualan, trend skrg, produk biasanya pake jasa PR, makanya kan skrg sering ada acara2 yg diadakan oleh suatu produk tertentu. Tp bagaimana nama suatu produk bs sampai ke masyarakat? Ya advertising. Dan siapa yg menciptakan trend ini? Orang-orang kreatif tentunya.

menurut saya : wah..... jangan salah.... semua kegiatan promosi harus dihandle sama orang marketing, atau malah orang PR. desainer cuma tunggu perintah doang..... iklannya pun harus discreening oleh orang PR, kalo tidak, hasilnya pasti kreatif tapi ngawur dan malah bisa merugikan produknya, seperti yang banyak terjadi sekarang ini.....

chalix
21-05-2008, 10:32
menurut saya : wah..... jangan salah.... semua kegiatan promosi harus dihandle sama orang marketing, atau malah orang PR. desainer cuma tunggu perintah doang..... iklannya pun harus discreening oleh orang PR, kalo tidak, hasilnya pasti kreatif tapi ngawur dan malah bisa merugikan produknya, seperti yang banyak terjadi sekarang ini.....

ngga juga om onid... buktinya di tempat saya Bagian marketingnya cuman bisa bacot doang... saya sendiri yang cari bahan, materi, pokoknya isi yg harus di iklankan entah itu, leaflet, Pamflet, Banner dll... orang PRnya juga sibuk ke sana sini doang.... malah saya lebih banyak berkutat dengan unit2 yg minta di promosiin... mereka "marketing & PR" cuman bisa bilang "menurut saya warnanya kurang cerah, kurang bagus, inilah, itulah", padahal dari awal ide aj udah 0 besar, paling bisanya cuman "eh buatin stiker ya, buatin banner ya.., buatin ini & itu" isinya ga jelas apa yg mo di muat, kayanya di tempat saya Marketing ama PRnya kurang kreative bisanya cuman "perintah doang"... kalo dia ga suka secara pribadi ya rombak total dah desain, parah ga:sad:

Ga ad masukan yg bermanfaat, jadi selama ini kita berusaha aj, enak di baca enak di lihat...

yang penting bagi dia klien tetap ada, meskipun tanpa dia sebenarnya orang jg tetap datang karena emang udah di kenal masyarakat.

onid
21-05-2008, 13:55
tentu saja orang PR cuma bisa mengomentari pekerjaan desainer, kalo bisa membuat desain juga kasihan desainer dong jadi nganggur.....

tugas utama orang PR atau marketing, adalah membuat planning agar produk diterima masyarakat dan dia harus memastikan segala hal harus berjalan untuk tujuan tersebut.

harusnya dia memberikan arahan/tema kepada desainer tentang apa-apa yang harus dibuat. kalo ternyata sekedar nyuruh tanpa ada tema yang jelas, itu berarti PR/marketing bo'ong-bo'ongan..... yang cuma sekedar lulus doang....

untuk urusan promosi, desainer cuma bertugas mengembangkan ide kreatif PR/marketing.....

chalix
21-05-2008, 15:10
andai saja PR / Marketing di tempatku demikian ...

hiks...

lingga
27-05-2008, 13:21
mireru says..
Then again, untuk mendongkrak penjualan, trend skrg, produk biasanya pake jasa PR, makanya kan skrg sering ada acara2 yg diadakan oleh suatu produk tertentu. Tp bagaimana nama suatu produk bs sampai ke masyarakat? Ya advertising. Dan siapa yg menciptakan trend ini? Orang-orang kreatif tentunya.

^^^
dan orang2 kreatif itu ngga hanya milik para designer grafis kan?? berarti bener yang om dino katakan designer grafis ngga perlu kreatif..
membicarakan ke-orisinilan sebuah karya kayanya udah sulit karena karya2 visual yang ada sekarang biasanya merupakan proses penjiplakan (sengaja atau tidak sengaja), dan proses pencampuran ide..

chalix says :
buktinya di tempat saya Bagian marketingnya cuman bisa bacot doang... saya sendiri yang cari bahan, materi, pokoknya isi yg harus di iklankan entah itu, leaflet, Pamflet, Banner dll... orang PRnya juga sibuk ke sana sini doang.... malah saya lebih banyak berkutat dengan unit2 yg minta di promosiin... mereka "marketing & PR" cuman bisa bilang "menurut saya warnanya kurang cerah, kurang bagus, inilah, itulah",

^^^
bagus itu mas berarti anda bisa bekerja sebagai team atau perorangan.. :001_tongue:
bisa cepet naik gaji sama pangkat kalo gitu, atau bisa cepet meninggal kalau semua pekerjaaan mas yang tangani.. disitulah dibutuhkan kerja tim menurut saya, dalam sebuah pekerjaan dibutuhkan 1 atau 2 orang brain master, tim pencari materi, dan beberapa orang operator menurut saya.. disini operator bukan cuma menjadi operator, tapi dia bisa menunjukkan mana yang baik dan tidak dalam penyajian visual suatu materi iklan.. dan dia bisa belajar untuk nantinya menjadi seorang brain master..

kalo mas menganggap orang PR seperti itu dikantor mas, orang2 yang kurang berotak dalam tanda kutip.. saya pikir mereka adalah salah satu bagian penilai dari konsumen pasar yang nantinya akan tersegmentasi..

om dino says..
untuk urusan promosi, desainer cuma bertugas mengembangkan ide kreatif PR/marketing.....

^^^
bukan cuma mengembangkan ide kreatif PR/Marketing menurut saya om, tapi justru harus bisa membuka sebuah opening dalam sebuah proses penciptaan iklan, juga pemberi masukan yang handal dan terpercaya kata2nya.. karena dalam masalah ini seorang creative director juga merupakan seorang designer grafis dengan jabatan yang lebih tinggi..

regards

onid
27-05-2008, 14:21
ya.... ya.... ya..... intinya creative director tetep aja diperintah sama orang marketing/pr....

lingga
27-05-2008, 15:33
ngga gitu om, karena seorang creative director (CD) mempunyai kewenangan untuk menolak atau menerima apa yang dikatakan oleh PR/Marketing,. karena Level GM Pemasaran dan GM Operasional mempunyai level yang sama.. Dalam struktur Level CD berada diatas seluruh karyawan marketing tapi sama dengan Manager Pemasaran, jadi kedudukannya sama toh.. iyakan iyakan..

onid
27-05-2008, 15:57
itu keliru..... karena promosi/iklan itu hanya salah satu bagian dari marketing....

kenapa harus mempercayakan urusan pemasaran kepada orang yang belajar desain grafis....??? apa dengan belajar desain grafis semua ilmu pemasaran sudah dipelajari....???

lingga
27-05-2008, 16:43
bukannya mempercayakan, tapi posisinya disini sama, orang pemasaran mendapat bagian dalam melancarkan penjualan, orang design menciptakan sesuatu yang bisa dijual.. bukannya diperintah oleh orang marketing, tapi lebih tepat diajak duduk bersama dalam menciptakan sebuah konsep visual dalam penjualan..

yah ngga lah kalo dengan belajar design bisa mempunyai semua ilmu pemasaran, sama kek belajar ilmu marketing apa ujuk ujuk langsung dapet ilmu mengenai design, yah ngga tho.. cuma masing2 profesi bisa sama2 belajar mengenai ilmu bidang lainnya, orang marketing bisa secara kreatif menciptakan konsep iklan, dan orang design bisa mengetahui bagaimana menjual sesuatu yang laku dipasaran.. disitulah fungsinya kedua profesi akan bersinergi untuk menciptakan sebuah bentuk visual yang baik dalam penjualan.. paling tidak dalam sebuah bentuk pemasaran ide..

onid
27-05-2008, 17:14
yang melakukan pemasaran ya orang marketing....

desainer yang menciptkan barang-barang promosi merupakan salah satu bagian dari marketing, sama seperti bagian penjualan atau sales.....

bolu
27-05-2008, 19:37
halo.... iseng-iseng saya lihat data-data lama dan menemukan sebuah artikel yang saya buat tahun 2004 dan dimuat di tabloid pcplus. judulnya sama seperti judul thread ini, silakan dinikmati......


Jadi Desainer Grafis tidak Perlu Kreatif


Bagi para desainer grafis, kreativitas adalah hal yang keramat. Jadi desainer grafis harus kreatif, kalau tidak kreatif tentu tidak bisa menyandang profesi sebagai desainer grafis.

Hal itulah yang sekarang menjadi dogma dalam bidang desainer grafis. Menurut saya hal tersebut tidak terlalu benar. Jadi desainer grafis harus kreatif? Belum tentu! Cukup bisa CorelDraw atau PhotoShop, mungkin ditambah dengan PageMaker, FreeHand, Illustrator, atau software desain grafis lain, itu sudah cukup. Nggak percaya? Apa yang diajarkan oleh lembaga kursus dalam bidang desainer grafis? Pasti software untuk desain grafis seperti PhotoShop, CorelDraw, FreeHand, dan lain-lain. Kreativitas? Mana ada lembaga kursus yang mengajarkan hal tersebut?

Sebetulnya apa sih yang dikerjakan oleh desainer grafis? Sampai saat ini, kebanyakan adalah alat-alat untuk periklanan, seperti brosur, poster, iklan di media cetak, dan yang paling prestisius adalah iklan di televisi. Harus kita akui, sebagian besar iklan-iklan tersebut memang menarik dan enak dilihat.

Ini tentu tidak lepas dari dogma yang ada di bidang periklanan dan desain grafis, membuat iklan yang berhasil harus kreatif dan menarik. Iklan yang berhasil adalah iklan yang banyak menyedot perhatian masyarakat.

Dogma tersebut memang benar, kecuali satu hal yang dilupakan : Iklan yang berhasil tidak sama dengan produk yang berhasil. Artinya, iklan yang bagus dan menarik perhatian masyarakat belum tentu mendongkrak penjualan produk yang diiklankan.

Masih ingat iklan rokok Mustang? Ya…. sangat betul. Semua orang pasti tahu iklan rokok Mustang, tapi tidak semua orang mau merokok Mustang. Anda juga pasti tahu gang Hijau yang mewakili Sampoerna Hijau kan? Tapi apakah Sampoerna Hijau mampu meruntuhkan dominasi Gudang Garam dalam penjualan rokok kretek? Tidak. Tapi yang jelas mereka membuat Gudang Garam tergopoh-gopoh hingga membuat iklan : Merah Euy!

Apakah seseorang merokok A-Mild karena suka dengan barisan iklan How Low can You Go, Bukan Basa-Basi, Go with The Real Low? Tidak. Seratus persen orang yang saya tanyai kenapa mereka merokok merek tersebut adalah karena rasanya. Mereka tidak peduli iklannya seperti apa. Apa yang mendorong mereka untuk ganti merk? Seratus persen dari mereka menjawab adalah rasanya. Jadi, mungkin jawaban dari pertanyaan kenapa perokok mild masih suka A-mild adalah karena A-mild masih yang paling enak dibanding merk lain. Lalu kenapa Star Mild repot-repot bikin iklan? Yang paling aneh adalah Inspiro, kenapa mereka bilang this is not mild kalau mereka sebetulnya rokok mild? Mungkin salah satu cara kreatif di periklanan adalah : buatlah masyarakat bingung.

Artikel ini saya tulis karena ada kenyataan yang sangat menggelitik, yaitu kenyataan bahwa iklan yang bagus tidak selalu membawa keberhasilan produk yang diusungnya. Bahkan beberapa iklan yang tergolong sangat bagus tapi tidak mampu mencegah produk yang dibawanya dari kehancuran. Anda bisa mencari sendiri, kira-kira produk apa yang dulu iklannya sangat bagus tapi saat ini sudah mati.

Nah, kalau iklan memang ternyata terbukti tidak berhasil, kenapa industri periklanan makin marak? Kenapa periklanan masih tetap digunakan untuk memperkenalkan produk ke masyarakat? Dan pertanyaan utamanya adalah : kenapa iklan itu gagal membuat produk itu berhasil padahal iklannya diingat baik oleh masyarakat luas? Ukuran apa yang membuat iklan berhasil atau gagal? Nah, kalau iklan tidak efektif, buat apa desainer harus kreatif?

Jika Anda hanya mempunyai palu, maka jawaban dari setiap masalah adalah memalunya. Jadi jika Anda bertanya kepada biro iklan apa yang harus Anda lakukan untuk menjual produk, jawabannya pasti : bikin iklan yang bagus dan intensif! Padahal Anda pasti sudah tahu seberapa efektifnya periklanan.

Apakah iklan memang efektif? Mungkin juga, sebab ternyata iklan-iklan yang bagus banyak mendapat penghargaan. Tapi tunggu dulu, siapa yang memberi penghargaan terhadap iklan-iklan yang bagus tersebut? Wah, ternyata orang iklan sendiri.

sorry saya baru gabung dan baca artikel ini...
just wonder aja...siapa sih yg nulis....?
sepertinya penulis artikel diatas ga cukup pengetahuan utk membedakan bisnis desain grafis dan advertising... sebetulnya yg mau dibahas ttg skill & kreatifitas seorang desainer grafis atau strategi komunikasi iklan yg kreatif sih?

...jangan2 memang mancing ngajak ribut aja.....hehehhehe

bolu
27-05-2008, 19:48
sebetulnya inti semua post sama aja...
hanya penyampaiannya beda2.
mo di kutak-katik bagaimanapun ga akan mengubah kodrat desainer grafis.

Pengalaman seorang desainer grafis di kantornya juga beda2, ada temen gw desainer grafis di kantornya juga disuruh jadi visual merchandiser, merangkap jadi copy writer dsb...

ada desainer yg merangkap jadi event organizer juga...atau malah jadi staff marketing....

jadi ga ada aturan sakleknya...terutama karena ini indonesia.

profesi desainer grafis belum bisa disamakan dengan profesi profesional 'bersertifikat' seperti lawyer dan dokter...beda dengan di US atau OZ...dimana profesi desainer sangat2 spesifik job desc nya.

bolu
27-05-2008, 19:55
desainer di dunia kan dibagi menjadi 2 pak, ada desainer below the line atau above the line... ya kalo jadi desainer above the line ya gajinya uenak toh... design logo feenya ratusan juta ampe milliar toh ya...hehehehe... yang desain first media aja bayarannya 128 jt... yang desain logo RCTI (dosen saya) Milliaran bok... asik khan? hehehe...

sepertinya ada salah pengertian antara below the line dan above the line.
ATL & BTL itu setau saya utk membedakan jenis medianya...bukan jenis desainernya atau artworknya (logo, print ad, foto, dsb)

ATL itu utk iklan/artwork yg di tempatkan di media2 'premium' seperti TVC, Billboard, Koran, radio dan sejenisnya.
BTL itu utk iklan/artwork yg di tempatkan di media2 yg lebih 'soft' seperti Brosur, newsletter/ directmail, company profile, dsb.

bolu
27-05-2008, 20:05
seperti kata bro Mireru : Mesti diketahui kalo jaman sekarang, iklan ga selalu dipergunakan untuk mendongkrak penjualan. Mereka cenderung punya target yg lain.
Misalnya: cuma sekedar brand awareness doang, ngasih tau ke masyarakat ttg social responsibilities produk, atau justru sekedar narik para investor, and there's plenty of other reasons why a certain product decided to make an advertising.

Then again, untuk mendongkrak penjualan, trend skrg, produk biasanya pake jasa PR, makanya kan skrg sering ada acara2 yg diadakan oleh suatu produk tertentu. Tp bagaimana nama suatu produk bs sampai ke masyarakat? Ya advertising. Dan siapa yg menciptakan trend ini? Orang-orang kreatif tentunya.

menurut saya : wah..... jangan salah.... semua kegiatan promosi harus dihandle sama orang marketing, atau malah orang PR. desainer cuma tunggu perintah doang..... iklannya pun harus discreening oleh orang PR, kalo tidak, hasilnya pasti kreatif tapi ngawur dan malah bisa merugikan produknya, seperti yang banyak terjadi sekarang ini.....

1. Tergantung apa definisi 'penjualan'... kalau yg di 'jual' ide/konsep?...jadi kurasa ini hanya masalah definisi istilah aja. Kalo iklan kampanye parpol kan yg di'jual' pamornya, idenya, konsepnya....propagandanya...
2. Ya, itu sinergi.... bukan kecenderungan.... Marketing strategy pasti selalu nyari cara yg paling beda, paling unik, paling efisien dan efektif... tapi desain akan selalu lekat dan dibutuhkan utk marketing.... itu udah terjadi sejak peradaban manusia mengenal apa yg namanya simbol dan huruf...
3. primary job desc memang di bagian marketing, tapi desainer harus memahami strategi marketing dan menuangkannya secara kreatif dalam bahasa visual. kalo ga paham strategi marketing-komunikasi berarti dia bukan desainer, hanya seorang operator saja...

lingga
28-05-2008, 08:55
ya iyalah om dino yang melakukan pemasaran tetep orang marketing..

betul itu, desainer secara implisit merupakan bagian dari marketing, tapi posisinya tidak berada dibawah marketing, tetep sejajar dan tetep mempunyai kebijakan departemen masing2.. itu yang berlaku dikantor saya, tapi kalo ditempat lain desainer merupakan bagian (masuk) dalam marketing yah saya ndak tau..

onid
28-05-2008, 11:35
sorry saya baru gabung dan baca artikel ini...
just wonder aja...siapa sih yg nulis....?
sepertinya penulis artikel diatas ga cukup pengetahuan utk membedakan bisnis desain grafis dan advertising... sebetulnya yg mau dibahas ttg skill & kreatifitas seorang desainer grafis atau strategi komunikasi iklan yg kreatif sih?

...jangan2 memang mancing ngajak ribut aja.....hehehhehe

aku yang nulis bos..... emangnya apa bedanya bisnis desain grafis dan advertising....???

trivikom
29-05-2008, 21:14
setau gw kl menjadi desainer grafis harus kreatif lah kl gak cm bs jd tukang setting aja tuh....,minim punya sense of art seh

Aspalzz
29-05-2008, 21:19
semua orang harus kreatif lebih-lebih desainer grafis ... :)

... apalagi kalo bejibun project : ko

salam.

onid
29-05-2008, 21:40
kenapa desainer harus lebih kreatif dari yang lain....?? apakah tidak ada profesi lain yang butuh derajat kreatif seperti desainer grafis.....???

Aspalzz
29-05-2008, 22:21
kenapa desainer harus lebih kreatif dari yang lain....??

... mungkin karena tuntutan clien dan idealisme untuk menciptakan ide-ide segar, menarik dan harus bisa dijual (asal)

apakah tidak ada profesi lain yang butuh derajat kreatif seperti desainer grafis.....???

... mungkin desainer baju, desainer hp, desainer laptop, desainer mobil, arsitektur, bupati, walikota, gubernur, presiden dan banyak lagi profesi harus memiliki itu. masalahnya adopsinya lama untuk bisa diterima (asal lagi). makanya oleh desainer grafis dibuat lebih provokatif

hehehe ...

salam.

rinocard
30-05-2008, 03:06
smua itu tergantung orangnya... lagian... sebagai pembicaraan disini... sampai titik mana sih seseorang bisa disebut desainer grafis? apa cmn skedar bisa fotoshop trus lgs disebut desainer grafis?? gak khan.. sampai titik sperti apa jg sih orang tsb bisa dibilang kreatif?? itu smua tergantung penilaian orang2...beda2

onid
30-05-2008, 06:19
pak joger yang bukan desainer grafis dituntut jauh lebih kreatif daripada desainer grafis......

lingga
30-05-2008, 08:18
ayo mbah.. lanjutin lagi.. aq dah siap2 cemilan sama soft drink nih...

bakhtiarrifai
30-05-2008, 08:23
desainer grafis kan yang penting jago memvisualkan sebuah konsep.. kalo dia mau.. jago juga bikin konsep.. kalo males.. ya ikut aja ma orang yang jago konsep.. kan jadi tim yang hebat tuh.. tapi untuk masalah kreatif.. semua orang harus kreatif kalo mau survive :)

onid
30-05-2008, 08:47
kreativitas tidak identik dengan desainer grafis....

profesi desainer grafis tidak lebih hebat, tidak lebih baik, atau tidak lebih glamour dari profesi yang lain..... sama saja....



desainer grafis harus kreatif....?? semua profesi ya harus kreatif.....
wartawan juga harus kreatif....
dokter harus kreatif....
pemain musik harus kreatif....
jadi moderator pun harus kreatif.... hihihihihi......

so.... kreatif itu bukan milik desainer..... dan juga tidak identik dengan desainer grafis.....

skaventh
30-05-2008, 09:13
kreativitas tidak identik dengan desainer grafis....

profesi desainer grafis tidak lebih hebat, tidak lebih baik, atau tidak lebih glamour dari profesi yang lain..... sama saja....



desainer grafis harus kreatif....?? semua profesi ya harus kreatif.....
wartawan juga harus kreatif....
dokter harus kreatif....
pemain musik harus kreatif....
jadi moderator pun harus kreatif.... hihihihihi......

so.... kreatif itu bukan milik desainer..... dan juga tidak identik dengan desainer grafis.....

Oh ini saya setuju, arogansi seorang designer grafis kadang terlalu berlebihan jadi perlu kembali sadar bahwa dia bukanlah satu2nya orang yang kreatif didalam perusahaan. Berhenti bersembunyi dari penggunaan kata2 yang canggih biar terlihat pintar. Ketidak pahaman para non-designer terhadap jargon2 design bukan berarti mereka lebih bodoh dalam memahami estetika.

lingga
30-05-2008, 09:16
betul itu mbah.. semua pekerjaan haruslah kreatif, saya setuju itu.. cuma kemaren kitakan sempet ngobrol ngalor ngidul keberbagai hal lainnya..

semua profesi sama saja, yang membedakan hanya status level jabatan..
mbah juga kreatif kok dengan bikin thread kek gini.. dudududududu

onid
30-05-2008, 10:33
jadi..... dalam beberapa hal yang berkaitan dengan profesinya.... desainer grafis nggak perlu kreatif kan....???

bakhtiarrifai
30-05-2008, 10:47
sepertinya ada benarnya kata mas momod..

lingga
30-05-2008, 10:53
jadi..... dalam beberapa hal yang berkaitan dengan profesinya.... desainer grafis nggak perlu kreatif kan....???

weeeeee tetep aja desainer grafis perlu kreatif, kan mbah sendiri yang bilang semua orang musti kreatif apapun pekerjaannya.. :001_tt2:

rinocard
30-05-2008, 13:52
pak joger yang bukan desainer grafis dituntut jauh lebih kreatif daripada desainer grafis......

hhaahha..btw pak joger itu om saya lho...hahaha

onid
30-05-2008, 17:27
wahhhh.... boleh kenalan dong.... siapa tahu kalo mau belanja di sana dapat diskon.....



@lingga : desainer gak perlu kreatif itu ada benarnya kok.....

skaventh
30-05-2008, 17:44
jadi..... dalam beberapa hal yang berkaitan dengan profesinya.... desainer grafis nggak perlu kreatif kan....???

Betul tidak perlu kreatif dalam beberapa level yang berbeda. Karena menyebut profesi dengan sebuah kata tidak bisa menceritakan apa yang dikerjakan sesungguhnya dalam kesehariannya. Entah itu berupa pekerjaan yang repetitif atau pekerjaan yang menuntut untuk berpikir lebih jauh. Contoh seorang insinyur bisa saja bertugas sebagai konsultan yang menghitung sebuah konstruksi dengan perhitungan yang akurat dan rumit. Disisi lain seorang insiyur lainnya hanya bertugas mengawasi jalannya konstruksi tanpa perlu berpikir keras dimana tugasnya lebih sederhana. Keduanya berhak di sebut insiyur karena tanpa keduanya ada niscaya bangunan itu tidak akan berdiri.
Pada akhirnya sebuah pertanyaan yang semakin luas di deskripsikan maka jawabannya juga akan semakin luas. Ini salah satunya.

Disisi lain karena thread starter ini Pakde Onid saya justru tergelitik dengan pertanyaan. Sebenarnya Pakde, jawaban apa yang Pakde Onid cari? Setelah melihat thread panjang ini terus di maintain tentunya Pakde juga punya motivasi (iseng juga motivasi kan?) sehingga terus memantau thread ini. Jadi apakah ini iseng? Atau sekedar mengisi waktu saja? Atau ada dasar pemikiran tertentu yang membuat thread ini muncul. Jika ada tentu saya sangat tertarik mendengarnya. Gimana Pakde mau berbagi dengan kita?

onid
30-05-2008, 22:57
akan aku bagi kalo aku sudah menemukan apa yang kau maksud.....

skaventh
30-05-2008, 23:19
I rest my case deh nunggu dulu hehehehehe

onid
30-05-2008, 23:39
nah, untuk sementara..... bagi para desainer grafis jangan marah atau takut untuk dikatakan tidak kreatif..... karena kreativitas bukanlah milik eksklusif profesi ini.... betul....???

Aspalzz
31-05-2008, 07:25
idem ...

... profesi lain jangan marah atau takut untuk dikatakan tidak kreatif

tapi kalo mo dapat uang banyak dari boss or ngetop di lingkungan masing-masing or dipuja-puji boss or apa aja deh yang penting enak ...

... harus kreatif

salam.

onid
31-05-2008, 07:29
jadi....

kreatif adalah kemampuan biasa yang harus dimiliki semua orang

... bukan cuma untuk desainer grafis

salam.

Aspalzz
31-05-2008, 07:41
yup kreatif apa dulu ?

... desainer grafis seh harus bisa membuat yang biasa jadi luarrr biasa

kalo koruptor kreatif kagak ya ?

salam lagi boss.

onid
31-05-2008, 08:45
emang kreatif yang mana...??

..... ibu rumah tangga walau tidak harus tapi bisa membuat yang biasa menjadi luarrr biasa

ibunya koruptor kreatif kagak ya...?

salam juga lagi boss.

rinocard
06-06-2008, 15:48
semua orang butuh kreatif... itu yang paling bner keknya... segala hal dan bidang butuh kekreatifan...

onid
06-06-2008, 16:12
kalau semua orang butuh kreatif.... berarti.....

untuk jadi orang kreatif, gak perlu jadi desainer grafis kan....???

semua orang layak disebut desainer grafis....

dsg24h
06-06-2008, 16:17
jadi....

kreatif adalah kemampuan biasa yang harus dimiliki semua orang

... bukan cuma untuk desainer grafis

salam.

bener Mod, kreatip tapi ngga bisa kerja trus gimanaaa...?
kreatip itu, menurut gw seperti kemampuan org utk bisa membedakan rawon ini lebih enak dr rawon itu.... he he he...
jadi bukan sesuatu yg istimewa, tp HARUS dipunyai orang supaya beda sama mahluk lain ( ha ha ha ) dan survive di kerjaan..
temen gw ada yg luar biasa kreatipnya...tapi ya cuman ide doang.. ga bisa mewujudkannya, bahkan secara visual...tapi idenya2nya sangat luarbiasa kreatip... akhirnya ya dianggap gendheng....

onid
06-06-2008, 16:20
jadi..... kreatif adalah kemampuan dasar yang harus dipunyai orang....

berarti untuk jadi desainer gampang banget ya.... cuma butuh kemampuan dasar.....

dsg24h
06-06-2008, 16:29
jadi..... kreatif adalah kemampuan dasar yang harus dipunyai orang....

berarti untuk jadi desainer gampang banget ya.... cuma butuh kemampuan dasar.....


ha ha ha...nanti ada yg sakit hati lagi....
memang bener, buat desainer, kreatif itu memang kemampuan dasar...kalo ngga kreatif silahkan kerja operasional rutin yg gak perlu kreatifitas..spt jaga tiket bioskop misalnya...mau kreatip gimana? ya kan...cuman tinggal sobek, silahkan masuk...
itu yg bikin beda desainer sama orang biasa...
naaa kalo desainer cuman punya kemampuan dasar.. ya seperti orang ngendisain grafis pake 'paint'-nya winblows...mentok ga bisa eksplor...
gitu..

onid
06-06-2008, 17:25
ha ha ha...nanti ada yg sakit hati lagi....
memang bener, buat desainer, kreatif itu memang kemampuan dasar...kalo ngga kreatif silahkan kerja operasional rutin yg gak perlu kreatifitas..spt jaga tiket bioskop misalnya...mau kreatip gimana? ya kan...cuman tinggal sobek, silahkan masuk...
itu yg bikin beda desainer sama orang biasa...
naaa kalo desainer cuman punya kemampuan dasar.. ya seperti orang ngendisain grafis pake 'paint'-nya winblows...mentok ga bisa eksplor...
gitu..

lho.... mungkin aja yang jaga tiket bioskop kalo punya kesempatan, bisa berkarya lebih baik daripada yang sekarang jadi desainer grafis.....

skaventh
06-06-2008, 17:40
Well I think yang di maksud sob dsg24h soal penjaga bioskop tadi cuma contoh kasar mod.

dsg24h
06-06-2008, 18:11
lho.... mungkin aja yang jaga tiket bioskop kalo punya kesempatan, bisa berkarya lebih baik daripada yang sekarang jadi desainer grafis.....

naa ini jg penting...kesempatan...
pinter, kreatip, mau kerja..tp ga dpt kesempatan... ya ga bisa berkembang..mentok aje..
kebanyakan sih disini ( terutama jkt )..banyak yg punya kesempatan..linknya banyak... tapi ga kreatip..udh gitu ga mau kerja.. maunya duit doang....

onid
06-06-2008, 18:21
lho itu kreatif juga.... bagaimana caranya nggak kreatif dan nggak kerja tapi dapat duit....

banyak lho yang berhasil.... bahkan bisa masuk ke jajaran pemerintahan.....

7-request
06-06-2008, 20:11
masi dilanjutkan juga nih????

kirain brakhir dipelacuran tuh kreatif,.. hahahaha :D :D

btw,.. setuju kata om onid,.. disainer grapis gak perlu kratip,..

onid
06-06-2008, 20:17
masi dilanjutkan juga nih????

kirain brakhir dipelacuran tuh kreatif,.. hahahaha :D :D

itu kan salah satu tempat penyaluran kreativitas....

Aspalzz
06-06-2008, 20:30
kalau semua orang butuh kreatif.... berarti.....

untuk jadi orang kreatif, gak perlu jadi desainer grafis kan....???

semua orang layak disebut desainer grafis....

tul juga designer grafis kagak perlu kreatif ...

... idenya siapa?

idenya miekocok :001_tt2:

salam.

onid
06-06-2008, 20:31
tul juga designer grafis kagak perlu kreatif ...

... idenya siapa?

idenya miekocok :001_tt2:

salam.

cukup nyolong aja ya bos....???? hihihihihi.....

Aspalzz
06-06-2008, 20:39
cukup nyolong aja ya bos....???? hihihihihi.....

nyolong ato nyontek ... :001_rolleyes:

salam.

onid
06-06-2008, 20:44
nyolong ato nyontek ... :001_rolleyes:

salam.

yang penting dapat duit ya bos....???

salam.

qpot
23-07-2008, 19:00
jadi pada setuju nihh kalo desainer gak perlu kreatif??
kok gak berlanjut nih??

paya ah pada gak kreatip... desainer semua yah?? hehehhee

piss ahh

onid
24-07-2008, 06:55
kayaknya emang pada setuju semua.....

7-request
26-07-2008, 18:45
om onid memenangkan debat ini toh,....

onid
26-07-2008, 19:08
nggak menang kok..... cuma nggak ada yang berhasil meyakinkan saya bahwa kreativitas adalah milik desainer grafis.....

moedzianhi
26-07-2008, 20:53
wah setelah baca-baca thread ini saya sebagai orang disain jadi semangat lagi untuk berkarya lebih banyak..
cos terkadang orang2 sperti kita terus-menerus dikebiri..:001_tt2:
dituntut untuk menjadi the best..
sampai pada akhirnya mentok, ga ada ide yang keluar..

thanks buat mas onid atas artikel-nya and suhu2 yang lain..:001_smile:

onid
27-07-2008, 09:43
wah setelah baca-baca thread ini saya sebagai orang disain jadi semangat lagi untuk berkarya lebih banyak..
cos terkadang orang2 sperti kita terus-menerus dikebiri..:001_tt2:
dituntut untuk menjadi the best..
sampai pada akhirnya mentok, ga ada ide yang keluar..

thanks buat mas onid atas artikel-nya and suhu2 yang lain..:001_smile:

wekkkksssss...... ada yang terinspirasi juga rupanya.....

hailrasta
27-07-2008, 13:27
Design Hell...

mungkin dengan link ini bisa menjawab

http://www.happeepill.com/blog/2007/designhell1/dhell1.htm

:001_tt2:

onid
27-07-2008, 13:58
aaaawwwww...... is to be designer that bad...????

fleimboy
27-07-2008, 14:41
setuju ama om onid, rata2 skrg org jg udh bisa pake aplikasi design grafis, ga harus kreatif...

krn aplikasi2 tersebut menawarkan fitur2 & tools yg bagus, kreatif akan muncul dengan sendiri nya...

hailrasta
27-07-2008, 15:10
wah wah wah misi seorang designer grafis kan memberikan informasi, pesan dalam bentuk visual yg dikemas artistik, eye catching, to the point,ter target dll..... banyak loh metode2nya dalam mendesign bukan hanya mengandalkan software grafis aja,
psikologi agar mengena target audiencenya, teknik yg digunakan Above the line, below the line, ambience media, mixs media, dan masih banyak lagi tergantung tingkat ke kreatifitasan si designer untuk menyampaikan pesannya dan bisa long lasting

contoh design yg sukses itu bakal tertanam di ingatan dan long lasting bahkan menjadi bagian dari keseharian tanpa kita sadari (contoh beli air mineral apa aja pasti bilangnya "mas AQUAnya 1") atau ("MAMA nyalakan SANYOnya papa mau nyuci motor,meski bukan sanyo pompa airnya) dll

kalo sekedar bagus itu sih ga masuk dalam kriteria good design apalagi cmn dlm itungan bulan udah kadaluarsa karya2nya...sebenernya memang semua orang itu kreatif tapi kan ada porsinya masing2 dlm hal kreatifitas yg seperti apa dan bidangnya apa...

emng betul udh banyak software grafis tapi apa itu menjamin semua orang bisa menjadi seorang designer.....karya bagus tapi tdk bermuatan pesan yg kuat dlm visualnya apa masuk dlm kriiteria graphic design art work?atau hanya seniman yg memuaskan ego pribadi saja?

kalo masih beranggapan semua orang bisa jadi designer ini jelas bisa dilihat kenapa iklan di media2 (elektronik,cetak,dll) negara kita kebanyakan masih terkesan so so lah
( contohnya iklan ron car alarm anti maling :001_tt2:) mungkin beberapa ada yg bagus itupun cuman clientnya yg lokal yg garap bule2......hehehe

7-request
28-07-2008, 20:40
emng betul udh banyak software grafis tapi apa itu menjamin semua orang bisa menjadi seorang designer.....karya bagus tapi tdk bermuatan pesan yg kuat dlm visualnya apa masuk dlm kriiteria graphic design art work?atau hanya seniman yg memuaskan ego pribadi saja?

ada threadnya nih, seniman=disainer grapis??? hahahaha :D :D

onid
29-07-2008, 10:54
wah wah wah misi seorang designer grafis kan memberikan informasi, pesan dalam bentuk visual yg dikemas artistik, eye catching, to the point,ter target dll..... banyak loh metode2nya dalam mendesign bukan hanya mengandalkan software grafis aja,
psikologi agar mengena target audiencenya, teknik yg digunakan Above the line, below the line, ambience media, mixs media, dan masih banyak lagi tergantung tingkat ke kreatifitasan si designer untuk menyampaikan pesannya dan bisa long lasting

contoh design yg sukses itu bakal tertanam di ingatan dan long lasting bahkan menjadi bagian dari keseharian tanpa kita sadari (contoh beli air mineral apa aja pasti bilangnya "mas AQUAnya 1") atau ("MAMA nyalakan SANYOnya papa mau nyuci motor,meski bukan sanyo pompa airnya) dll

kalo sekedar bagus itu sih ga masuk dalam kriteria good design apalagi cmn dlm itungan bulan udah kadaluarsa karya2nya...sebenernya memang semua orang itu kreatif tapi kan ada porsinya masing2 dlm hal kreatifitas yg seperti apa dan bidangnya apa...

emng betul udh banyak software grafis tapi apa itu menjamin semua orang bisa menjadi seorang designer.....karya bagus tapi tdk bermuatan pesan yg kuat dlm visualnya apa masuk dlm kriiteria graphic design art work?atau hanya seniman yg memuaskan ego pribadi saja?

kalo masih beranggapan semua orang bisa jadi designer ini jelas bisa dilihat kenapa iklan di media2 (elektronik,cetak,dll) negara kita kebanyakan masih terkesan so so lah
( contohnya iklan ron car alarm anti maling :001_tt2:) mungkin beberapa ada yg bagus itupun cuman clientnya yg lokal yg garap bule2......hehehe


wah... wah.... wah.... kok semua urusan orang marketing harus dikuasai oleh desainer.....????

kalo gitu syarat utama untuk jadi desainer grafis bukan kreativitas.... tapi kemampuan marketing yang mumpuni......

lingga
31-07-2008, 15:04
karena pesan kek informasi, pesan dalam bentuk visual yg dikemas artistik, eye catching, to the point,ter target dll..... banyak loh metode2nya dalam mendesign bukan hanya mengandalkan software grafis aja,
psikologi agar mengena target audiencenya, teknik yg digunakan Above the line, below the line, ambience media, mixs media.. itu diajarkan pada mata kuliah DKV.. kalo kita cuma diajarkan mengcreate sesuatu tanpa memikirkan what the point of the idea, ngga perlu kuliah mbah.. kursus aja, ntar juga bisa jadi OPERATOR DESIGN..

sekarang saya tanyakan apa seorang design grafis ngga perlu kemampuan marketing??

7-request
31-07-2008, 21:37
kalo kita cuma diajarkan mengcreate sesuatu tanpa memikirkan what the point of the idea, ngga perlu kuliah mbah.. kursus aja, ntar juga bisa jadi OPERATOR DESIGN..


iseng ngejawab ah,.. ngapain kursus,.. mending tekan f1 dikibord komputer, hehehe :D

onid
01-08-2008, 06:44
sekarang saya tanyakan apa seorang design grafis ngga perlu kemampuan marketing??

seperti yang saya bilang sebelumnya..... jelas perlu....

kreativitas adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki semua orang, bukan milik cuma milik desainer.....

desainer harus kreatif --> ini cuma omong kosong.... bull***t....

desainer harus pintar marketing --> ini baru bener.....

Rone
15-08-2008, 15:02
seperti yang saya bilang sebelumnya..... jelas perlu....

kreativitas adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki semua orang, bukan milik cuma milik desainer.....

desainer harus kreatif --> ini cuma omong kosong.... bull***t....

desainer harus pintar marketing --> ini baru bener.....

ngikut2 XD
panas nih kayanya..

"desainer harus kreatif --> ini cuma omong kosong.... bull***t...."
pernyataan mbah onid ini berlawanan ama pernyataan2 mbah yang sebelumnya yang ngomong kalo "kreativitas adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki semua orang"

gw setuju dengan pernyataan bahwa semua orang harus kreatif, dan kreatif bukan murni milik desainer.

"Desainer harus pintar marketing" ini gw juga setuju..
gw kuliah DKV (Desain Komunikasi Visual) beberapa mata kuliahnya ada mata kuliah yang berhubungan dengan Manajemen salah satunya Marketing.

dan mata kuliah utamanya yaitu DKV juga disisipi beberapa hal tentang teori marketing.

cocacolicious
15-08-2008, 15:10
baca judulnya sekilas, gw pikir, "desainer ga perlu kreatif. Udah banyak Template diluar sana."

:D:D

onid
16-08-2008, 07:17
ngikut2 XD
panas nih kayanya..

"desainer harus kreatif --> ini cuma omong kosong.... bull***t...."
pernyataan mbah onid ini berlawanan ama pernyataan2 mbah yang sebelumnya yang ngomong kalo "kreativitas adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki semua orang"

wah.... mungkin kamu salah menerima ucapanku. tapi bukan salahmu kalo kamu salah terima....

maksud pernyataanku adalah : pernyataan seperti itu bukanlah hal yang esensial.... seperti pernyataan "kalo lapar, ya makan...." atau "pingin dapat duit, ya kerja." semua orang udah tahu. pernyataan itu nggak istimewa, gak perlu dibahas, apalagi diperdebatkan..... bulls**t karena semua orang perlu kreativitas, bukan cuma desainer. mungkin sama juga seperti "kalau sekolah harus mbayar...." semua orang kalo pingin apa-apa biasanya ya mbayar, nggak cuma sekolah doang....


baca judulnya sekilas, gw pikir, "desainer ga perlu kreatif. Udah banyak Template diluar sana."

:D:D

viva la template....

harnods
17-08-2008, 22:31
bukan cuma desainer yang harus kreatif..... semua orang harus kreatif.....


trus kenapa judulnya "Desainer Grafis Gak Perlu Kreatif" ? supaya keliatan lebih kreatif ya ?

Semua orang emank harus kreatif - semua orang juga uda tau, kenapa harus diperdebatkan dan itu juga bukan penyataan istimewa , nyokap dirumah aja harus kreatif ngakalin bahan makanan yang ada di kulkas buat dimasak, urip aja harus kreatif cari alasan supaya tidak djerat kasus korupsi, tukang baso aja harus kreatif akalin baso-nya supaya tidak tercium bau daging tikusnya...

gue ikutin depan, tread ini tidak ada inti-nya. what is the point ?

harnods
17-08-2008, 22:59
kalau semua orang butuh kreatif.... berarti.....

untuk jadi orang kreatif, gak perlu jadi desainer grafis kan....???

semua orang layak disebut desainer grafis....


jadi..... kreatif adalah kemampuan dasar yang harus dipunyai orang....

berarti untuk jadi desainer gampang banget ya.... cuma butuh kemampuan dasar.....



menjadi seorang akuntan juga hanya butuh kemampuan berhitung, itu juga kemampuan dasar. tapi gue engga mampu tuh jadi akuntan.

untuk jadi pengarang cerita juga hanya butuh kemampuan bercerita, itu juga kemampuan dasar, tapi gue engga mampu tuh jadi pengarang cerita.

kreatifitas ya jelas kemampuan dasar semua orang, tapi kreatifitas di grafis berbeda donk dengan kreatifitas dalam memasak , berbeda dengan kreatifitas dalam bercerita ?

judulnya "designer engga perlu kreatif" ? kan lo uda bilang sendiri kalo semua profesi harus kreatif, ya bearti designer harus kreatif ga? Dan rasanya tidak ada yang bilang kreatifitas milik designer ? setidaknya dithread ini gue engga nemu penyanyaan itu, kecuali lo nyebut sendiri berulang2 ...

kreatifitas yang mau lo bahas disini untuk designer grafis atau untuk profesi lain ? kreatifitas untuk designer ya dalam hal mengolah visual dan grafis untuk dikomunikasikan, namanya aja uda designer GRAFIS. kreatifitas untuk marketing ya dalam hal mengolah cara dia memasarkan seuatu. dan ya jelas beda pengertian kreatifitas disitu.

lo pernah nyebut designer grafis perlu belajar marketing, ya emank perlu, lah di kuliah DKV diajarin kok marketing. kuliah marketing diajarin mengambar ? ya diajarin juga mengambar bagan (apalah namanya) tapi apa pengertian mengambarnya sama ?

makanya what is the point ? apa yang mau sebenarnya mau lo permasalahkan disini ?

rambut
18-08-2008, 12:49
Baru ngikutin thread ini.. Cekikikan..

Jujur aja, thread ini debat kusir hahaa.. Terlalu melebar, bahkan yg bikin topik pun muter-muter bahasannya dan sangat ga relevan.. :))

Jadi apa yg bullshit?? Thread ini yg bullshit hehe.. No offense yay, yg bullshit threadnya bukan orang-orangya ;)

Mending di close aja ini topik, thx.

harnods
18-08-2008, 14:45
Baru ngikutin thread ini.. Cekikikan..

Jujur aja, thread ini debat kusir hahaa.. Terlalu melebar, bahkan yg bikin topik pun muter-muter bahasannya dan sangat ga relevan.. :))

Jadi apa yg bullshit?? Thread ini yg bullshit hehe.. No offense yay, yg bullshit threadnya bukan orang-orangya ;)

Mending di close aja ini topik, thx.

So true...

tapi gue penasaran apa ya pekerjaan Onid ini ?

onid
19-08-2008, 05:40
So true...

tapi gue penasaran apa ya pekerjaan Onid ini ?

buruh.......





masa gak nemu point dari thread ini....??? baca dan hayati lagi dong......

harnods
19-08-2008, 07:38
buruh.......
masa gak nemu point dari thread ini....??? baca dan hayati lagi dong......

ya ya ya ...

kesimpulan gue lo orang yang tidak mau mengakui kekeliruan sendiri dan terus membolak balikan ucapan ... lol

dan jawaban lo seperti ini, adalah jawaban tipikal orang yang sudah tidak bisa mengelak lagi, tapi tetap berusaha tampil "kreatif" ...

onid
19-08-2008, 10:36
ya ya ya ...

kesimpulan gue lo orang yang tidak mau mengakui kekeliruan sendiri dan terus membolak balikan ucapan ... lol

dan jawaban lo seperti ini, adalah jawaban tipikal orang yang sudah tidak bisa mengelak lagi, tapi tetap berusaha tampil "kreatif" ...

kekeliruan yang mana.....?? ada kan desainer yang nggak perlu kreatif, cukup modal template doang......

ini yang aku percaya : dalam urusan promosi, orang marketing harus lebih kreatif dibandingkan desainer grafis..... kreatifnya orang marketing jauh lebih penting daripada kreatifnya desainer grafis.....

harnods
19-08-2008, 11:24
kekeliruan yang mana.....?? ada kan desainer yang nggak perlu kreatif, cukup modal template doang......

ini yang aku percaya : dalam urusan promosi, orang marketing harus lebih kreatif dibandingkan desainer grafis..... kreatifnya orang marketing jauh lebih penting daripada kreatifnya desainer grafis.....

ya ya ya ...lo bisa ngomong apa ja kok, eh jadi sekarang pembahasan lo dah lari ke designer yang pakai template ya ? hahaha...


... tapi mendingan lo baca ulang aja semua yang lo tulis deh, supaya lo engga keliatan seperti orang bodo dipenilaian gue. lol

onid
19-08-2008, 11:41
ya ya ya ...lo bisa ngomong apa ja kok, eh jadi sekarang pembahasan lo dah lari ke designer yang pakai template ya ? hahaha...

... tapi mendingan lo baca ulang aja semua yang lo tulis deh, supaya lo engga keliatan seperti orang bodo dipenilaian gue. lol

nggak papa bos..... orang gue ini emang orang bodo yang pingin keliatan pinter kok..... jadi kalo aku keliatan seperti orang bodo di penilaian lo.... itu nggak salah kok......

btw, desainer grafis itu apa sih....?? orang yang bikin brosur...?? orang yang kerjanya melayout majalah....??

harnods
19-08-2008, 11:58
nggak papa bos..... orang gue ini emang orang bodo yang pingin keliatan pinter kok..... jadi kalo aku keliatan seperti orang bodo di penilaian lo.... itu nggak salah kok......

btw, desainer grafis itu apa sih....?? orang yang bikin brosur...?? orang yang kerjanya melayout majalah....??

bla2.... eh jadi sekarang kita balik ke designer grafis yang bikin brosur dan layout majalah ya ?

jadi setelah lo bahas designer yang bikin iklan terus designer template sekarang lo mau bahas designer yang bikin brosur ya ? gue pikir lo mau bahas ttg kreativitas ? eh engga gue pikir lo mau bahas ttg pengaruh iklan ke penjualan ? eh engga itu cuman keisengan lo doank, eh lo mau bahas apa ya ?

jelasin donk inti pembicaraan lo? ato emank engga ada inti-nya ? karena lo juga engga tau apa yang lo omongin.

onid
19-08-2008, 12:03
bla2.... eh jadi sekarang kita balik ke designer grafis yang bikin brosur dan layout majalah ya ?

jadi setelah lo bahas designer yang bikin iklan terus designer template sekarang lo mau bahas designer yang bikin brosur ya ? gue pikir lo mau bahas ttg kreativitas ? eh engga gue pikir lo mau bahas ttg pengaruh iklan ke penjualan ? eh engga itu cuman keisengan lo doank, eh lo mau bahas apa ya ?

jelasin donk inti pembicaraan lo?

intinya..... gue ini sebenernya nggak tahu dengan apa yang disebut desainer....

apakah pembuat brosur.... atau tukang layout majalah.... atau yang bikin iklan di majalah, atau yang bikin iklan di tv...... batasan orang yang disebut desainer grafis itu apa sih....???

di mci ini ada tradisi untuk memberikan bantuan kepada nubie dan memberikan pencerahan untuk orang bodo....

nah, sekarang udah ketahuan, siapa yang bodo.... yaitu aku.....

giliran sob harnods memberikan pencerahan kepada orang bodo, yaitu onid...... kasih tahu dong apa itu desainer grafis.....

harnods
19-08-2008, 12:17
intinya..... gue ini sebenernya nggak tahu dengan apa yang disebut desainer....

apakah pembuat brosur.... atau tukang layout majalah.... atau yang bikin iklan di majalah, atau yang bikin iklan di tv...... batasan orang yang disebut desainer grafis itu apa sih....???

di mci ini ada tradisi untuk memberikan bantuan kepada nubie dan memberikan pencerahan untuk orang bodo....

nah, sekarang udah ketahuan, siapa yang bodo.... yaitu aku.....

giliran sob harnods memberikan pencerahan kepada orang bodo, yaitu onid...... kasih tahu dong apa itu desainer grafis.....

ha! gue si engga akan terjebak dengan pertanyaan pancingan lo. lo bisa cari di wiki untuk pertanyaan lo itu...

kalo inti penyataan lo karena lo engga tau apa itu designer, gue heran kenapa lo bisa buat artikel itu ? lo engga research dulu sebelom lo nulis ? kalo lo ada research kenapa lo engga tau apa itu designer grafis ? apa itu template artist ? trus siapa saja yang terlibat dalam pembuatan iklan atau campaign ? dan yang penting kenapa produk-nya gagal dipasar ?

ooo atau mungkin karena lo merasa punya "kemampuan dasar" menulis jadi lo bisa jadi penulis ya ?

onid
19-08-2008, 12:25
ha! gue si engga akan terjebak dengan pertanyaan pancingan lo. lo bisa cari di wiki untuk pertanyaan lo itu...

kalo inti penyataan lo karena lo engga tau apa itu designer, gue heran kenapa lo bisa buat artikel itu ? lo engga research dulu sebelom lo nulis ? ooo mungkin karena lo merasa punya "kemampuan dasar" menulis jadi lo bisa jadi penulis.

aaaaahhh...... ternyata kita sama..... suka muter-muter kalo ditanyai.....

onno
19-08-2008, 12:25
Wuah...
Mas Dirman ma mas Onid koq jadi brantem...?!:sad:

onid
19-08-2008, 12:26
Wuah...
Mas Dirman ma mas Onid koq jadi brantem...?!:sad:

siapa yang berantem..... saya ini berusaha mendapatkan sedikit ilmu dari mas Dirman kok.....

harnods
19-08-2008, 13:17
siapa yang berantem..... saya ini berusaha mendapatkan sedikit ilmu dari mas Dirman kok.....

ya ya ya.... talk to the hand...whatever..... lol

henz
19-08-2008, 17:46
hmm.... Kalo gw seh ga setuju yah ama artikel ini, kalo dy emg pernah kuliah di bidang design grafis semustinya dy tau. Salah satu contoh aj kan kuliah di bidang ini diajarkan dasar design grafis bukan cmn di ajarin software doang. kalo di ajarin software doang mah mending gw les di luar aj jg bisa dong??:crying:

cendana
19-08-2008, 18:32
ya ya ya.... talk to the hand...whatever..... lol

yah.... jawabannya kurang inspiratif :crying:

onid
19-08-2008, 19:15
hmm.... Kalo gw seh ga setuju yah ama artikel ini, kalo dy emg pernah kuliah di bidang design grafis semustinya dy tau. Salah satu contoh aj kan kuliah di bidang ini diajarkan dasar design grafis bukan cmn di ajarin software doang. kalo di ajarin software doang mah mending gw les di luar aj jg bisa dong??:crying:

wah, maaf mas, saya ini cuma lulusan SMA..... tapi kalo gak salah di sekolah desain grafis kan diajari gimana caranya karya desainer bisa menarik perhatian masyarakat sebesar mungkin.....

tapi nyatanya, walau karyanya menarik perhatian masyarakat, belum tentu produk yang dipromosikan oleh karya tersebut bisa sukses..... malah banyak sekali contoh bahwa karya desainer tersebut sukses besar menarik perhatian masyarakat, tapi produknya mati klepek-klepek.....

rambut
19-08-2008, 20:44
malah banyak sekali contoh bahwa karya desainer tersebut sukses besar menarik perhatian masyarakat, tapi produknya mati klepek-klepek.....

Bisa disebutin contoh produknya mas? mungkin saya bisa membantu sedikit..

Anyway kembali ke topik awal.. Seorang Graphic Designer ga perlu kreatif? Itu salah, menilik ke semua jawaban kalian, bahkan jawaban Mas Onid sendiri.. Bahwa semua profesi apapun harus kreatif, berarti sudah ketebak jawabannya kan..

Tapi kreatif seperti apa? Itu yg harus relevan, setidaknya harus relevan dengan profesinya. Makna kreatif itu masih sangat luas dan tidak bisa dijadikan suatu tolak ukur dalam menjawab topik ini.

Hal pertama, Designer berasal dari kata Design yang kira-kira artinya merancang. Designer berarti adalah suatu profesi, yaitu perancang. Jadi dalam bahasa Indonesia arti Graphic Designer kira-kira adalah profesi perancang graphic/visual.

Sudah jelas bahwa Designer Graphic adalah sebuah profesi, tidak semua orang bisa menjadi seorang Designer apabila dia tidak berprofesi dibidang itu. Jadi meskipun Anda seseorang yang bisa/jago dalam mengoperasikan software design, bukan berarti anda seorang Designer, apalagi hanya sekedar mengandalkan template.

hal kedua yg saya perhatikan, dalam sebuah promosi produk, seorang Designer tidak bekerja sendiri, banyak tim yang bekerja sama dalam hal strategi pemasaran dan penyampaian promosi, dan dalam hal ini seorang Designer-lah yang melakukan eksekusi design atau merancang sebuah promo item dsb untuk disampaikan ke khalayak ramai melalui beragama media ATL/BTL.

Hal ketiga mengenai template, template hanya sekedar media pembantu dalam software dan biasanya template digunakan/diperuntukkan kepada khalayak umum. Karena seorang Designer biasanya diharuskan membuat tampilan/visual sendiri untuk klien-nya. Atau bahkan seorang Designer diharuskan membuat sebuah template sendiri agar bisa digunakan dengan mudah oleh klien/user ysb.

Kira-kira sudah jelas belum ya? Jangan sampai jadi debat kusir. Kalo ada yang kurang bisa ditambahkan, selama itu masih relevan dengan topik.

;)

harnods
19-08-2008, 20:45
malah banyak sekali contoh bahwa karya desainer tersebut sukses besar menarik perhatian masyarakat, tapi produknya mati klepek-klepek.....

menarik perhatian belum tentu harus beli kan ? bisa jadi produknya jelek ? bisa jadi orang ragu pindah merk ? bisa jadi distribusi produk ke pasarnya tidak bagus ? bisa jadi pelayanan pra dan pasca penjualannya jelek ?

onid
19-08-2008, 23:04
Bisa disebutin contoh produknya mas? mungkin saya bisa membantu sedikit..

Anyway kembali ke topik awal.. Seorang Graphic Designer ga perlu kreatif? Itu salah, menilik ke semua jawaban kalian, bahkan jawaban Mas Onid sendiri.. Bahwa semua profesi apapun harus kreatif, berarti sudah ketebak jawabannya kan..

Tapi kreatif seperti apa? Itu yg harus relevan, setidaknya harus relevan dengan profesinya. Makna kreatif itu masih sangat luas dan tidak bisa dijadikan suatu tolak ukur dalam menjawab topik ini.

Hal pertama, Designer berasal dari kata Design yang kira-kira artinya merancang. Designer berarti adalah suatu profesi, yaitu perancang. Jadi dalam bahasa Indonesia arti Graphic Designer kira-kira adalah profesi perancang graphic/visual.

Sudah jelas bahwa Designer Graphic adalah sebuah profesi, tidak semua orang bisa menjadi seorang Designer apabila dia tidak berprofesi dibidang itu. Jadi meskipun Anda seseorang yang bisa/jago dalam mengoperasikan software design, bukan berarti anda seorang Designer, apalagi hanya sekedar mengandalkan template.

hal kedua yg saya perhatikan, dalam sebuah promosi produk, seorang Designer tidak bekerja sendiri, banyak tim yang bekerja sama dalam hal strategi pemasaran dan penyampaian promosi, dan dalam hal ini seorang Designer-lah yang melakukan eksekusi design atau merancang sebuah promo item dsb untuk disampaikan ke khalayak ramai melalui beragama media ATL/BTL.

Hal ketiga mengenai template, template hanya sekedar media pembantu dalam software dan biasanya template digunakan/diperuntukkan kepada khalayak umum. Karena seorang Designer biasanya diharuskan membuat tampilan/visual sendiri untuk klien-nya. Atau bahkan seorang Designer diharuskan membuat sebuah template sendiri agar bisa digunakan dengan mudah oleh klien/user ysb.

Kira-kira sudah jelas belum ya? Jangan sampai jadi debat kusir. Kalo ada yang kurang bisa ditambahkan, selama itu masih relevan dengan topik.

;)

:w00t::w00t: that's the best answer i ever had...... saya sampai garuk-garuk kepala.... nggak ada celah yang bisa disanggah.....

ini baru jawaban seorang desainer grafis yang mumpuni..... yang laennya mah talk to the hand aja..... hehehehehe....

semuanya, setidak-tidaknya saya..... kecuali mr. rambut..... let's talk to the hand.....

lando
19-08-2008, 23:37
saya setuju sama yang diatas.
topic ini juga di picu oleh perkembangan technology yang sangat cepat, computer dan software, yang akhirnya semua orang mempunyai access, dan semua orang claim kalo kalo bisa photohsop, berarti saya designer. hehehe..

saya bisa nyanyi bukan berarti saya penyanyi.
saya bisa bisa photo bukan berarti saya photographer.
saya bisa photoshop, bukan berarti saya designer.

theres more into it.

mari kita saling menghargai antara profesi.

IMHO.
hehehe
peace.

harnods
19-08-2008, 23:52
:w00t::w00t: that's the best answer i ever had...... saya sampai garuk-garuk kepala.... nggak ada celah yang bisa disanggah.....

ini baru jawaban seorang desainer grafis yang mumpuni..... yang laennya mah talk to the hand aja..... hehehehehe....

semuanya, setidak-tidaknya saya..... kecuali mr. rambut..... let's talk to the hand.....

apa bedanya dengan jawaban ini ? ada ada aja hehehe... uda ah Onid.
*) maap ya 'du abis jadi gatel si baca-nya.


menjadi seorang akuntan juga hanya butuh kemampuan berhitung, itu juga kemampuan dasar. tapi gue engga mampu tuh jadi akuntan.

untuk jadi pengarang cerita juga hanya butuh kemampuan bercerita, itu juga kemampuan dasar, tapi gue engga mampu tuh jadi pengarang cerita.

kreatifitas ya jelas kemampuan dasar semua orang, tapi kreatifitas di grafis berbeda donk dengan kreatifitas dalam memasak , berbeda dengan kreatifitas dalam bercerita ?

judulnya "designer engga perlu kreatif" ? kan lo uda bilang sendiri kalo semua profesi harus kreatif, ya bearti designer harus kreatif ga? Dan rasanya tidak ada yang bilang kreatifitas milik designer ? setidaknya dithread ini gue engga nemu penyanyaan itu, kecuali lo nyebut sendiri berulang2 ...

kreatifitas yang mau lo bahas disini untuk designer grafis atau untuk profesi lain ? kreatifitas untuk designer ya dalam hal mengolah visual dan grafis untuk dikomunikasikan, namanya aja uda designer GRAFIS. kreatifitas untuk marketing ya dalam hal mengolah cara dia memasarkan seuatu. dan ya jelas beda pengertian kreatifitas disitu.

lo pernah nyebut designer grafis perlu belajar marketing, ya emank perlu, lah di kuliah DKV diajarin kok marketing. kuliah marketing diajarin mengambar ? ya diajarin juga mengambar bagan (apalah namanya) tapi apa pengertian mengambarnya sama ?

makanya what is the point ? apa yang mau sebenarnya mau lo permasalahkan disini ?

onno
20-08-2008, 01:48
Ikut garuk2 kepala deh. Seorang Nando (orangedan.net) aja bilang "i'm not creative enought...".
Tp ngikutin thread ini jd inget pengalaman 3 tahun silam. Saat sekumpulan otodidaker PKS (Pekerja Seni Komersil) mencari makna yg sama.
Anto.. Coba lo ada disini..

onid
21-08-2008, 06:56
lalu aku menulis thread ini untuk apa ya....??? ada yang tahu...??

scleia
14-10-2008, 04:56
"saran untuk yang mau berprofesi sebagai desainer : belajarlah marketing! "

saran untuk orang marketing : Mengerti-lah design !

saran untuk owner (client) : belajarlah mengerti konsumen !


Jangan lupa sebagian besar iklan yang tayang tidak lepas dari campur tangan owner, yang keputusan nya tidak bisa di ganggu gugat, hal ini sering menjadi jurang antara Team Marketing dengan Team Design dan dengan konsumen nya sendiri.
....

DESIGN GRAPHIC awalnya terbentuk dari perpaduan SENI dan TEKNOLOGI, dimana kemajuan dimulai dari revolusi industri, dimana ditemukan mesin cetak yang dapat memperbanyak, ditemukannya pertama kali kamera yang dapat melukis melalui cahaya, dan banyak lagi ALAT hasil teknologi yang menjadi media para SENIMAN, disini para seniman mempunyai alat untuk memperbanyak hasil karyanya dan memasarkannya.

Dimulai dari sini banyak sekali yang memanfaatkan teknologi cetak pada masa itu. terbitlah koran, buku, poster, undangan, awalnya media cetak pada saat itu hanya sebagi alat pemberi informasi, alat propaganda, dll. seiring dengan kemajuan teknologi dan para produsen memerlukan alat untuk memasarkan produknya. lama kelamaan muncul iklan untuk memasarkan produk, dan terus berkembang sampai sekarang ke dunia digital.

Dari dulu Design Graphic telah berkembang dan berubah, baik dari fungsi dan disiplin ilmu yang telah menyerap banyak disiplin (seni, filsafat, ekonomi, sejarah, budaya, sosiologi, teknik, matematika, dll) sehingga sekarang dikenal dengan nama DESAIN KOMUNIKASI VISUAL (bahasa indonesia).

Desain sendiri berarti merancang, jadi tidak sama desain dengan seni murni, tapi desain adalah turunan dari seni.
Komunikasi Visual adalah bagaimana berkomunikasi/ menyampaikan pesan kepada orang(audience) yang ingin menerima pesan dari kita(komunikan/pengirim pesan), dengan bentuk Visual (gambar, tulisan dan suara sebagai pendukung). Jadi desainer grafis mempunyai cakupan yang cukup luas.

sebenarnya gw ngak pengen membeda-bedakan golongan, antara operator grafis dan desainer grafis. tapi itu yang terjadi, seorang desainer/perancang grafis. mempunyai Tanggung Jawab yang besar terhadap rancangan nya, sedangkan operator grafis hanya menjalankan alat2 seperti photoshop, illustrator, freehand, dsb..

Jadi menurut gw yang berbeda bukan tingkat kreativitas-nya, tetapi TANGGUNG JAWAB nya.

(semoga tulisan ini dapat membantu, maaf kalau ada yang salah ketik)


ps: mungkin meluangkan waktu di wikipedia,
akan sangat memberikan banyak informasi yang dibutuhkan.

lingga
15-10-2008, 15:33
lalu aku menulis thread ini untuk apa ya....??? ada yang tahu...??

coba menurut mbah, km menulis ini utk apa? menciptakan konflik? menyelaraskan apa yang orang lain kurang pahami? atau apa?? :sneaky2:

onid
15-10-2008, 16:16
coba menurut mbah, km menulis ini utk apa? menciptakan konflik? menyelaraskan apa yang orang lain kurang pahami? atau apa?? :sneaky2:

kalau menurut teteh apa.....??

robzware
16-10-2008, 16:53
Desain Grafis, hmm..

menurut aku desain grafis adalah penggabungan seni dan alat untuk menghasilkan karya yang komunikatif dan informatif sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Dalam segi kreatifitas, desainer harus mengerti apa semua permasalahan yang ada dan bagaimana cara menyampaikan informasi kepada khalayak banyak (walah???) secara semenarik mungkin. Ide dan Konsep yg dituangkan ke dalam karya haruslah dapat sampai dengan baik maksud dan tujuannya ke khalayak umum....

untuk segi marketingnya, sebenarnya memang perlu sedikit banyak tentang ini agar dapat menjadi nilai plus buat si desainernya.

mater-1984
24-11-2008, 14:07
menurut kalian desainer grafis harus kreatif.... nah, menurut lo, --para desainer grafis-- kreatif itu apa? jangan ngomong kreatif-kreatif tapi nggak tahu artinya apa.....

asiiik nih thread.... jd banyak belajar jdnya dr bung onid :w00t: thanks!

btw saya hanya coba beri artian kreatif dlm bidang design web yg sdg saya kuasai

menurut saya kreatif dlm artian design utk web = pintar memadukan warna / memilih warna (warna dpt memberi efek psikologis utk seseorg), membuat tipografi yg pas (bukan hanya memilih font), membuat layout yg yahud - user experience & usability..

sori kalo sok tau..... again, thanks!!

bajaklaut
25-11-2008, 11:54
Sebetulnya yang kreatif itu editor artikel yang bersangkutan. Dengan metode jurnalisme provokatifnya dia bisa membuat artikelnya kebawa2 sampai ke forum web.

Pesannya jelas lah: Mengundang opini orang.

Kalau penulis/editor artikelnya aja kreatif, apalagi seorang designer grafis. Pastinya penulis artikelnya juga tau persis, karena diapun menerapkan konsep yang kreatif untuk membuat artikelnya jadi heboh.

No offense, sekedar numpang lewat. :blushing:

chimacs
26-11-2008, 21:44
gak ada yang bisa menentukan batas antara "bisa di bilang kreatif" dan mana yang enggak, ya gmn menyikapinya ajah.. klo menurut mas atau mba e gak perlu kreatif untuk jadi desainer ya itu sih sah sah ajah...
:mellow:

others003
01-12-2008, 00:03
nice dan betul juga boss..
Tapi menurut gw, kreatifitas perlu jg.....ibarat sayuran tanpa garam.
kalo iklan kreatif ada tastenya.....walau iklan yang mendongkrak penjualan belum tentu iklan yang dibuat secara kreatif...
tapi gw setuju kalo brand mau di ingat,kyknya iklannya harus gencar dan jor-joran...agar masyarkat lebih aware...
siip infonya...:001_rolleyes:

onid
01-12-2008, 05:42
di dunia bisnis, kreativitas seorang marketer jauuuuuuuuuhhhhh lebih penting daripada kreativitas desainer grafis.....

nesken
01-12-2008, 08:46
welah dalah masih ada aja nih topik..
yah kalo mas onid bilang kek gitu yah jelaslah, kita bicarain ini di dunia bisnis, jelas seorang marketer jauh lbh dituntut kreatifitasnya.. anak kecil aja tau kalo kek gitu mas.. ngga perlu orang secanggih mas utk ngomong kek gini.. tapi didunia desain, orang marketing bukanlah seorang yang kreatif, karena kreatif mereka hanya untuk mencapai target setinggi2nya.. yaitu DUIT.. ujung2nya setelah mereka ngedapetin target mereka, tetep orang2 design yang harus berpikir untuk membuat sebuah design yang bener2 bisa mengapresiasikan kepentingan customer.. begitu loh mas onid, jadi dari sini aja udh bener2 keliatan perbedaan kreatifitas antara sales dan desainer.. dikantor gw aja, ujung tombak penjualan tetep lah seorang art director, karena merekalah yang selalu mengkonsep sebuah design advertising, dan mempresentasikannya dengan klien, setelah ok semua, baru pihak marketing yang masuk untuk mengurus kontrak2 kerja.. dalam kondisi kek gini, sekarang siapa yang lebih kreatif?? marketing atau designer?? contoh2 yang mas onid kasih, cuma contoh2 yang selalu menempatakan sisi kreatif sales dalam berdagang, bukan sisi kreatif seorang designer dalam mendesign sesuatu, yang ujung2nya menciptakan kerancuan akan makna kreatif itu sendiri..

:p

onid
02-12-2008, 06:08
pertama-tama : marketer tidak sama dengan sales.... sales itu hanya pelaksana penjualan dengan cara-cara/aturan yang telah ditetapkan oleh marketer....

marketer : orang yang bertugas mengupayakan produknya diterima masyakarat.... jadi misalnya ada pabrik yang menjual minuman..... nah diperlukan upaya kreatif sang marketer agar produk minuman ini bisa diterima masyarakat. misalnya, dia menentukan bahwa minuman ini untuk orang muda, bukan orang tua..... tempat penjualannya di pertokoan yang banyak dikunjungi anak muda..... merancang kegiatan promosi (termasuk iklan) agar produknya diapresiasi masyarakat..... jadi upaya-upaya agar produk diterima masyarakat, baik itu melalui promosi maupun publikasi, itu adalah tugas marketer, bukan desainer.... memang waktu sekolah desainer diajari marketing...???

marketer itu punya banyak kepanjangan tangan dalam menjalankan tugasnya, antara lain :
sales : untuk melakasanakan proses penjualan langsung....
desainer : untuk bikin peralatan promosi....

semua orang memang harus kreatif dengan kadar dan bentuk yang berbeda.... dan dalam dunia bisnis, jelaslah kreativitas marketer lebih dihargai daripada kreativitas desainer....

coba kalo kamu punya produk yang ingin kamu jual.... masa manggil desainer yang dulu sekolahnya belajar corel untuk memasarkan produk....?? masa cuma bikin iklan doang produknya terus laku keras....?? nggak mungkin kan, karena promosi atau bikin iklan itu cuma salah satu dari sekian kegiatan marketing.....

pasti manggil marketer dong.... dia kan bisa merancang seluruh kegiatan-kegiatan pemasaran yang diperlukan, itung-itungan bisnisnya, termasuk juga memerintah desainer untuk membuat iklan yang sesuai....


ujung tombak perusahaan itu tetap satu, yaitu marketing..... kalo kamu bilang ujung tombak kantormu adalah art director bukan marketing tentu salah besar..... coba pikir, apa yang dilakukan oleh art directormu kalo nggak ada klien....??

siapa yang mendapatkan klien....?? marketing bukan...?? kalo umpamanya art directormu yang dapat job... apa dia tidak melakukan kegiatan marketing....?? bahkan saat dia melakukan tugas dengan sebaik-baiknya, dia melakukan upaya marketing juga.... dia mempromosikan diri sebagai art director yang baik sehingga ada klien yang sudi menggunakan jasanya.....

jaman sekarang, yang penting adalah apa yang kamu jual, bukan apa yang kamu buat..... sebagus-bagusnya produk yang kamu hasilkan tapi kalo nggak ada yang beli percuma juga kan....??? sepintar-pintarnya art directormu tapi kalo nggak ada klien ya percuma juga.....

pembeli percaya kepada penjual yang mampu menyediakan produk yang diinginkan..... bukan penjual yang mampu membuat sendiri.... kalau klienmu puas dengan apa yang dipresentasikan, mereka nggak peduli dari siapa ide itu muncul, mau dari art director kek, mau dari desainer junior kek, atau mau dari OB yang kebetulan waktu itu ikut nimbrung kek....... mereka suka dengan produk yang kamu sajikan.....

nesken
02-12-2008, 11:04
hahahaha, sekali lagi saya bilang, disini mas onid tuh selalu memberikan argumen yang melebar, bukan menyempit, semua orang juga tau kalo kegiatan produksi pasti menempatkan seorang marketer untuk pemasaran barangnya, dalam bahasa apapun pasti seorang marketer lah ujung tombak perusahaan, toko, atau apapun jenis usahanya.. marketer bisa dipegang oleh siapapun dengan kemampuan bisnisnya.. bukan ujug2 hanya dari orang marketing or sales..
tapi disini yang menjadi pertanyaan apakah desainer grafis ngga perlu kreatif ??? itu pertanyaannya, ngga perlu bawa2 yang namanya marketing.. selesaikan dulu permasalahan ini, jangan ngelebar2in masalah untuk membiaskan permasalahan.. karena teknik seperti itu hanyalah teknik orang yang terbiasa debat kusir.. ngga akan menemukan solusi.. saya rasa sudah banyak masukan yang bisa mas onid baca dari temen2 lain.. apa mas pikir seorang art director tidak dibawa dalam merancang sebuah konsep pemasaran produk?? art director itu bukan cuma membuat iklan tok' mas.. mereka juga merancang konsep pemasaran yang baik, bukan cuma milik orang marketing (marketer).. kalo mau ngomongin sisi ekonomi, pasti semua tersentuh oleh sisi ekonomi, sampe berak juga punya sisi ekonomi, tapi kita bukan ngebahas itu bukan?? apakah desainer grafis ngga perlu kreatif??? ini pertanyaannya.. bisa ngga mas jawab tanpa melibatkan sisi bisnis disini..

onid
03-12-2008, 05:33
lho, kamu nanggapi komentarku yang mana....?? aku pikir kamu menanggapi komentarku di posting nomor 223.....

nesken
03-12-2008, 09:17
di dunia bisnis, kreativitas seorang marketer jauuuuuuuuuhhhhh lebih penting daripada kreativitas desainer grafis.....

loh.. emang dari sini awalnya.. tapi apa yang ditekankan pada kata2 diatas?? implikasinya ke arah mana?? kembali ke tujuan awal kan, bahwa designer grafis itu ngga perlu kreatif?? otok2 itu cuma permainan kata2 aja kok, yang mengulang-ulang..
beri otak saya yang kecil ini, apa yang membuat orang2 marketing itu lebih kreatif daripada kami para kaum desainer?? bukan cuma dari sudut pandang mas onid yang terlihat hanya memihak orang marketing, tapi juga dr sudut pandang orang design..

onid
03-12-2008, 11:12
lho... ini bukan masalah siapa yang lebih kreatif daripada siapa....

tapi memang ya itu, dalam dunia bisnis kreativitas marketer memang lebih penting daripada desainer grafis.... ya to...??

coba, desainer membuat iklan itu kan melaksanakan salah satu kegiatan marketing, yaitu promosi.... iya to...?? apakah suatu produk bisa berhasil hanya dengan membuat kegiatan promosi....?? tentu tidak bukan.... diperlukan riset, menentukan target pasar yang akan menyerap produk, bagaimana caraya agar produk tersebut diterima masyarakat, masalah distribusi agar produk bisa sampai di tempat penjualan, dlsb....

ya... desainer harus kreatif, betul.... tapi kreativitas itu sendiri bukan milik desainer.... tapi milik semua orang.... milik semua profesi..... akuntan punya kreativitas agar bisa bayar pajak lebih murah, sales punya kreativitas berbicara dengan orang agar bisa menjual produknya....

kalau ada seorang desainer yang menyatakan bahwa kreativitas hanya identik dengan desainer atau dia adalah makhluk yang paling kreatif di antara profesi yang lain, sudah jelas desainer tersebut harus membuka pikiran dan wawasan yang lebih luas.....

Banyak pendapat yang muncul dari kalimat : Desainer Grafis Gak Perlu Kreatif....

- kalau desainer tidak perlu kreatif, terus perlu apa....??? lalu mulailah pencarian filosofis tentang desainer.... hakikat seorang desainer.... apa yang kamu dapat dalam proses pencarian tersebut, itulah hartamu....
- kalau desainer gak perlu kreatif, terus siapa yang harus kreatif....?? ah.... ternyata semua orang harus kreatif.... kalau ternyata semua orang harus kreatif, semua orang jadi desainer dong....??? gak masuk akal kan....?? lalu apa yang membedakan kreativitas yang harus dipunyai semua orang dengan kreativitas yang harus dipunyai desainer....?? kalau kamu bisa menjawab, itulah hartamu.....

ke mana arah tujuanku membuka thread ini....?? kalau kamu bisa menemukannya, itulah hartamu..... kalau tidak, anggap saja aku ini orang sinting....

nesken
03-12-2008, 11:50
hahahaha, kalo mas mau membahas masalah ke-kreatifan seseorang, ngga perlu ngebahas sudut kreatifitas seorang designer.. tapi apa yang terjadi disini, sudut kekreatifan seorang desainer menjadi objek, yang berbanding dengan marketing.. dalam berbagai hal semua orang harus kreatif, ibu2 dirumah aja harus kreatif menyediakan masakan, supaya pada nafsu makannya, ngga perlu sampe ngomongin orang marketing atau sisi bisnis.. toh kami ngga ujug2 mengatakan bahwa "kamilah mahluk yang paling kreatif dimuka bumi ini"

Banyak pendapat yang muncul dari kalimat : Desainer Grafis Gak Perlu Kreatif....

- kalau desainer tidak perlu kreatif, terus perlu apa....??? lalu mulailah pencarian filosofis tentang desainer.... hakikat seorang desainer.... apa yang kamu dapat dalam proses pencarian tersebut, itulah hartamu....
- kalau desainer gak perlu kreatif, terus siapa yang harus kreatif....?? ah.... ternyata semua orang harus kreatif.... kalau ternyata semua orang harus kreatif, semua orang jadi desainer dong....??? gak masuk akal kan....?? lalu apa yang membedakan kreativitas yang harus dipunyai semua orang dengan kreativitas yang harus dipunyai desainer....?? kalau kamu bisa menjawab, itulah hartamu.....

itu pendapat siapa yang banyak?? pendapat penulis topik ini kah? apa yang membedakan kreatifitas kami dengan orang lain, yang awam tentang design?? kami punya ide, kami punya konsep (dalam dunia design tentunya) itu yang membedakan kami dengan orang yang awam design, ngga perlu membicarakan masalah tehnik, itu beda kami dengan orang yang awam design.. itu harta yang kami punya dalam dunia design..

Pa_Khar
05-12-2008, 02:22
Jadi tergelitik untuk ikutan nih.... Tapi malas buat nulis panjang lebar.
Begini lah... Dari hari ke hari permasalahan dunia kreatif kita (indonesia) memang nggak pernah berkembang. Singkatnya : Pembahasan Permasalahannya TIDAK pernah berkembang. Selalu saja berputar2 di area yang sama. Persepsi tentang kreatifitas selalu bercampur aduk dengan berbagai persepsi dari berbagai area disiplin, dan akhirnya berakibat menghambat proses kreasi itu sendiri. Proses Kreasi yang seharusnya merupakan kerja tim yang solid, jadi berantakan nggak karuan. Pantas saja negara kita nggak pernah maju.

Argumen teman-teman semuanya bagus-bagus... mantab.
Tapi kita harus ingat, bahwa semua argumen di atas sudah membahas dan mencampur adukkan berbagai permasalahan dari area disiplin yang berbeda-beda, seperti :

Disain grafis
Brand, Branding
Iklan, Avertising
Public Relation, Marketing Comunication
Marketing, pemasaran, Riset
Produksi, Produsen
Media
Wuihhh.... sampai ke award Pusiiiiiing.... barangkali saya menulisnya juga sampai salah


Mana bisa semuanya tumplek blek jadi satu disini???

Siapa yang membuat persepsi SALAH tentang kata Kreatif???
Mengapa ada istilah Industri Kreatif?
Mengapa tidak disebut Industri Kreasi?

Apakah pola pikir 'bangsa jajahan' kita masih terjajah dengan terciptanya 'kasta-kasta virtual' didalam otak kita sehingga kata kreatif menjadi begitu berharga (baca : bermasalah) dan mengganggu sebagian telinga (mungkin termasuk mas Onid) ???
Mungkin kita harus sedikit cooling down dan melonggarkan pikiran....

Jadi.... desainer grafis memang tidak perlu kreatif..... yaa.... bolehh...
tapi HARUS CERDAS!!! Termasuk cerdas dalam menganalisa masalah.

Yaaahhh kembali lagi ke forum Mac Club Indonesia yang kita cintai ini .... Yang penting pakai Mac lah....

PISS

kutukandewata
05-12-2008, 05:53
Jadi.... desainer grafis memang tidak perlu kreatif..... yaa.... bolehh...
tapi HARUS CERDAS!!! Termasuk cerdas dalam menganalisa masalah.

PISS

komentar yg bagus bro....
mungkin setelah masuk ke industri kita sadar kalo ternyata di balik proses terciptanya desain kita juga harus mempertimbangkan posisi marketing...kepentingan bos dan selera pribadi.....

agak pusing emang tapi better lah kita dibantu berpikir buat konsep desain....

kalo emang mau totally independent dalam berkreasi mungkin hanya beberapa orang yg bisa mendapatkan nya..... dan itu bukan saya yg kerjanya cuma buruh..... dan ngikutin kemauan bos ama taktik penjualan dari orang marketing......

onid
05-12-2008, 05:54
sebetulnya aku mulai punya pikiran desainer grafis gak perlu kreatif itu karena mengamati desainer yang membuat iklan.....

aku tahu beberapa orang desainer yang menganggap iklan/promosi adalah segalanya dalam proses membuat sebuah produk laku..... dan celakanya, seringkali dalam pikirannya adalah membuat iklan sebagus mungkin, dengan iklan yang sangat bagus, tentunya produk akan laku keras....

benarkah begitu...?? apakah dengan iklan yang bagus produknya laku keras....?? belum tentu.... banyak iklan yang bagus, dikenal oleh semua lapisan masyarakat, tapi produknya sekarang mati....

iklan yang jelek hampir pasti tidak akan membuat sebuah produk laku, tapi iklan yang bagus pun belum tentu membuat sebuah produk laku keras......

Pa_Khar
05-12-2008, 12:10
sebetulnya aku mulai punya pikiran desainer grafis gak perlu kreatif itu karena mengamati desainer yang membuat iklan.....


Betul sekali... Tapi kita harus ingat...
Iklan itu di buat melalui proses kerja team yang melibatkan banyak pihak. Bukan hanya hasil kerja seorang desainer grafis semata. kasihan kalau yang jadi kambing hitamnya adalah desainer grafis saja.


..... dan celakanya, seringkali dalam pikirannya adalah membuat iklan sebagus mungkin, dengan iklan yang sangat bagus, tentunya produk akan laku keras....

Berarti ini oknum nya yaaa... Agak subjektif mungkin...

Setelah desain iklan tersebut jadi, masih banyak pihak yang bertanggung jawab supaya iklan nya sampai ke audience dengan baik dan menghasilkan good impact. Saya tidak akan mencoba menjelaskan hal ini supaya pembahasannya tidak kembali meluas seperti yang sudah-sudah.

Adapun pemberi Award nya orang iklan juga, saya rasa, supaya persepsinya hanya di persempit di area disiplin iklan saja. Tidak meluas kemana-mana. Supaya tidak menjadi seperti pembahasan ini.

Thanks buat Mas Onid, Let's see the bright side....
Dengan adanya topik ini, kita jadi bisa tambah kenal dengan teman2 yang ikutan posting (panas) di topik ini...
Piss...:001_rolleyes:

onid
06-12-2008, 07:22
Betul sekali... Tapi kita harus ingat...
Iklan itu di buat melalui proses kerja team yang melibatkan banyak pihak. Bukan hanya hasil kerja seorang desainer grafis semata. kasihan kalau yang jadi kambing hitamnya adalah desainer grafis saja.

makanya, kita nggak boleh jadi oknum desainer grafis yang sok tahu segalanya ya.....??? jadi kita nggak boleh langsung panas, langsung mengatakan pendapat orang lain salah kalo berbeda dengan pendapat kita.... hihihihihi.....

celaka dong, kalau kita sebagai desainer memandang suatu hal hanya dari satu sudut..... salah satu kreativitas desainer kan bisa memandang satu hal dari berbagai perspektif.... betul ya....???

untuk bro nesken & yang lainnya yang sudah kadung merasa emosi : sorry bos kalo bikin emosi, salah satu tujuan bikin thread ini memang untuk bikin desainer grafis emosi.... dan melatih sejauh mana mempertahankan tingkat emosi.... sekaligus mempertajam kemampuanku untuk ngeyel mempertahankan pendapat yang ndak jelas juntrungannya.... hihihihihi..... sekali lagi sorry lho.....

harnods
11-12-2008, 14:23
masih lanjut aja ya ini ? haha seperti biasa pembuat theard hanya bisa memutar2 persoalan. sekarang ternyata lagi bahas soal marketer, baru dapat istilah itu ya ? diawal2 belom tersebut2 jagoan baru onid ini.


makanya, kita nggak boleh jadi oknum desainer grafis yang sok tahu segalanya ya.....??? jadi kita nggak boleh langsung panas, langsung mengatakan pendapat orang lain salah kalo berbeda dengan pendapat kita.... hihihihihi......

ini lagi ngomongin diri sendiri ya ? hahaha...

harnods
11-12-2008, 14:31
ya... desainer harus kreatif, betul.... tapi kreativitas itu sendiri bukan milik desainer.... tapi milik semua orang.... milik semua profesi..... akuntan punya kreativitas agar bisa bayar pajak lebih murah, sales punya kreativitas berbicara dengan orang agar bisa menjual produknya....


waduh sudah lah dino, lo baca postingan pertama lo dulu baru lo baca tulisan2 lo sekarang....



kalau ada seorang desainer yang menyatakan bahwa kreativitas hanya identik dengan desainer atau dia adalah makhluk yang paling kreatif di antara profesi yang lain, sudah jelas desainer tersebut harus membuka pikiran dan wawasan yang lebih luas.....


wadu.. dino dino.... coba lo quote disini diantara 200an reply disini siapa yang tulis kreativitas adalah milik designer, tentu saja kalo lo yang tulis sendiri tidak perlu di quote disini ya....

dino onid dino.... kayak badut aja lo disini. haha.. setiap baca yang lo post di theard ini pasti bikin ketawa. sudahlah.. terima ajalah kalau semua argumen2 lo hanya untuk menutup rasa malu lo karena ketauan bikin tulisan tanpa research.


...Dengan metode jurnalisme provokatifnya dia bisa membuat artikelnya kebawa2 sampai ke forum web. haha.. ini yang buat artikelnya yang bawa2 sendiri sampe ke forum web hahaha. bukan karena artikelnya yang menarik jadi dibahas, tapi karena artikelnya tidak jelas juntrungannya, jadi dipertanyakan, dan yang ditanya ternyata engga bisa menjawab selain memutar2 cari kosa kata lain.

onid
11-12-2008, 15:42
ya, bung harnods benar, saya cuma badut yang pingin kelihatan intelek...... hehehehehehe.... tapi ternyata tetep aja nggak kelihatan intelek....

bung harnods-lah yang berhasil menjawab kenapa thread ini dibuat...... yaitu jika ada orang yang berbeda pendapat dengan anda atau menghina profesi anda, jadikan orang itu badut..... dalam thread ini, sayalah yang benar-benar badut.....

harnods
11-12-2008, 16:03
ya, bung harnods benar, saya cuma badut yang pingin kelihatan intelek...... hehehehehehe.... tapi ternyata tetep aja nggak kelihatan intelek....
haha... ini sedang mencoba melucu lagi atau bagaimana dino?tapi jawaban balasan lo barusan itu typical kok ....



bung harnods-lah yang berhasil menjawab kenapa thread ini dibuat...... yaitu jika ada orang yang berbeda pendapat dengan anda atau menghina profesi anda, jadikan orang itu badut..... dalam thread ini, sayalah yang benar-benar badut.....

mm berbeda pendapat ? agak geli juga denger-nya, sepertinya lo sudah sependapat deh sekarang, karena lo sudah menyebut2 "ya designer juga perlu kreatif si....." nih gue quote, maish banyak si di page2 sebelumnya...



ya... desainer harus kreatif, betul... bla2.....untuk memutar balikan yang lo omongin sebelom-nya


mo ngomong apa lagi lo ?

onid
11-12-2008, 16:20
wah... mbok ya jangan bisanya mengomentari quote-quote orang.... bikin tulisan yang lengkap dong.... kalo cuma quote-quote dan komentar, bukan desainer grafis aja juga bisa.....

onid
11-12-2008, 16:23
loh..... kok lama....?? cat got your tounge...???

onid
11-12-2008, 16:26
ya ya ya.... talk to the hand...whatever..... lol

i am talking to the hand right now.....

hey, you got nice ring......

harnods
11-12-2008, 16:27
wah... mbok ya jangan bisanya mengomentari quote-quote orang.... bikin tulisan yang lengkap dong.... kalo cuma quote-quote dan komentar, bukan desainer grafis aja juga bisa.....

too bad, I am not desainer grafis haha...

Sudah lah onid dino, di close aja thread ini, kalo lo mau bahas soal marketer kita bahas di thread lain aja yuk.. daripada lo muter2 terus, bentar ini bentar itu...

harnods
11-12-2008, 16:28
loh..... kok lama....?? cat got your tounge...???
gue bukan kuli ato badut yang mencoba intelek soalnya onid dino doni.


i am talking to the hand right now.....

hey, you got nice ring......

wah kok tau ?

sial... gue jadi ikutan deh.

onid
11-12-2008, 16:30
too bad, I am not desainer grafis haha...

Sudah lah onid dino, di close aja thread ini, kalo lo mau bahas soal marketer kita bahas di thread lain aja yuk.. daripada lo muter2 terus, bentar ini bentar itu...

lo.... kalo emang tujuannya emang komentar muter-muter....??? kan sudah betul aku bikin thread ini, biar orang yang bukan desainer grafis bisa komentar juga.... kalo nggak... ngapain....???

halah.... ketularan juga jadi tukang quote.....

onid
11-12-2008, 16:33
i am talking to the hand right now.....

hey, you got nice ring......



wah kok tau ?


diam dong jari tengah.... aku sedang bicara dengan jari manis....

harnods
11-12-2008, 16:35
lo.... kalo emang tujuannya emang komentar muter-muter....??? kan sudah betul aku bikin thread ini, biar orang yang bukan desainer grafis bisa komentar juga.... kalo nggak... ngapain....???

halah.... ketularan juga jadi tukang quote.....

ehem....typical.. tapi lo engga bisa quote tulisan gue yang salah ya onid dino doni dini?

onid
11-12-2008, 16:36
ehem....typical.. tapi lo engga bisa quote tulisan gue yang salah ya onid dino doni dini?

sudah dibilang.... diam dong jari tengah.... kasih kesempatan jari manis untuk bicara....

harnods
11-12-2008, 16:37
sudah dibilang.... diam dong jari tengah.... kasih kesempatan jari manis untuk bicara....

ehem....typical..

onid
11-12-2008, 16:39
dasar jari tengah......